Indonesia punya banyak banget tokoh yang sangat menginspirasi. Cerita hidup dan perjuangan mereka pun selalu menarik untuk diangkat ke layar lebar. Nggak heran kalau sineas-sineas di Indonesia banyak yang membuat film biografi. Aktor dan aktrisnya pun nggak boleh sembarang dipilih, karena harus bisa menjadi seorang tokoh dalam dunia nyata.

Nggak hanya tingkah laku, tutur kata, sampai gestur tokoh non fiksi yang harus ditirukan sang aktor. Bahkan penampilan fisik pun sering kali jadi faktor penting dalam memerankan film biografi. Bareng Hipwee Hiburan, yuk, kita intip aktor dan aktris yang pernah membintangi film-film biografi di Indonesia. Mirip nggak sih sama tokoh aslinya?

1. Sama-sama wanita Jawa, menurutmu Dian Sastro sudah mirip belum, dengan pejuang emansipasi wanita Indonesia?

2. Tentunya kamu masih ingat sosok B. J. Habibie yang diperankan oleh Reza Rahadian kan? Meski secara fisik nggak terlalu mirip, tapi akting Reza keren banget!

Film Habibie Ainun bahkan laris banget ketika itu. via mediaindonesia.com

3. K. H. Ahmad Dahlan sebagai pendiri Muhammadiyah diperankan oleh Lukman Sardi. Dengan jenggot dan kumis, mereka berdua kelihatan mirip, ya!

Cuma kurang kacamata aja nih! via www.infobiografi.com

4. Sebagai presiden pertama Indonesia, Soekarno terkenal dengan keahlian orasinya yang luar biasa. Coba deh gaya pidatonya Ario Bayu sudah mirip belum?

Memerankan sosok yang benar-benar penting bagi bangsa Indonesia. via www.goodnewsfromindonesia.id

5. Aktor seribu wajah, Reza Rahadian juga sempat mendalami peran sebagai almarhum Benyamin Sueb. Meski nggak mirip tapi pendalaman karakternya nggak mengecewakan

Ketawanya sudah serupa tapi nggak sama. via lifestyle.bisnis.com

6. Selain Reza, Ario Bayu juga kembali mendapat peran sebagai tokoh pahlawan bangsa, yaitu Sultan Agung. Kumisnya udah mirip banget, kan?

Meski hanya lukisan, sudah kelihatan mirip. via www.lampost.co

7. Grup lawak legendaris yang tenar sejak 80-an juga dilahirkan kembali lewat film Warkop DKI Reborn. Pas banget!

Nggak bisa bedain mana yang asli mana yang reborn, duh! via voxpop.id

8. Tanpa disangka, sosok Luna Maya yang sepertinya nggak mirip ratu horor Suzana pun tampak mirip banget. Wah, ditunggu banget nih filmnya!

Sampai nggak percaya kalau itu Luna Maya! via www.youtube.com

Advertisement

Meski persentase kemiripan mereka nggak layaknya pinang dibelah dua, tapi kita bisa menilai dari bagaimana pendalaman karakternya dalam memerankan tokoh tersebut. Bagaimana pun, berperan sebagai tokoh yang ada di dunia nyata itu nggak mudah. Ada tanggung jawab besar yang harus diemban dalam merepresentasikan tokoh yang sudah sejak lama dikenal masyarakat. Salut deh buat aktor dan aktris Indonesia!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya