Sekarang udah masuk era teknologi, semua orang serba update dan semua orang tiba-tiba menjadi tech savvy. Dulu yang biasanya curhat lewat kertas atau diary sekarang udah bisa meluapkan pikiran dan perasaannya di media sosial. Media sosial yang adapun gak cuma satu dua tiga macem tapi udah banyak banget nih, bahkan status gaul dan kerennya seseorang bisa dilihat dari akun media social yang dimilikinya.

Salah satu media sosial yang lagi ramai banget dipake adalah Path, ya aplikasi yang menggabungkan beberapa fitur dari media sosial lainya seperti Foursquare, Twitter, Facebook ke dalam satu wadah ini menarik orang-orang untuk menggunakannya. Lini masa Path ini gak akan sepi karena setiap detik usernya terus memposting kegiatan-kegiatan (istilahnya moment) mereka di sana, nah dari sini kita bisa mengulik tipe-tipe orang dari momen Path mereka. Mau tau, kamu masuk ke tipe yang mana saat update di Path? Simak deh.

1. Path Traveler sejati yang tak pernah lupa sombong bersyukur akan keindahan dunia ini.

Pengagum indahnya dunia, si traveler sejati. via blog.path.com

Sebagian besar isi Path-nya adalah perjalanannya menyusuri pelosok dunia. Minggu ini posting selfi di Gunung Fuji, lusa check -n di restoran ternama di Paris dan tak lupa foto background menara Eiffelnya, dan minggu depan sudah ada di Gunung Semeru. Biasanya, sebelum path traveler ini bakal terdeteksi di tempat umum seperti Bandara atau Stasiun dengan caption malu-malu kucing yang menjelaskan kalau dia akan berpergian.

2. Di manapun dia berada, si Immigrant gak akan pernah lupa untuk update status.

Bergerak sedikitpun si Foursquare Immigrant akan memostingnya. via www.today.com

Advertisement

Orang seperti ini memudahkan kita untuk mencari tahu lokasinya tanpa harus menanyakannya terlebih dahulu, karena kemanapun dia bergerak, meskipun cuma setengah meter dari lokasi awal, dia gak akan pernah lupa untuk check-in di Path. Isi timelinenya 80% adalah check in lokasi dia berada saat itu, ada yang at Warung Bu Ning, at home, at kost putri keraton, at kantor pembendaharaan kota, at resort bahkan mungkin di kamar mandi di hotel bintang 3 dia pun gak akan lupa untuk update di Path.

3. Kebingungan mencari tempat makan untuk hari ini? Tanyakan aja ke Tukang Kuliner.

Punya segudang list tempat makan. via www.m2woman.co.nz

Kalau sedang bingung mau makan di mana, mau makan apa atau mau ke suatu tempat yang gak kita tahu tempatnya, solusinya kamu tanya ke Tukang Kuliner aja. Karena dia punya banyak katalog tempat makan lengkap dan tipe tukang kuliner ini isi pathnya tentang makanan semua, entah dia check-in selalu di tempat makan seharian atau sekedar posting foto-foto makanan yang sedang di santapnya.

4. Kalau kamu stalking Path Fotografer Nomaden ini kuota kamu akan cepat abis, hati-hati!

Layaknya photografer handal. via freshinfos.com

Gimana gak akan cepet abis kalau setiap dia posting di Path yang dipostingnya adalah foto-foto, entah foto pemandangan, makanan, kejadian di depan matanya, atau hanya sekedar selfienya. Tipe orang yang postingannya seperti ini bisa kita sebut Fotografer Nomaden, karena dia hanya akan posting foto yang sebenarnya bisa dia posting di akun instagramnya. Dia tak punya tempat yang spesifik untuk mengapresiasikan hasil jepretannya, jadinya semua dia posting di Path.

5. Kalau kamu ingin tahu lagu apa yang paling hits sekarang, pantengin aja Path dari VJ Wannabe ini.

VJ Wannabe via www.viralnovelty.net

Dari pagi hingga malam dia hanya update listening to di Path, mau lagu mellow sampe lagu cadas, dari dalam atau luar negeri semua lengkap. Jika diibaratkan, Pathnya adalah playlist online, karena semua isinya lagu. Tipe orang seperti ini bisa disebut VJ Wannabe, karena sangat antusias untuk menginformasikan lagu-lagu yang enak dan terkini.

6. Lalu hadir si Movie Freak, yang momen Pathnya kebanyakan berisi komentar soal film atau serial yang dia tonton.

Nonton apa hari ini? via blog.path.com

Kalau sebelumnya ada playlist online nah kalau tipe orang ini Pathnya bisa dibilang sebagai bioskop online, karena hampir semua postingan timelinennya adalah Watching bla bla bla. Mau nonton di bioskop atau hanya sekedar nonton hasil download serial tv di kamar, pokoknya harus diposting! Tentunya dengan tambahan komentar lagaknya kritikus handal.

7. Ada juga orang yang kerjaannya cuma dua hal penting, yaitu Sleep dan Awake.

Si tukang tidur, dia hanya memosting sleep dan awake saja di Pathnya. via www.people.com

Yang satu ini mungkin orangnya down to the earth, dia gak posting lokasi dia ada dimana, foto yang ada di depannya, satu-satunya yang diposting hanya sleep-awake. Ya bisa dibilang tipe orang seperti ini adalah si tukang tidur, karna kerjaannya hanya tidur-bangun-tidur lagi udah gak ada lagi.

8. Hati-hati dengan The Observer, dia bisa tahu segala yang kamu lakukan secara diam-diam.

Diam-diam the observer mengamati timeline teman-temannya. via www.jewishnet.com.mx

The Observer gak punya moment di Pathnya. Jika ada, paling momen saat dia bergabung di Path, dan ketika menambah teman. selanjutnya gak ada. Nihil! Tapi jangan salah, meskipun dia gak update apapun, dia selalu ada di view-list postingan kamu karena sesuai namanya dia observasi semua kegiatan teman-temannya di path. Jadi hati-hati, diam-diam kamu ada yang memperhatikan.

9. Dia bukan anak IT, tapi dia jado banget menulis ‘kode’

Kode banget minta ditemenin via blog.path.com

Tipe orang IT ini bukan karena postingannya berhubungan dengan tekhnologi, tapi karena setiap postingannya mengandung kode. Entah kode untuk pacar, temen, gebetan, atau mungkin musuh dengan mengkode listening lagu-lagu galau, check-in lokasi merahasiakan with-nya, atau memposting foto-foto penuh kode di timelinenya.

10. Di mana ada gula di situ pasti ada semut, di mana ada artis di situ ada fans bejibun.

si artis terkenal yang gak lepas dari beribu fansnya. via www.bekia.es

Pasti akan ada dalam satu lingkaran pertemanan path orang yang bertipe artis ini, karena banyaknya viewers, likes, comments dari setiap postingannya. Saking terkenalnya dia, hanya mengupdate Sleep aja di Path yang nge-love, ngasih emoticons banyak banget, bahkan ada aja yang komentar “ Have a nice dream ya “.

11. Karena kesempurnaan adalah hal wajib bagi si Perfeksionis.

Lengkap via blog.path.com

 Tipe orang perfectionis ini seperti namanya, semua harus lengkap termasuk dalam hal posting di Path. Misalkan lagi nonton, maka tipe orang ini akan posting dari film, lokasi, with semua akan terposting tanpa ada yang ketinggalan. Begitupun juga dengan makan, semua lengkap dari lokasi, with, foto makanan atau ruangannya, bahkan musik pengiringnya pun kalau bisa dia akan posting.

12. Terlepas dari tipe-tipe di atas masih ada orang-orang yang random banget, posting gaya bebas. Mereka yang tak terdefinisikan!

Karena si free style bebas dengan Pathnya via lifeintheberlin.com

Nah untuk tipe terakhir ini sebenarnya gak bisa dimasukkan ke dalam tipe-tipe sebelumnya. Karena ke-random-annya dalam hal memposting, kadang ia seperti tipe traveler saat liburan, kadang pula hanya sebagai the observer mengamati alur timeline teman-temannya. Tipe seperti ini cocok dinamakan free style, karena dia bebas untuk melakukan apapun.

Itulah tipe-tipe orang, dari status postingan masing-masing di Path. Kamu termasuk yang mana?

Media sosial memang mengasyikkan, tapi tetap berbijaklah dalam memposting sesuatu di dalamnya.