Soal UNBK matematika sulit

Perjuangan menghadapi ujian nasional di negeri Indonesia tampaknya memang sudah seperti pertarungan hidup dan mati. Baik di tingkat SD, SMP, atau SMA, hasil ujian satu hari tersebut masih menentukan nasib kelulusan dari proses belajar-mengajar selama bertahun-tahun. Tak heran sih kalau ujian nasional justru dipandang sebagai momok yang sangat mengerikan bagi para siswa siswi di seantero negeri. Dari yang belajar mati-matian dan ikut les instensif, sampai mereka yang pakai sistem kebut semalam atau yang sayangnya justru memilih untuk curang karena putus asa. Semua rela dilakukan demi dapat nilai bagus dan lulus sekolah!

Tapi bayangkan setelah semua usaha itu, baik yang positif maupun negatif, soal-soal yang diujikan justru di luar ekspektasi dan sangat sulit dikerjakan. Kejadian itu baru aja dirasakan hampir semua siswa siswi SMA se-Indonesia. Mereka merasa soal matematika yang diujikan dalam UNBK Selasa (10/4) kemarin sulit banget. Saking kecewanya, nggak sedikit dari mereka yang berbondong-bondong update status, berkeluh kesah ke orang tua, sampai mengadu ke Kemendikbud. Fakta ini sampai ‘menggelitik’ presenter kondang Deddy Corbuzier untuk membuat video kritik pedas di Instagramnya. Soalnya beneran sulit banget dan di luar ekspektasi atau justru siswa kekiniannya aja ya yang rada ‘baper’. Yuk, simak ulasan Hipwee News & Feature berikut ini.

Siswa siswi se-Indonesia Raya kompak mengadu ke Instagram Kemendikbud, setelah kesulitan mengerjakan UNBK Matematika hari Selasa kemarin

Advertisement

Dari dulu, matematika memang sudah jadi pelajaran yang paling ditakuti banyak murid. Ini salah satunya karena matematika menuntut siswa untuk teliti dan berkutat dengan banyak angka. Tapi sepertinya nggak ada yang berekspektasi kalau soal UNBK matematika Selasa kemarin bisa begitu sulit. Selain galau di media sosial, banyak juga yang mengajukan protes langsung ke akun Instagram resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), @pustekkom_kemdikbud.

Kesulitan itu membuat banyak siswa merasa percuma sudah mati-matian belajar. Karena menurutnya apa yang udah dipelajari selama ini nggak masuk di ujian

Dari sekian banyak komentar yang dilontarkan ke Instagram Kemendikbud, mayoritas dari mereka mengeluh karena merasa usahanya selama ini sia-sia. Selain belajar di sekolah, mereka juga banyak yang ikut bimbingan belajar (bimbel) di lembaga luar sekolah. Belajar memang perlu, tapi kalau soal-soal yang diujikan malah jauh dari kisi-kisi dan bahan yang dipelajari selama ini, kasihan dong sama yang udah berjuang mati-matian…

Selain soal-soalnya dirasa sulit, banyak juga yang sempat panik lantaran hampir separuh soalnya di komputer hilang

Ada kendala teknis via news.okezone.com

Advertisement

Selain kualitas soal yang jauh dari ekspektasi, hambatan teknis juga dirasakan oleh siswa di beberapa sekolah. Dilansir Detik, siswi SMAN 1 Banjarnegara, Meili Agnes, mengaku kalau dari 40 soal yang ada, dia cuma mengerjakan 17 soal, karena saat nomor diklik, 23 soal lainnya malah nggak keluar. Pihak sekolah menduga bahwa terjadi kendala di bagian server. Meski awalnya para guru mengimbau siswa agar nggak panik dan mengerjakan seadanya dulu, tapi sampai akhir ujian selesai, soal yang hilang juga nggak kunjung kembali. Nggak tahu deh, bakal ada ujian susulan atau gimana. Tapi masalah teknis ini bahkan udah tercium sejak sebelum UNBK dimulai sih…

Presenter yang dikenal karena kritik pedasnya, Deddy Corbuzier, turut berkomentar di akun Instagram pribadinya

Belum reda masalah program TV alay kemarin, Deddy Corbuzier kembali mengeluarkan kritik menohok, kali ini terhadap soal ujian nasional yang kabarnya sulit. Ia bahkan menantang siapapun pembuat soal untuk adu kepintaran dengannya. Malah Deddy mengaku kalau dirinya punya IQ 142! Dalam video, ia juga mengatakan kalau anaknya, Azka, juga akan menjalani ujian tingkat SD. Ya mungkin karena khawatir juga anaknya bakal dapat soal sulit ya…

Bahkan Deddy mengatakan secara nggak langsung kalau ujian nasional itu nggak penting. Dia juga mengimbau para orang tua supaya tetap support anaknya meskipun nggak lulus ujian

Sepenting itukah ujian? via www.harnas.co

Selain menantang adu kepintaran, Deddy juga secara nggak langsung mengatakan kalau ujian nasional itu sebenarnya nggak penting. Ya kalau dipikir-pikir mungkin argumen Deddy ini benar juga, masa iya jerih payah siswa selama 3 tahun cuma bisa dibayar ujian 4 hari? Padahal nggak bisa dipastikan juga kondisi fisik dan mental semua siswa saat hari penentuan itu bisa mendukung mereka mengerjakan soal-soal dengan maksimal. Ya kayak nggak adil aja sih, apalagi kalau yang udah dipelajari selama ini ternyata nggak muncul di ujian.

Jadi penasaran nggak sih, sebenarnya gimana ya soal matematika yang keluar di UNBK kemarin, kok sampai seluruh Indonesia heboh begini. Ya di luar itu semua, semoga kritikan masyarakat yang ada saat ini, bisa diambil hikmahnya bagi penentu sistem pendidikan di Indonesia ya~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya