Selama satu dekade terakhir ini saja, ada banyak perubahan yang sudah kita lihat di panggung hiburan Indonesia. Musisi yang pas kita kecil dulu jadi hits dan di mana-mana, sekarang nggak tahu ada di mana. Seleb yang dulu terlihat ganteng buat kita yang masih SMA, sekarang kok jadi alay ya? Macam-macam perubahan ini bikin kita sadar usia. Kita tidak lagi ada di tahun 2000 atau 2005 dan umur kita sekarang nggak lagi remaja.

Apa aja sih perubahan di dunia hiburan Indonesia yang paling bisa bikin kita ngerasa tua?

1. Jaman kita SMA, Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie masih main di Catatan Harian Nayla. Sekarang… mereka udah bicarain momongan aja.

Mereka. Udah. Nikah. Guys.

Mereka. Udah. Nikah. Kamu. Kapan? via instagram.com

Advertisement

Setelah pacaran sejak nggak tau kapan, lama banget pokoknya tahun 2007, Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie akhirnya menikah juga. Malah sekarang, mereka udah bicarain mau punya berapa momongan. OMG. Masih ingat nggak sih dulu pas mereka stripping di Catatan Harian Nayla? Kenapa sekarang udah mau jadi Papa-Mama?!??!

Jawabannya ya sederhana aja sih: mereka mendewasa. Demikian juga kamu, yang saat mereka pacaran dulu mungkin masih sibuk-sibuknya jadi anak SMA.

2. Aurel sekarang udah bisa dandan. Nggak lagi keluar cuma pakai jeans dan oblongan

Aurel chantique

Aurel via sidomi.com

Aurel anaknya KD dan Anang juga sekarang sudah dewasa, nggak lagi keluar rumah cuma pakai jeans, singlet, dan wajah yang apa adanya. Bahkan Aurel juga baru-baru ini merayakan sweet seventeen. Kalau ngelihat foto-foto Instagramnya, lucu banget deh Aurel udah bisa pakai eyeliner rapi dan udah rajin catokan tiap hari. Ah, Aurel udah dewasa… (dan kita udah tua).

3. Maudy Ayunda udah mau lulus dari Oxford aja. Dia bukan lagi anak kecil yang main di Untuk Rena

Maudy

Maudy via www.youtube.com

Advertisement

Pernah lihat Maudy main jadi anak kecil yang nyari bapaknya di Untuk Rena? Yeah, exactly. Sekarang bocah ini udah jadi mahasiswa aja. Mengingat tahun masuknya (2013), harusnya Maudy lulus sebagai sarjana dari Oxford tahun depan. Kita doain aja deh, semoga sukses ya Maudy! <3

4. Kamu ingat nggak sih pas Mulan Jameela namanya masih Mulan Kwok?

Mulan Kwok dan Maia Ahmad

Mulan Kwok dan Maia Ahmad via commons.wikimedia.org

Dulu kita nggak tahu siapa itu Mulan Jameela. Kita pun nggak pernah memanggil Maia dengan ‘Bunda’. Nggak ada perang-perangan komentar di Instagram. Nggak ada haters, dan semua orang sibuk nyanyi/nonton video klip lagunya Ratu yang Teman Tapi Mesra. Hidup semua orang sepertinya lebih bahagia dan sederhana.

(Btw dulu nama ‘Kwok’ itu dapet dari mana ya?)

5. Kita tahu kita udah tua, saat AADC reuni lagi setelah 14 tahun lamanya…

AADC

AADC via instagram.com

Seandainya Rangga/Cinta lulus SMA, kuliah, terus nikah dan punya anak, anak mereka sekarang udah sekitar kelas II SD.

Rangga dan Cinta adalah salah satu kisah cinta terbaik yang dimiliki oleh generasi kita. Sosok Rangga yang cool, cerdas, suka sastra, dan ganteng (karena diperankan Nicholas Saputra) masih jadi idola gadis-gadis muda Indonesia sampai sekarang. Cinta pun bukan cewek yang cuma modal tampang. Selain cantik dan sopan, Cinta adalah sosok penggerak mading sekolah yang populer dan pintar. Nggak terasa, AADC keluar pertama kali sekitar 14 tahun lalu. Kita yang dulu masih SD/SMP, sekarang udah besar dan tua… 🙁

6. Fedi Nuril belum jadi akhi-akhi idola ukhti. Dulu, dia setia nge-band di Garasi

Anak band banget

Anak band banget via kapanlagi.com

Sebelum jadi Fahri di Ayat-Ayat Cinta dan kemudian selalu memerankan imam keluarga yang baik di film-filmnya yang berikutnya, Fedi Nuril adalah anak band gaul di Garasi. Tampilannya total, dengan t-shirt berslogan, jaket jeans ala anak band, bahkan kadang eye makeup gelap ala tahun 2007 gitu. Band Garasi vakum setelah di tahun 2009, Ayu Ratna vokalisnya pindah ke Jepang dan membentuk band sendiri. Sementara itu, Fedi Nuril diterima kuliah di Universitas Al-Azhar Mesir dan mulai mempraktikkan poligami.

7. Cut Tari sekarang nggak jadi presenter Insert lagi. Padahal dulu, dia seperti dilahirkan untuk itu.

Cut Tari

Cut Tari

Di akhir dekade 2000-an, tayangan infotainment Insert melejit berkat host-host mereka yang sering melanturkan komentar cerdas dan sarkastis. Salah satu yang komentarnya paling sarkastis adalah Cut Tari. Sayangnya, host cewek ini terpaksa mengundurkan diri di tahun 2010. Setelah itu, sosok Tari nggak lagi banyak ditemui di layar kaca.

8. Alkisah dulu waktu kita masih muda… kita (dan seluruh Indonesia) peduli banget sama nasib Manohara

Manohara

Manohara

Berita tentang Manohara Odelia Pinot sempat mengudara di nyaris semua stasiun televisi Indonesia di tahun 2009 silam. Kasusnya dengan pangeran asal Kelantan, Malaysia, bahkan sempat berujung pada memanasnya sikap rakyat Indonesia pada Malaysia. Setelah Manohara kembali ke Indonesia melalui proses penjemputan yang dramatis (hayo, kamu masih ingat gak gimana prosesnya? Haha), dia sampai dibikinkan sinetron segala. Sayangnya, sinetronnya di-cancel setelah satu season saja.

9. Chicco Jerikho belum jadi cool guy kayak sekarang. Dia masih cowok FTV yang sibuk lalu lalang

Sosok Chicco yang bercambang dan berambut panjang belum ada terlalu lama. Gaya cool guy itu baru diadaptasi Chicco setelah beberapa kali mendapat peran utama dalam film, seperti Cahaya dari Timur: Beta Maluku dan A Copy of My Mind. Sebelumnya, Chicco lebih banyak tampil di sinetron dan FTV dengan gaya pemuda manis yang clean-shaven.

10. Ada banyak yang berubah dari Agnes Monica, walaupun sampai sekarang dia masih berusaha go international

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Agnes Monica sekarang jadi Agnez Mo. Kulitnya jadi tanned dan dia warna rambutnya nggak merah kayak dulu. Tapi ada satu yang belum berubah sih, sampai sekarang dia masih berusaha menembus pasar internasional lewat Amerika. Nggak usah nyinyir deh, kita doain aja. Industri hiburan Amrik memang keras, Mbak/Mas. Apalagi buat pendatang dari Asia…

11. Yang jelas jagad hiburan Indonesia lebih sederhana waktu kita muda. Gak ada Bella Shofie, Roro Fitria, dan artis-artis lainnya yang sering bikin kita bilang “Itu… siapa ya?” 

Roro fitria

Roro fitria via www.liputan6.com

Anggita Sari, Roro Fitria, Bella Shofie, artis AA, dan nama-nama artis lainnya yang sekarang banyak banget sering bikin kita bingung. Setiap ada berita heboh tentang mereka, kita mesti mikir dulu dan bertanya-tanya: “Emangnya itu siapa? Dia ngapain? Oh, gitu… Kok aku nggak pernah tahu ya? Itu akunya yang udah terlalu tua buat ngikutin gosip, atau merekanya yang tiba-tiba mengklaim diri sendiri artis?”

Jaman dulu sama sekarang emang beda. Dulu kita masih inosen, sekarang gampang banget buat merasa diri tua.

Kalau kamu sendiri, perubahan apa sih dari jagad hiburan Indonesia yang paling bikin kamu ngerasa tua?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya