7 Kebiasaan Orang Jepang Saat Nonton Konser ini Patut Ditiru. Rame tapi Tetep Rapi, Kayak Upacara~

Budaya orang Jepang saat menonton konser

Selama ini Jepang terkenal dengan negara yang disiplin dan tertib. Ini tercermin dari kebiasaan orangnya. Dari mulai tertib antrian, buang sampah, sampai datang tepat waktu saat janjian. Kebiasaan ini juga menular kepada budaya orang Jepang saat nonton konser.

Advertisement

Orang Jepang yang dikenal workaholic ternyata sama kayak orang Indonesia yang demen nonton Lucinta Luna konser. Menariknya, suasana konser di Jepang itu beda dari yang lain. Konser yang biasanya ugal-ugalan saking ramenya, di Jepang itu tertibnya bukan main.

Nah, dari video di atas ada beberapa hal yang patut ditiru dari budaya orang Jepang saat menonton konser. Ini 7 di antaranya.

1. Nonton konser di Jepang itu enak, antrenya tertib, parkirnya juga nggak susah. Kalau di Indonesia, tahu sendirilah, ya, gimana Lalala Fest kemarin~

tertib dan rapi via www.jatengpos.com

2. Biasanya konser penuh sesak sampai buat napas aja susah. Tapi kalau Jepang rapi banget udah kayak saf salat. Padahal sama-sama ramai lo

Rapi banget. via www.youtube.com

Advertisement

3. Nggak hanya pas konser, selesai konser pun mereka tertib nggak meninggalkan sampah. Nggak kayak di sini, botol mineral, sandal, tiket semua berserakan -_-

Mantap! via ligalaga.id

4. Kalau lihat dari video di atas sih jelas, ya, orang Jepang nggak ada yang asal bawa bendera. Kalau di sini, apa pun konsernya, pasti ada bendera Slank dan OI

bendera OI dan Slank via www.suara.com

5. Karena konsep acaranya rapi dan penontonnya juga terbiasa tertib, jadi nggak bakal ada tuh ribut-ribut kayak konser dangdut

Antiribut! via www.youtube.com

Advertisement

6. Penonton Jepang juga kayaknya nggak ada tuh yang teriak-teriak minta air karena kepanasan atau kehausan

7. Yang jelas kamu nggak akan menemui bau-bau aneh di tengah kerumunan. Keringet sih masih bisa ditoleransi, tapi kalau muntahan alkohol, iyuuuh!

Konser musik jadi salah satu hiburan yang paling bikin otak seger. Sing along lagu kesukan bareng sama ribuan orang yang bernyanyi dan berjoget jadi obat mujarab penawar penat. Tapi entah kenapa, di Indonesia ini selalu ada hal yang bikin KZL. Mulai dari cari parkir susah, penukaran tiketnya ribet, sampai ada yang rusuh di tengah konser. Tentu aja kita nggak bisa cuma menyalahkan pengelola acaranya, tapi kita harus sadar diri untuk tertib.

Untuk kenyamanan nonton konser yang lebih ke depan, nggak ada salahnya dong untuk belajar dari orang Jepang. ­čÖé

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

CLOSE