Kalau kita putar balik kira-kira ke 50 tahun yang lalu, berdasarkan logika masyarakat kolot waktu itu, tempat kerja cewek hanya ada tiga: di dapur, di kasur, dan di sumur. Miris ya? Kaum cewek nggak punya peluang untuk mengembangkan diri dan berkarya di dunia luar.

Tapi untung saja sekarang dunia sudah berganti suasana. Kesempatan kaum perempuan untuk berkarya dan bekerja sudah hampir sama lebarnya dengan kaum pria. Cewek yang berprestasi ada di mana-mana. Kualitas cewek nggak hanya dilihat dari kecantikan ataupun gemulai tubuhnya, tapi juga dari karyanya. Nah, beberapa profesi ini bila ditekuni bisa membuat tingkat kemenarikan dari seorang cewek jadi plus seratus. Apa saja? Yuk cek!

1. Sosok yang cerdas dan mengayomi, cewek yang berprofesi sebagai dosen kerap menjadi idaman hati

Angelina Jolie jadi dosen tamu di London School of Economic! via m.cumicumi.com

Selain kecerdasannya, profesi dosen juga punya kharisma yang mempesona. Seorang cewek yang menjadi dosen pastinya punya tingkat kesabaran dan ketelatenan yang di atas rata-rata. Mengajar mahasiswa dari berbagai latar belakang pastinya nggak gampang ‘kan? Ada yang terlalu kritis sehingga bertanya terus-terusan, ada yang pasif banget dan ternyata nggak paham. Pokoknya macam-macam. Tapi mahasiswa saja dibimbing dengan sepenuh hati dan dibelain waktu sidang skripsi, apalagi anak sendiri? Hihi

2. Mereka biasanya nggak banyak bicara. Tapi ketajaman pena-nya, bisa membuat cowok tergila-gila pada cewek yang berprofesi sebagai penulis!

Kisah cintamu bisa abadi dalam tulisannya via www.bustle.com

Advertisement

Seorang penulis sering terlihat di depan laptop, buku, atau notesnya. Di kafe, di perpustakaan, di angkutan umum, di manapun, mereka lebih banyak diam. Bukannya pemalu atau introvert, tapi seorang penulis biasanya punya kecenderungan untuk mengamati sekitar. Karena itu, biasanya penulis tahu banyak hal yang nggak diketahui orang lain. Selain itu, seorang penulis hidupnya juga lebih fleksibel. Apalagi kalau dia penulis lepas, yang masa kerjanya nggak bergantung siapa-siapa. Duh, diajak jalan kapan aja bisa tuh. Siapa tahu nanti kisah cinta kalian dibukukan novel semi fiksi ;p

3. Kata siapa bisnis cuma buat cowok aja? Lihat tuh para pebisnis wanita yang bikin cowok kembang kempis mengaguminya

Diajeng Lestari, CEO HijUp via mashable.com

Di dalam rumah tangga, mungkin cewek memang harus ikut apa kata imam keluarga. Tapi saat ini banyak cewek yang menjadi pemimpin di sebuah perusahaan. Sebut saja Moran sisters (Nina Moran, Anita Moran, dan Githa Moran) yang mendirikan majalah Gogirl! sejak 9 tahun lalu. Kemudian ada Veronika Linardi yang menjadi CEO Qerja, dan Diajeng Lestari yang menjadi pendiri HijUp. Kecerdasannya jelas nggak perlu diragukan lagi. Masalah menyusun strategi dan kejelian menangkap peluang, bisa dibilang mereka sama hebatnya dengan pria. Selain kecerdasan tentunya mereka juga punya karakter yang oke punya. Kan untuk jadi leader, perlu mental yang nggak abal-abal.

4. Dear cowok, ada yang bisa tahan melihat pesona cewek yang sedang memetik gitar atau memainkan alat musik lainnya?

Musisi memang mempesona! via tayknowsomeplaces.tumblr.com

Mungkin inilah yang menjawab pertanyaan kenapa Taylor Swift punya banyak mantan yang semuanya menggoda iman. Karena cewek yang jago main musik itu memang mempesona! Coba kamu perhatikan ketika seorang cewek sedang memetik gitar, atau memainkan piano, atau meniup seruling misalnya? Karakternya akan keluar sepenuhnya. Tidak hanya musisi, perempuan yang bekerja di bidang seni diakui punya daya tarik tersendiri. Auranya yang nyeni dan nyentrik, bikin cowok sering nggak berkutik.

5. Inilah hasil dari emansipasi wanita. Sekarang semakin banyak polwan-polwan yang cakap dan berwibawa serta cantik mempesona

Tilang aku Mbak tilang aku! via akufhasion.com

Banyaknya polwan cantik di dunia kepolisian kita akhir-akhir ini mengundang decak kagum yang nggak sedikit. Bagaimana lagi, kecantikan dan ketegasan bertemu menjadi perpaduan yang bikin hati klepek-klepek. Meskipun cewek, polwan ini nggak gentar menghadang pada pelanggar aturan di jalanan. Cerita selengkapnya bisa kamu lihat sendiri di acara khusus polisi di sebuah stasiun televisi. Yang jelas, wibawa Ibu-ibu dan Mbak-mbak polwan ini membuat cowok-cowok berdoa setiap hari kena tilang. Para cowok, ngaku aja deh.

6. Jangan coba-coba debat dengan cewek yang profesinya sebagai pengacara. Kalau nggak kalah, ya pasti jatuh cinta. Ehehehe hehe

Legally Blonde via barkpost.com

Sudah bukan rahasia umum kalau cewek itu nggak pernah salah. Sementara sebagai pengacara, kemampuan berbicara dan berdebat sudah pasti menjadi kewajiban demi kepentingan membela klien di pengadilan. Nah, masih mau coba-coba berdebat dengan perempuan yang profesinya pengacara? Tapi jangan terintimidasi dengan kecerdasan mereka ya. Sama seperti perempuan lainnya kok, mereka juga luluh kalau diberi perhatian dan pengertian.

7. Cewek yang profesinya arsitek ini bikin pikiran cowok ke mana-mana. Mendesain rumah tangga berdua, misalnya.

Arsitek (rumah tangga) via www.architectureadmirers.com

Sebagaimana akuntan, sosok arsitek juga sering dinilai kaku. Padahal nggak juga. Sebagai lapangan pekerjaan yang dinilai maskulin, cewek yang berprofesi sebagai arsitek tergolong langka. Karena itu, seorang cewek yang menjadi arsitek sekaligus membuktikan bahwa mereka nggak kalah dengan pria. Meski setiap harinya berkutat dengan angka-angka dan rumus fisika untuk membuat desain bangunan yang aman untuk hidup bersama, pesona cewek arsitek ini nggak pernah padam. Ya nggak?

Zaman memang sudah berubah. Dulu bahkan cewek-cewek nggak punya kesempatan untuk menempuh pendidikan. Buat apa? Toh, nanti pria yang akan memberi nafkah. Tapi sekarang kesempatan berkarya yang terbuka untuk cewek dan cowok sama besarnya. Perempuan yang mandiri punya daya pikatnya sendiri. Bersaing di lapangan pekerjaan, bukan berarti nggak bisa bersanding di pelaminan ;p

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya