Sebagai tanda rasa syukur bersatunya dua insan dan keluarga, pesta pernikahan biasanya digelar dengan besar-besaran. Mewah dan dengan banyak tamu undangan. Nggak hanya keluarga dan teman dekat yang diundang, bahkan sampai teman satu TK yang namanya saja kamu hampir lupa juga diundang.

Tak pernah ada yang membakukan berapa jumlah tamu undangan dalam sebuah pesta pernikahan. Jumlah tamu yang diundang merupakan hasil kesepakatan antara keluargamu dan keluarga pasanganmu. Tapi sebenarnya ada kebaikan khusus jika kamu hanya mengundang keluarga dan teman dekat. Semoga 5 alasan di bawah ini bisa kamu pertimbangkan, sebelum menentukan berapa jumlah orang yang kamu undang!

1. Kamu nggak punya kewajiban mengundang teman yang sudah nggak pernah kontak lagi 1 tahun lamanya. Mengundang orang terdekat justru lebih bermakna.

undang orang terdekat lebih bermakna via cariyuk.com

Salah satu cara ampuh yang bisa kamu dan pasangan lakukan untuk mengurangi jumlah tamu undangan adalah dengan mengeliminasi teman-teman yang dulunya hanya beberapa kali bertemu dan kini sudah tak kontak lagi 1 tahun lamanya dari list undangan. Kamu nggak punya kewajiban untuk mengundang mereka, karena kenyataannya kalian memang tidak terlalu dekat.

Makna dari diselenggarakannya pesta pernikahan sendiri adalah suasana kekeluargaannya. Jika mengundang orang-orang yang sebenarnya tidak terlalu dekat, justru akan mengurangi maknanya. Kamu dan pasangannya pastinya ingin berbagi kebahagiaan di hari penting kalian dengan orang-orang terdekat. Bukan malah sibuk berbasa-basi dengan orang yang tidak terlalu akrab.

2. Pesta pernikahanmu juga akan lebih terasa sakral, jika tak banyak orang yang terlibat di dalamnya.

Advertisement

lebih terasa sakral via foto.chordpoprock.net

Tak hanya lebih bermakna, pesta pernikahan yang hanya dihadiri oleh orang-orang terdekat juga akan membuat suasananya terasa lebih sakral. Prosesi penting mulai dari akad nikah hingga memohon doa restu kepada orangtua akan makin terasa khusyuk dan mengharukan. Momen-momen seperti ini mungkin akan sulit kamu dapatkan jika jumlah tamu undangan yang datang terlalu banyak, terlebih beberapa diantaranya tidak terlalu kamu dan pasangan kenal dengan dekat.

3. Budget yang kamu siapkan pun akan bisa lebih ditekan dengan hanya mengundang keluarga dan teman terdekat saja.

budget bisa lebih ditekan via indrv.tumblr.com

Jumlah undangan menentukan jumlah budget yang harus kamu sediakan. Undangan yang terlalu banyak memaksamu untuk menyiapkan gedung yang lebih besar dan konsumsi dua kali lipat. Budget pun bisa membengkak.  Mengundang tamu dengan jumlah yang lebih sedikit, berarti kamu bisa menghemat uangmu untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

Kamu tak perlu memaksakan jika memang budgetmu tidak memungkinkan untuk mengundang banyak tamu. Toh bukankah pesta pernikahan akan lebih berkesan jika dirayakan bersama orang-orang terdekat? 🙂

4. Nantinya pesta pernikahanmu akan terasa lebih nyaman. Tamu yang datang tak perlu berdesak-desakan seperti di pasar.

desak-desakan kayak antri sembako via www.tribunnews.com

Alasan yang paling lazim digunakan ketika pasangan pengantin tak mengundang terlalu banyak orang adalah tidak ingin pesta pernikahan mereka justru menjadi tak nyaman. Apalagi jika gedung yang digunakan tidak bisa menampung terlalu banyak orang.

Kamu dan pasangan tentunya nggak mau ‘kan kalau tamu yang datang ke pesta pernikahanmu harus berdesak-desakkan seperti layaknya di pasar? Bukannya malah ikut merasakan bahagia datang ke pestamu, mereka malah akan banyak menggerutu.

5. Tak akan ada lagi cerita kamu dan pasangan kelelahan menyalami para tamu. Sebaliknya, kamu akan punya banyak waktu untuk mengobrol dengan mereka.

salamin banyak orang bikin tangan pegel juga via forum.detik.com

Keuntungan lain yang bisa kamu dan pasangan dapatkan ketika tidak mengundang terlalu banyak orang adalah kalian nggak perlu menghabiskan banyak tenaga untuk menyalami satu persatu tamu yang datang. Waktumu juga tidak akan habis hanya untuk bersalaman. Sebaliknya, kamu akan punya banyak kesempatan untuk mengobrol akrab dengan para tamu yang datang. Suasana yang hangat ini tentunya tidak akan kamu dapatkan jika kamu mengundang terlalu banyak tamu ke pesta pernikahan.

Nah, sekarang, kira-kira kamu dan pasangan mau undang berapa jumlah tamu?