Istilah slang dalam Bahasa Indonesia memang sangat banyak. Bahkan bahasa komunikasi yang digunakan di Indonesia ini bisa dikatakan sangat berkembang seiring berjalannya waktu. Kosakata-kosakata baru juga sangat banyak. Belum lagi bahasa gaul yang akhirnya jadi lebih sering digunakan daripada bahasa bakunya.

Saking banyaknya, sering kali ada orang yang belum memahami arti dari bahasa gaul tersebut. Alih-alih bertanya langsung pada si pengucap, biasanya orang yang belum paham ini justru cari di internet karena malu dikatakan kurang gaul. Wah, sebenarnya sih patokan terlihat keren dalam pergaulan bukan karena indikator ini ya, Guys. Tapi nggak apa-apa deh, buat kamu yang penasaran dengan berbagai bahasa gaul kekinian, sok simak!

1. Amaca. Sebenarnya istilah ini adalah versi manja dari kalimat tanya, “Ah, masa?”

Biar kedengerannya manja dan imut gitu~ via unsplash.com

2. Takis. Istilah ini adalah kebalikan dari kata sikat, tapi bukan sikat gigi lho maksudnya

Cewek cakep tuh, takis! via unsplash.com

3. Sabi. Sabi diambil dari kata bisa namun dibalik suku katanya, biar keren mungkin?

Jangan dikasih wa depannya, jadi wasabi, pedes dong! via unsplash.com

4. Sampis. Sebenarnya sampis adalah singkatan dari sampah abis buat menggambarkan sesuatu yang sangat nggak penting

Anjay, sampis banget lau! via unsplash.com

5. Gadun. Istilah ini merujuk pada penyebutan om-om atau lelaki yang sudah berumur yang sedang dikencani seseorang

Sugar Daddy ala Indonesia = Gadun. via unsplash.com

6. Kamseupay. Kamseupay adalah singkatan dari kampungan sekali udik payah dan sering dipakai buat mengatai seorang kawan yang nggak gaul

Nggak ngerti lagi singkatan aja panjang. via unsplash.com

7. Sa ae. Istilah ini versi pendek dari istilah bisa aje/wae, yang artinya bisa saja

Gaul lintas daerah. via unsplash.com

8. Serah. Serah juga versi pendek dari kata terserah, mungkin biar simpel kali nih

Gitu dong, ngegas! via unsplash.com

9. Kuy. Kuy adalah kata yuk yang dibalik, biar nggak monoton gitu, lho, kalau mau ngajak nongkrong

Nongkrong kuy! via unsplash.com

10. YXGQ. Nah, kalau ini adalah singkatan dari ya kali nggak kuy dan digunakan untuk membalas ajakan “kuy” tadi

YXGQ nongkrong, Bro! via unsplash.com

11. Japri/PM. Japri adalah singkatan dari jalur pribadi, sedangkan PM adalah personal message

Jangan di grup deh, japri aja! via unsplash.com

12. BRB. Sebenarnya BRB adalah singkatan dari bahasa Inggris be right back yang artinya “akan segera kembali”

Ribet ya make singkatan bahasa Inggris. via unsplash.com

13. Warlok. Warga lokal, buat menggambarkan penduduk lokal yang sudah lama tinggal di suatu daerah

Anak rantau yang sopan dong sama warlok! via unsplash.com

14. Akamsi. Akamsi adalah anak kampung sini, tapi sering dipakai buat menggambarkan bocah yang naik kendaraan nggak pakai helm dan berlaku seenaknya

Tapi nggak semua akamsi suka bikin onar kok… via unsplash.com

15. Kerad. Sebenarnya ini adalah versi saltik (typo) dari kata keras yang akhirnya sering dipakai buat menggambarkan hal-hal yang cadas

Nggak masuk akal, memang. via unsplash.com

16. Sobat missqueen. Istilah ini bukan buat mengejek harta seseorang namun dipakai buat menggambarkan warganet Twitter karena silau dengan kepalsuan postingan di Instagram

Yang nggak pernah foto di cafe buat pencitraan. Hehehe. via unsplash.com

17. Sebatbut. Buat kamu yang perokok pasti tahu nih, sebatbut adalah sebatang lagi cabut alias menunda ke mana-mana demi sebatang rokok

Nanggung kali kalau nggak dihabisin? via unsplash.com

18. Ceunah. Aslinya, ceunah berasal dari bahasa Sunda yang artinya katanya, namun kata ini sering diselipkan di awal dan akhir kalimat oleh orang-orang yang tinggal di sana

Naon ceunah? via unsplash.com

Advertisement

Bahasa komunikasi di Indonesia memang dinamis banget, kan? Bisa jadi bahasa-bahasa gaul yang saat ini sering dipakai beberapa lama kemudian sudah dibilang ketinggalan zaman. Tapi lumayan loh, istilah ini bisa jadi kenang-kenangan saat nanti kamu sudah nggak muda lagi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya