Kamu yang punya pribadi yang ga enakan, kadang sulit banget untuk bilang enggak. Namun, di sisi lain kamu sebenarnya ingin menolak. Tapi khawatir lawan bicaramu tersinggung. Raisa mode on ya. Jadi serba salah… 

Tahukah kamu kalau sebenarnya ada banyak alternatif pengganti kata enggak supaya lawan bicaramu ga tersinggung. Kali ini Hipwee akan memberikan kamu alternatif tersebut, biar kamu ga khawatir lagi saat menolak ajakan teman.

1. Kamu bisa bilang kalau kamu udah ada jadwal acara keluarga. Ketimbang bilang enggak secara gamblang saat kamu tiba-tiba mager diajak jalan.

Nonton tv juga acara keluarga kali. via ayu-rohayu.blogspot.com

Bilang acara keluarga memang alasan yang klise. Tapi ini selalu sukses menjadi tameng penolakan. Karena acara keluarga kan maknanya luas. Jadi kamu ga berarti bohong juga. Acara keluarga kan ga melulu misalnya arisan keluarga. Yang penting ada adegan ngumpul-ngumpulnya. Sekadar nonton tv bareng adik-adikmu juga termasuk acara keluarga. Iya, kan acara nobar ceritanya. Walaupun yang ditontonnya cuma sinetron Turki dan bukan bola.

2. Pengen menolak kalau diajak makan? Kamu bisa pakai cara yang ada di gambar di bawah ini

Kamu bisa kasih alesan yang satu ini. via www.crateandbarrel.com

Advertisement

Suatu ketika temanmu mengajakmu pergi makan keluar. Kebetulan banget kamu lagi mager buat keluar. Dari pada bilang enggak secara langsung. Kamu bisa mengeluarkan jurus becandaan garingmu. Misalnya kamu bisa jawab makan? Gue bahkan udah lupa caranya menggenggam sendok. Genggam hatinya aja gue udah ga sanggup. Yakin deh, seketika temanmu nyesel udah ngajakin kamu pergi makan. Siapa yang ga nyesel ngajakin orang yang lagi galau badai ga jelas gitu?

3. Suatu ketika kamu diajak temanmu jalan-jalan malem. Ganti kata enggak dengan kalimat “Sorry cuy, gue alergi angin malem, sering masuk angin soalnya. “

Kamu ga akan bisa diajak keluar malam kaya gini karena kamu alergi angin malam. Setidaknya itu penolakan yang lebih baik dari kata enggak. via thelittlepinkelephant.wordpress.com

Okeh, mungkin alasan yang satu ini mengesankan kamu orang yang rapuh bin ringkih. Tapi ini dijamin ampuh banget menjadi alasan penolakan saat kamu diajak jalan-jalan malem. Mungkin kamu bisa mengganti kata enggak dengan kalimat sorry cuy, gue alergi angin malem, sering masuk angin soalnya. Percaya deh, temanmu pasti bakal iba sama kamu. Setelahnya dia ga akan ngajak kamu keluar malem lagi. Karena alasannya udah stempel mati, alergi angin malem. 

4. Mending kamu jelasin kalau kamu lagi ga punya uang saat teman ingin pinjam, dari pada bilang enggak secara to the point.

Ternyata kamu bukan cuma ga punya uang, tapi juga sebenarnya males pas nagih utangnya. via rujakgambar.blogspot.com

Nah, alasan yang satu ini khusus kalau kebetulan kamu beneran lagi ga punya uang, sementara temanmu bilang ingin pinjam. Dari pada to the point bilang enggak. Mending kamu jelasin dengan kalimat berikut sorry cuy, gue juga sama, lagi cekak. Jangan lupakan juga tatapan mata nanar biar semakin meyakinkan kalau kamu emang beneran lagi ga punya uang. #Dan emang jujur beneran kamu lagi ga punya uang.

5. Duh, diprospek MLM sama teman. Tenang, ternyata ada cara ampuh untuk menolaknya. Dengan bilang “Gue dukung lo, tapi gue ga ikutan ya.”

Kamu bisa menolak secara halus kalau diprospek MLM. Gue dukung lo, tapi gue ga ikutan ya. via www.pulsk.com

Suatu ketika kamu diprospek sama seorang teman untuk gabung MLM. Duh, kamu ngerasa dilema banget ya. Mau nolak ga enak, sedangkan kamu kurang tertarik untuk gabung dengan MLM. Tenang, kamu ga perlu khawatir karena ada alasan yang ampuh untuk menolaknya. Dengan bilang gue dukung lo, tapi gue ga ikutan ya. Yakin deh dia pasti bakal berhenti memprospekmu.

6. Kadang kamu bete banget kalau dicomblangin sama teman. Dari pada bilang enggak, mending kamu coba nyanyi maafkanlahku hanya ingin…sendiri… Yeeeeaa. Seketika temanmu pun menutup pembicaraan.

Eh, lo mau ga gw jodohin sama sepupunya temannya kakak ipar gue?

Maafkanlahku hanya ingin sendiri… Yeeeaaa.

-.- Gue cabs ya.  

Kalau cara nolak yang satu ini jelas buat lucu-lucuan aja ya. Tapi tetap bisa kamu praktikan kok. Kamu yang jomblo akut kadang suka dijodoh-jodohin sama temanmu. Kamu males banget kalau udah dicomblangin gitu. Bilang enggak ga akan menyelesaikan masalah, yang ada kamu akan terus diteror untuk dijodohkan. Salah satu cara untuk menghentikannya adalah dengan nyanyi Maafkanlahku hanya ingin sendiri… Yeeeaaa.

Nah, kamu yang ga enakan mungkin bisa mencoba kalimat pengganti enggak di atas. Mungkin beberapa diantaranya ada yang ga serius-serius amat. Sesekali menolak dengan becandaan itu bisa banget kali. Biar mencairkan suasana 😉

Featured image: www.blogging4jobs.com