Sebagian orang punya reaksi yang berbeda-beda saat lihat orang gila berkeliaran di jalanan. Beberapa orang mungkin takut, ada pula yang mengusir, namun nggak jarang juga yang masih baik memberikan makanan dan uang. Belakangan, artis Baim Wong dan istrinya, Paula sering membuat vlog melalui channel YouTube-nya.

Di unggahan berjudul “JADI ORANG GILA ENAK JUGA !! PRANK ROMANTIS BARENG PAULA !!”, Baim Wong menyamar sebagai orang gila yang dekil dan gondrong. Dia bahkan berkeliaran di sekitar rumah dan di jalanan. Nggak hanya seru ditonton, ternyata banyak banget nilai kemanusiaan yang bisa kita lihat dan pelajari dari vlog Baim tersebut. Simak uraian Hipwee Hiburan berikut!

1. Orang gila tetap manusia yang harus dimanusiakan. Memberikan mereka makanan atau uang sekadarnya bukanlah kesalahan

Advertisement

Wajah Baim Wong telah diubah total oleh makeup artist profesional sehingga penampilannya nggak dikenali lagi. Tanpa riasan ini, mungkin Baim Wong adalah sosok yang familiar dan mudah dikenali masyarakat. Namun kali ini, tetangganya pun sampai nggak tahu lo!

Saat turun ke jalanan, Baim sempat diusir oleh beberapa orang. Bahan nggak sedikit yang langsung menghindar karena takut dengan sosoknya yang gondrong, nggak pakai baju, dan berkalung sarung, serta membawa beberapa lembar kertas kardus.

Namun di balik riasan itu, Baim tetaplah Baim, tetap seorang manusia yang nggak seharusnya ditakuti segitunya. Orang dengan kelainan jiwa tetaplah manusia yang perlu memenuhi kebutuhan dasarnya buat makan. Setidaknya, memberikan mereka makanan layak makan dan uang sekadarnya sudah cukup membantu.

2. Orang yang dermawan nggak selalu mereka yang bergelimang harta berlebih. Terhitung beberapa orang yang nggak bergelimang kemewahan justru yang peduli sama Baim

Nggak boleh masuk PIM. via www.youtube.com

Advertisement

Kedermawanan selamanya nggak bisa diukur dari seberapa banyak harta yang kita miliki, tapi seberapa besar kepedulian kita terhadap sesama. Beberapa orang yang hidup sederhana justru yang banyak memberikan uang dan makanan buat Baim. Mereka sangat gembira ketika ternyata itu hanyalah prank dari Baim. Untuk membalas ketulusan mereka, Baim pun memberikan lebih banyak lagi uang untuk yang peduli dengan orang gila.

3. Beberapa orang bahkan memberikan Baim makanan. Mereka seolah tahu, uang nggak akan jadi berharga bagi orang gila, mereka hanya butuh makan

Ikhlas memberi. via www.youtube.com

Nggak harus uang, makanan justru berharga bagi orang dengan gangguan jiwa. Mereka nggak pernah butuh baju bermerek mahal, jam tangan, bahkan mobil mewah. Orang-orang dengan gangguan jiwa ini mungkin hanya perlu memenuhi kebutuhan dasarnya, seperti makan. Beberapa orang tahu, memberikan makanan adalah hal yang tepat. Seorang pedagang pisang bahkan rela memberikan sedikit barang dagangannya buat Baim, bahkan sempat nggak ingin dibayar. Hmmm, tulus banget, bikin merinding.

4. Secara nggak langsung, vlog Baim Wong mengajarkan kita buat saling berbagi. Bahkan ibu penjual pisang sudah diajak ke rumah Baim lo

Baim mengajarkan kita untuk peduli dan berbagi ke sesama. Meski nggak seberapa, uang pemberian dari Baim Wong untuk mereka yang peduli dan dermawan adalah bentuk apresiasi dari sebuah ketulusan. Banyaknya komentar dari warganet soal betapa tulusnya seorang ibu penjual pisang, Baim pun kemudian mengajak si ibu ke rumahnya untuk ngobrol bareng. Nggak disangka, Baim juga ngasih hadiah tambahan berupa uang untuk umrah. Duh, jadi makin haru! :”)

Bukan dilihat dari berapa nominal yang kamu bagikan, melainkan dari seberapa tulus kamu membagikan. Semoga aja video Baim Wong bisa mengubah kita jadi pribadi yang lebih baik dan lebih dermawan. Saling mengasihi dan saling berbagi. Jangan pelit-pelit, ya, meski kamu termasuk sobat missqueen! 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya