“KIAMAT”

Satu kata yang bikin ngeri siapapun yang mendengarnya. Kalau ngomongin kiamat, imajinasimu jadi liar. Bumi luluh lantak, manusia berlarian tak ada tujuan hingga banyaknya kematian di sekitarmu. Serem? Jelas!

Bicara soal kehancuran dunia, ada beberapa film yang menggunakan tema kiamat sebagai setting-nya. Film-film tersebut membuat penonton membayangkan kengerian kiamat yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. Meski kadang ada yang kurang bisa diterima akal sehat, tapi nyatanya banyak juga lho yang masuk akal kalau dijelaskan pakai teori-teori ilmiah. Berikut Hipwee telah merangkum 5 skenario kehancuran dunia di film-film yang cukup logis dan bisa saja memang akan terjadi di kemudian hari. Yuk, simak!

1. Meteor atau asteroid menabrak bumi seperti yang dikisahkan di film Armageddon tahun 1998 silam ini ternyata sangat mungkin terjadi lho

Beberapa kali para peneliti bilang kalau bumi hampir dihantam asteroid. Serem, ih! via jenniferanne1974.wordpress.com

Fenomena asteroid menabrak bumi ini nggak cuma ada di film Armageddon. 66 juta tahun lalu, ada asteroid berukuran 10 km yang menabrak bumi. Kata peneliti, asteroid inilah yang menyebabkan zaman es berakhir dan memusnahkan sebagian besar spesies saat itu, termasuk dinosaurus.

Selama di luar angkasa masih ada asteroid dan meteor bertebaran, selalu ada kemungkinan kejadian itu terulang. Bahkan NASA memprediksi akan ada asteroid bernama “Apophis” dengan lebar sekitar 390 meter, menabrak bumi pada tahun 2036. Benda ini kabarnya akan melepaskan energi bom atom yang kekuatannya 1000 kali lebih besar dari bom Hiroshima. Akibatnya, ribuan kilometer persegi wilayah bumi akan hancur. Ngeri ya!

2. Perubahan iklim yang menyebabkan bencana besar seperti di film The Day After Tomorrow juga cukup logis dijelaskan lewat teori ilmiah

Global warming is real! via imdb.com

Sebenarnya nggak perlu penjelasan rumit teori ilmiah juga kita yang orang awam pasti bisa memahami, kalau perubahan iklim bisa berujung bencana besar seperti banjir. Hal itu bisa terjadi karena terjadi kenaikan permukaan air laut, gelombang, dan perubahan pola hujan. Tak hanya itu, iklim tak menentu juga bisa membuat musim kemarau makin panjang. Akibatnya bencana kekeringan melanda berbagai belahan dunia. Apalagi semakin bumi menua, semakin kita kurang peduli. Kalau nggak melakukan sesuatu, mungkin tinggal tunggu waktu saja kisah film The Day After Tomorrow terjadi.

3. Rekayasa genetik yang membuat manusia bisa menciptakan makhluk replikanya, seperti halnya di Blade Runner, ini juga bukan hal yang mustahil terjadi

Dunia jadi kacau karena Replikan! via theplaylist.net

Tahun 1982 film Blade Runner yang dibintangi Harrison Ford mengisahkan tentang dunia yang carut marut, salah satunya karena rekayasa genetik manusia. Replikan, manusia buatan yang memiliki kecerdasan setingkat manusia namun kemampuan fisik yang jauh lebih superior ini disebut-sebut telah membuat kekacauan di kehidupan manusia. Manusia buatan yang harusnya bisa menguntungkan, ternyata membelot dan berjuang demi kepentingan kaum Replikan sendiri. Alhasil spesies cerdas buatan manusia ini justru mengancam eksistensi manusia sendiri.

Sekarang kan kita sudah punya AI nih, teknologi cloning juga udah mulai berkembang. Jadi bayangan ketakutan soal AI dan Replikan yang mungkin memberontak melawan manusia ini sudah diwanti-wanti sejak sekarang. Bahkan Ellon Musk sang pendiri TESLA saja mewanti-wanti kalau AI ini sangat mungkin akan mengancam manusia.  Nah loh! Gimana coba kalau si AI ini tiba-tiba memberontak seperti kisah film Blade Runner ini? Bahaya!

Ngomong-ngomong soal film Blade Runner, tepatnya hari ini tanggal 6 Oktober 2017 sekuelnya yaitu Blade Runner 2049 sudah mulai tayang di bioskop. Mengambil setting di tahun 2049, film yang dibintangi oleh Ryan Gosling dan Harrison Ford ini juga mengambil isu kehancuran manusia. Gimana ya serunya petualangan mereka berdua di sekuel terbaru Blade Runner 2049 ini? Coba cek dulu trailernya di bawah ini.

4. Jangan lupakan masalah kesehatan. Virus mematikan yang diceritakan dalam film Contagion juga bisa saja menjangkiti kehidupan manusia

Manusia punah karena virus! via www.fatmovieguy.com

Dalam film yang dibintangi Marion Cotillard dan Matt Damon ini dikisahkan tentang penduduk sebuah kota yang terjangkit sebuah virus mematikan. Penyebabnya pun tidak diketahui. Satu per satu penduduk mati karena virus menular tersebut.

Beberapa orang mungkin saja tak percaya kalau akan ada virus serupa di dunia nyata. Padahal kejadian itu bisa saja jadi fakta, mengingat teknologi yang semakin berkembang, membuat virus atau bakteri penyebab penyakit juga ikut bermutasi. Bahkan sudah banyak lho contohnya yang terjadi, misalnya wabah virus mers, zika, atau influenza A yang sudah banyak memakan korban. Apalagi saat ini dunia kesehatan sedang menghadapi kesulitan karena banyak antibiotik yang sudah tak mempan. Kita harus waspada!

5. Siapa bilang serangan zombie seperti dalam film Train To Busan tak mungkin terjadi? Seorang ilmuwan bahkan mengaku bisa membuat manusia jadi zombie lewat penjelasan teorinya!

Zombie apocalypse ini serem via www.notey.com

Melihat karakter zombie di film-film kok kayaknya nggak mungkin ya mereka beneran ada di dunia nyata? Tapi seorang ilmuwan bernama Steven C. Schlozman punya penjelasan ilmiah soal zombie. Pada dasarnya zombie ini bisa dikatakan sebagai mayat hidup. Ini karena mereka tetap bernyawa tapi sistem di otaknya sudah ‘rusak’. Menurut Schlozman, hal yang merusak otak itu bernama prion. Prion adalah sebuah partikel protein yang bisa menularkan penyakit. Pada 1990, prion dikenal luas karena ‘dituduh’ sebagai penyebab wabah sapi gila.

Mirip dengan kondisi itu, kalau prion masuk ke tubuh manusia, bagian otak akan berlubang seperti spons! Untuk menciptakan zombie, sederhananya adalah dengan menyematkan prion ke suatu virus yang bisa menyebar dengan cepat di tubuh manusia. Bayangkan saja kalau suatu hari nanti ada proyek rahasia untuk mengubah manusia jadi zombie. Hiiii..

Ya namanya juga kiamat, nggak ada skenario yang lebih mendingan. Mau itu dihantam meteor, manusia dibinasakan virus atau AI yang memberontak, semuanya sama-sama terlalu seram buat dibayangkan. Tapi ada bagusnya lho kita menonton film bertema “akhir dunia” semacam ini. Bisa untuk introspeksi, karena sebenarnya skenario dalam film itu pastinya sudah mengalami riset panjang. Jadi bukan mustahil untuk kejadian.

Eh tapi buat kamu yang mencintai film sci-fi seperti di atas, kamu wajib buat nonton Blade Runner 2049! Selain ceritanya yang merupakan lanjutan 30 tahun setelah event Blade Runner yang rilis 1982 silam, pemeran Blade Runner 2049 ini cakep-cakep lho! Ada Harrison Ford yang tetap kece meski sudah berumur, dan juga Ryan Gosling si charming!

Yuk langsung siapkan rencana ke bioskop!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya