Arroz de Cabidela via www.youtube.com

Kamu tak boleh lupa jika makanan adalah salah satu dari tiga kebutuhan pokok manusia. Kendati sama-sama pokok, namun beragamnya kebudayaan yang ada di seluruh dunia membuat kita dapat menemukan berbagai jenis makanan yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari cara memasaknya maupun bahan-bahan pembuatnya yang membuat rasa dari makanan tersebut beragam.

Namun tidak semua makanan bisa membangkitkan selera makan kita lho, Guys! Lima makanan nasional dari berbagai belahan dunia berikut ini justru dapat membuat kita kenyang mendadak, salah satunya ada di sekitar kita nih! Yuk intip..

Advertisement
  1. Di Indonesia, kebanyakan marmut dijadikan peliharaan karena tergolong imut, tapi marmut di Ekuador justru dibakar dan dikonsumsi!

Marmut atau guinea pig di atas pembakaran, nggak tega ya guys 🙁 via www.tellittomewalking.com

Buat kamu penggemar marmut, mungkin makanan satu ini akan memporak-porandakan hatimuCuy Asado adalah hidangan nasional asal Ekuador, terbuat dari marmut (guinea pig) yang dibumbui dan dipanggang di atas bara api. Makanan ini biasanya disajikan dengan kentang atau sayuran segar seperti selada dan tomat. Cuy Asado kerap dijadikan hidangan keluarga ketika ada acara-acara spesial.

2. Kalau kamu bosan dengan sajian telur biasa, coba yang satu ini Guys! Dijamin beda dari yang lain

Berani coba? via www.youtube.com

Hidangan asal Filipina satu ini terbuat dari telur, tapi mereka tidak menggunakan telur biasa melainkan telur dengan embrio bebek yang masih hidup dan direbus hidup-hidup! Ketika dibuka, masih terlihat jelas bentuk embrio yang menyerupai bebek berukuran super mini tanpa bulu. Balut, nama makanan ini, biasa disajikan dengan bumbu cabai, bawang putih, atau cuka. Di Filipina, makanan ini bisa ditemukan dengan mudah karena tergolong dalam street food.

3. Jangan bilang “Kelihatannya enak” dulu sama makanan ini, sebelum kamu tahu cara memasaknya

Ada yang bisa nebak, ini terbuat dari apa? via www.flickr.com

Advertisement

Kalau dilihat dari fotonya saja mungkin makanan ini masih bisa ditoleransi ya. Tapi tunggu dulu! Kamu perlu tahu makanan asal Portugal ini terbuat dari apa. Arroz de Cabidela, biasanya terbuat dari daging kelinci atau ayam yang dimasak menggunakan darahnya sendiri! Hidangan ini juga dimasak bersama dengan nasi, air, dan sedikit vinegar. Nah lho, masih berani coba?

4. Street food populer di Korea ini sukses bikin selera makan menurun setelah tahu ternyata terbuat dari apa

Soondae, sosis isi darah dan perut babi via www.doublebites.ca

Mungkin hidangan satu ini sudah menjadi hidangan biasa di Korea karena banyak ditemukan di restoran-restoran kaki lima sampai bintang lima. Tapi untuk kita orang Indonesia, bisa jadi ini merupakan salah satu makanan yang tidak menarik sama sekali. Soondae sebenarnya adalah usus sapi atau babi yang menyerupai sosis berukuran besar dan diisi berbagai macam bahan seperti nasi, bihun, atau kentang. Soondae juga dikenal sebagai blood sausage (sosis darah).

5. Siapa sangka durian yang luar biasa lezat ini ternyata dianggap sebagai makanan yang menjijikan!

The smelliest fruit in the world, kamu setuju? via www.huffingtonpost.com

Angkat jari yang setuju bahwa bau durian suka bikin ingin muntah! Bagi sebagian orang Indonesia, durian dianggap sebagai buah terenak karena tekstur dan rasanya yang manis. Tapi sebagian orang termasuk bule-bule di luar sana menganggap durian ini menjijikkan lho, Guys. Bahkan ada beberapa orang juga yang menyamakan bau durian ini dengan bau bawang busuk dicampur kaos kaki bekas! Kamu setuju yang mana nih?

Nah, terbukti kan kalau tidak selamanya hidangan di dunia ini bikin ngiler. Beberapa makanan dari berbagai dunia di atas contohnya. Tapi jika kamu mengaku bernyali besar, bisa dicoba tuh kalau suatu saat berkunjung ke negara-negara asalnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya