Satu hal yang terlintas ketika mendengar istilah ‘Keluarga Tak Kasat Mata’ adalah horor. Istilah ini sebenarnya telah beredar dan jadi bahan perbincangan warganet sejak setahun yang lalu. Memang benar, ‘Keluarga Tak Kasat Mata’ mengacu pada hal-hal yang sifatnya mistis. Istilah ini jugalah yang kemudian digunakan sebagai judul film horor Indonesia yang siap meramaikan layar bioskop di penghujung bulan November ini.

Jangan dulu menebak-nebak, sebab ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang fakta di balik ‘Keluarga Tak Kasat Mata’ ini. Nggak seram kok, cuma tegang-tegang dikit :p

1. Keluarga Tak Kasat Mata merupakan sebuah kisah nyata yang dialami oleh salah seorang karyawan perusahaan di Yogyakarta

Bonaventura Genta sebagai penulis cerita via hype.idntimes.com

Advertisement

Mulanya, kisah ini berawal dari serentetan pengalaman mistis yang dialami oleh Bonaventura Genta. Bersama dengan rekan kerjanya, Genta menempati sebuah rumah tua yang megah untuk dijadikan kantor baru mereka selama di Jogja. Sejak saat itu, banyak kejadian di luar nalar yang terjadi menimpa mereka. Hingga akhirnya mereka pun mulai mencari pertolongan untuk memecahkan misteri di balik kejadian-kejadian aneh yang mereka alami tersebut.

2. Kisah ini kemudian dibagikan di forum thread Kaskus dan menjadi salah satu cerita horor paling fenomenal yang pernah ada di forum diskusi tersebut

Dibagikan dalam thread Kaskus via hype.idntimes.com

Merasa ada kejanggalan dalam setiap kejadian mistis yang dialami, Genta kemudian berinisiatif menuliskan pengalaman tersebut di forum thread Kaskus pada Maret 2016 silam. Dalam ceritanya, Genta berusaha menjelaskan kisah mistis yang dialaminya sedetail mungkin dengan gaya penulisan yang apik. Nggak heran, setiap orang yang membacanya selalu penasaran dengan kelanjutan ceritanya. Hingga kini, thread dengan user bernama Bonaventura Genta menjadi viral dan telah dibaca oleh 12 juta viewerThread horor tersebut pun menjadi bahan pembicaraan warganet di dunia maya sepanjang 2016 lalu.

3. Genta sempat berhenti melanjutkan kisahnya di thread Kaskus lantaran merasa ‘terganggu fisiknya’

Sempat berhenti menulis via alfiyyahuda.blogspot.co.id

Saat membagikan kisahnya melalui Kaskus, ternyata Genta sempat berhenti untuk melanjutkannya. Usut punya usut, ternyata Genta sempat merasakan kesehatannya mulai menurun karena gangguan dari makhluk tak kasat mata tersebut. Akhirnya ia memutuskan untuk berhenti sejenak karena nggak ingin mengambil risiko. Setelah merasa pulih baik jiwa dan raga, akhirnya Genta kembali melanjutkan kisahnya hingga rampung.

4. Tingginya minat warganet membuat kisah Keluarga Tak Kasat Mata tersebut dibukukan dalam bentuk novel pada akhir 2016

DIterbitkan dalam bentuk novel juga via alfiyyahuda.blogspot.co.id

Advertisement

Melihat atensi dari warganet yang cukup besar terhadap kisah nyata yang diceritakan Genta lewat thread Kaskus ini, sebuah penerbit akhirnya menggandeng Genta untuk mengemasnya dalam sebuah buku. Alhasil, dirilislah sebuah novel yang berjudul sama dan beredar pada 7 Juni 2016. Animo masyarakat pun cukup besar dan menjadikan novel bertajuk Keluarga Tak Kasat Mata ini menjadi salah satu buku best seller.

5. Nggak berhenti di situ, kisah horor ini bahkan diangkat ke layar lebar dan bakal tayang di bioskop Tanah Air pada 23 November

Bakal tayang di layar lebar via breakingnews.co.id

Tulisan Genta yang viral dan dijadikan novel ini berhasil dilirik oleh pegiat film dan diangkat menjadi film layar lebar bersama Max Picture dan Hedy Suryawan sebagai sutradaranya. Film ini akan menampilkan sejumlah nama seperti Aura Kasih, Deva Mahendra, Ganindra Bimo, Wizzy Williana, Miller Khan, Tio Pakusadewo, dan masih banyak lagi.  Proses pembuatan filmnya sendiri diselesaikan selama satu bulan lebih dan mengambil lokasi syuting di Yogyakarta. Nggak hanya menulis naskah film, Genta pun terlibat aktif sejak awal proses pembuatan film agar ceritanya nggak lari dari kisah yang pernah ia tulis. Ia mengambil foto dan juga ikut mendesain poster film sampai selesai.

6. Poster filmnya sendiri sengaja dirilis pada malam Jumat Kliwon karena alasan klenik dan untuk menambah kesan mistis

Posternya dirilis malam Jumat Kliwon via reviewmoviemagz.blogspot.co.id

Genta selaku penulis skenario juga mendesain sendiri poster film Keluarga Kasat Mata. Hal ini dilakukan agar penggambaran dalam poster berdasarkan mata batin pemilik cerita dan mewakili ceritanya. Pemilihan waktu rilis poster resmi filmnya pun berdasarkan perhitungan dari anggota keluarga tak kasat mata. Jadi, semua hal yang dituangkan memang berdasarkan dialog pemilik cerita dengan keluarga tak kasat mata tersebut. Akhirnya, didapatlah malam Jumat Kliwon yang digunakan sebagai waktu yang tepat untuk merilis poster film tersebut.

7. Perlu ditekankan di sini bahwa sosok penghuni rumah angker yang diceritakan bukan hanya satu, tapi sekeluarga!

Hantunya satu keluarga via www.tanahnusantara.com

Jika ditilik dari judulnya, sudah jelas bahwa kisah nyata ini bukan hanya merupakan teror dari satu hantu saja, melainkan satu keluarga. Sebuah akun Facebook bernama Mbah Kaje membuat unggahan di grup Kerabat Keliling Jogja dan membeberkan deretan anggota keluarga tak kasat mata yang menghuni rumah itu, di antaranya Langgeng, nenek-nenek berkerudung, kuntilanak, ular sebesar paha manusia yang wajahnya mirip anjing, Mbah Pawiro, tiga anak kecil yang berjalan mundur, macan kumbang, serta nenek bersusur bernama Simbah Juminah. Duh, banyak ya 🙁

Konon makhluk-makhluk ini merupakan sebuah keluarga yang mati tak wajar akibat pesugihan yang dilakukan oleh sang kepala keluarga.

Biar makin penasaran, silakan tonton trailernya dulu…

Di balik kisah dan penggarapan film Keluarga Tak Kasat Mata ini, tersimpan sebuah teka-teki besar yang harus diselesaikan oleh Genta dan rekan-rekannya sebagai pembawa pesan. Hingga segala proses ini selesai sampai pada tahap peluncuran filmnya, setidaknya beban Genta dan rekan-rekannya sudah berkurang karena pesan-pesan yang mereka emban juga telah tersampaikan. Terlepas dari semuanya, keberhasilan Genta adalah salah satu contoh kesuksesan Kaskusers sebagai pembuat konten di forum daring tersebut.

Jadi gimana, kamu tertarik untuk menonton filmnya?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya