Untuk tahu seseorang itu tengah berbohong atau bukan memang nggak gampang. Apalagi kalau aslinya orang tersebut baik – malahan bikin kamu makin sulit mendeteksi keterusterangannya. Tapi agaknya kamu mesti lebih jeli dan cermat untuk mengenal geliat jujur atau tidaknya pasanganmu dalam berbicara atau bersikap. ‘Kan kamu harus waspada – terlebih jika pacarmu pernah ketahuan bohong. Memangnya kamu mau kena tipu lagi?

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui ciri-ciri orang yang lagi bohong. Kamu yang udah jujur dan terbuka dalam hal apapun, eh kenyataannya malah sering kena tipu sama orang terkasih. Biar nggak dibohongi melulu, mendingan kamu simak deh ciri-cirinya, seperti yang udah Hipwee siapkan berikut ini yuk!

1. Perhatikan deh dirinya ketika bicara sama kamu. Kalau dia gugup, kamu perlu waspada

dia nervous via collider.com

Kegugupan itu bisa kamu lihat dari ekspresi wajah, bahasa tubuh, maupun cara bicaranya. Misalkan saja pacarmu yang orangnya pendiam dan kalau ngomong pelan tiba-tiba cerewet dan suaranya jadi lantang saat lagi bercerita ke kamu. Nah, perbedaan kayak gitu bisa kamu waspadai kalau dia lagi bohong ke kamu. Atau kamu bisa juga mendeteksi ucapannya lewat ekspresi wajah. Kalau kamu perhatikan, ekspresi bohongnya ini bakal nggak jauh beda dengan saat dia lagi panik karena suatu hal. Kalau udah muncul ciri-ciri yang seperti itu, kamu perlu hati-hati ya.

2. Orang yang bohong itu suka menghindari kontak mata. Cek deh pandangan matanya ke mana

dia hindari lihat matamu via id.pinterest.com

Advertisement

Sebagai sepasang kekasih, baik kamu maupun dia udah sewajarnya saling memandang wajah dan menatap mata secara lekat. Rugi banget kayaknya kalau kalian satu sama lain malah nggak kontak mata. Ditambah lagi kalau kamu dan dia memang menjalani long distance relationship (ldr), yang ada pengen melihat pasangan terus, mumpung bisa bertatap muka.

Makanya, kalau lagi bercerita dan pasangan malah menghindari kontak mata, bisa jadi dirinya lagi bohong. Dia memalingkan pandangan secara spontan karena merasa ada yang disembunyikan. Cara dia menghindari matamu bisa dilakukan dengan beberapa modus, seperti melihat ke bawah , atas, atau memandang ke sekitar bergantian terus-menerus.

3. Pas lagi ngomong itu nggak jelas, alurnya lompat-lompat dan tak ada inti yang kamu pahami

lihat dia lekat-lekat via riarklegirl.tumblr.com

“Cerita dong. Katanya kemarin di kantor ada masalah?”

“Oh iya, ada. Biasa si Andri abis nge-bully bos, terus ketahuan.”

“Wah berani banget dia. Terus kamu ikutan?”

“Iya, eh bulan depan aku rencana liburan ke Medan nih. Kamu mau ikut?”

“Ntar dulu. Kamu ikutan nge-bully bos terus gimana jadinya? Dimarahi atau dikasi SP nggak?”

“Medan tuh seru, lho. Aku sama teman-teman udah bikin banyak rencana.”

Perhatikan deh orang yang sedang berbohong umumnya  suka nggak jelas pas ngomong, alurnya loncat-loncat atau ngalor ngidul, dan  nggak ada inti persoalan  yang bisa dimengerti. Pada awalnya dia cerita tentang keadaan kantor yang lagi banyak masalah, eh selanjutnya dia malah cerita soal rencana liburan sama teman-teman. Padahal, yang kamu tanyakan adalah soal kantor dan kamu sama sekali belum paham apa yang dia ucapkan. Kalau udah begini kamu harus hati-hati karena dia lagi pasang aksi bohong ke kamu.

4. Kadang terlalu detail saat menjelaskan, banyak ucapan nggak penting yang keluar dari mulutnya. Ceritanya jadi nggak nyambung

Kalau kebohonganmu tambah panjang, akan makin sulit ditutupi via www.readersdigest.co.uk

Selain alurnya lompat-lompat, cerita yang disampaikan bisa dibilang terlalu detail. Banyak hal-hal nggak penting yang dia utarakan  sama sekali nggak ada hubungannya dengan topik pembicaraan. Misalnya lagi sibuk omongin tentang rencana pernikahan kalian, eh setelahnya dia malah bicara tentang kejadian kocak saat pagi hari atau hal-hal aneh lainnya. Obrolan kalian jadi nggak nyambung, walau kamu dan dia bicara dalam waktu yang cukup lama.

5. Kalau kamu makin detail bertanya, jawaban dia pasti beda-beda. Yang begini nih kamu wajib curiga

ada yang dia sembunyikan via ftp.playbuzz.com

Satu hal yang pasti biar kamu makin yakin dia benar bohong atau nggak adalah mencoba memberikan pertanyaan yang sama terus-menerus. Jika jawaban yang keluar dari mulutnya berbeda dari sebelumnya dan begitu terus, kamu wajib curiga. Karena kemungkinan besar dia memang lagi bohong ke kamu.

6. Dan jangan meremehkan gerak-gerik tubuhnya. Misalnya sering berubah-ubah, itu tandanya dia bohong sama kamu

perhatikan gerak-geriknya via www.macleans.ca

Kalau gerak-gerik tubuhnya suka berubah-ubah saat ngomong sama kamu, boleh jadi berarti dia lagi bohong. Kamu yang udah mengenalnya pasti hafal gestur atau gerak-gerik seperti apa yang biasa dia lakukan. Misalkan nih tiba-tiba pas bicara dia suka garuk-garuk kepala, lalu  mengubah posisi kaki atau tangan nggak berapa lama. Belum lagi kalau matanya menghindari tatapan langsung denganmu, patut curiga deh.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya