Kayaknya, nggak ada deh nama yang lebih pasaran di antara cewek-cewek generasi 90-an daripada ‘Annisa’. Ada aja paling nggak satu ‘Annisa’ di daftar presensi kita dari SD sampai kuliah. Public figure yang namanya Annisa juga banyak: ada Annisa Pohan, Annisa Chibi, Annisa Thaib dan Annisa-Annisa yang lainnya. Pokoknya, kita gak pernah deh kekurangan stok Annisa.

Biarpun nama mereka banyak yang punya, semua cewek Indonesia yang bernama Annisa justru menemui berbagai pengalaman khas karena nama mereka. Kadang ngeselin sih, tapi ada juga yang lucu dan berkesan. Apa saja sih 8 hal yang dirasakan semua cewek Indonesia bernama Annisa?

1. Meski itu namamu yang asli, kamu gak pernah dipanggil “Annisa”. Icha, Chacha, Yaya atau Nisa jadi panggilan yang jauh lebih biasa

Icha

Icha via Pribadi

Advertisement

Mungkin sama kayak cowok-cowok yang namanya Muhammad tapi gak pernah dipanggil Muhammad, namamu adalah Annisa tapi kamu gak pernah dipanggil “Mbak Annisa”. Teman-teman atau keluarga lebih sering memanggilmu dengan “nama imut”: Icha (versi cadel dari ‘Nisa’), Chacha (versi lebih cadelnya lagi), Ninis atau paling nggak ya Nisa. Meskipun itu namamu yang sebenarnya, kamu hampir gak pernah dipanggil Annisa — kecuali sama orang yang baru pertama kali kamu temui dan belum jadi teman yang dekat sekali.

2. Gak jarang kamu punya nama panggilan yang lainnya. Sejelek apapun nama panggilannya, kamu harus tetap terima

Annisa

Nislek via Pribadi

Karena di sekolah masih banyak Chacha, Icha, apalagi Nisa, gak jarang kamu tetap dapat nama panggilan yang spesifik cuma buat kamu. Maksudnya sih supaya teman-teman gampang ngebedain kamu dari Nisa/Icha/Chacha yang lainnya di sekolah. Eh tapi kok panggilannya justru kayak ejekan ya?

Formulanya adalah: nama panggilanmu yang baru = ‘Nisa’ + kata sifat yang kamu banget

‘Nisdut’ = Nisa + gendut

‘Niscil’ = Nisa + kecil

‘Nisdung’ = Nisa + pundung

Advertisement

Kalau pakai panggilan lain, kata teman-temanmu kebagusan buat kamu. Akhirnya kamu pun harus pasrah menerima panggilan yang lebih mirip ejekan itu. Dan parahnya lagi, panggilan ini tetap ada sampai fase kehidupanmu yang selanjutnya. Misalnya itu panggilan datang pas kamu SMP, eh ada juga teman SMA yang manggil kamu dengan panggilan ejekan yang sama. Udah lah, terima aja. Dasar nasib jadi Annisa.

3. Paling gak enak pas orang tertukar antara kamu dan Annisa yang lainnya. Apalagi kalau dia udah heboh duluan sementara kamu cuma senyum-bingung-sopan

Selamat ya~ Lalu salah orang

Selamat ya~ Terus salah orang via www.sma1pskd.com

“Eh, Icha! Selamat yaaa kemarin menang employee of the month lagi. Kok hebat banget sih? Kasih tips dong biar kita bisa kayak kamu!”

“Cieeeeeeeeeeeeeeee Nisaaaaaaaa pacar baruuuuuuuuuuuuuu!!~!~@!@!@###”

“Oh………. itu Nisa yang lain. Gue sih masih jomblo-jomblo aja.”

Langsung SMS Ibu: “Bu, kenapa sih dulu aku dikasih nama Annisa? Namanya PASARAN udah kayak kacang goreng! :(”

4. SMS atau chat nyasar sudah biasa. Nge-search kamu di Facebook pun gak segampang yang seharusnya

SMS nyasar

SMS nyasar via lampung.tribunnews.com

“Ini aku nge-add yang mana? Di sini yang namanya Annisa Rahma ada 5.”

“Cari yang profpic-nya pakai jilbaab.”

“Ada 3 yang pake jilbab, Nis.”

“Oh -_-” *udahlah namanya pasaran, profpic juga pasaran ya ternyata*

Selain susah nyari kamu di Facebook, kamu juga dulu sering dapet SMS nyasar. Harusnya dikirim ke Annisa yang lain, eh… pesannya sampe ke kamu. Mungkin karena namamu dan si Annisa yang seharusnya itu atas-bawah di kontak HP si pengirim pesan. Awalnya kesel sih, tapi lama-lama udah biasa. Bahkan kalau cukup deket sama si pengirim pesan, kamu bisa isengin dia. “IIH HAYOO KM SAYANG-SAYANGAN KE SIAPA? KM PACARAN SAMA ANNISA RACHMA YAA?” (*Isi SMS anak SMP banget*)

5. Punya nama ‘Annisa’ sebenarnya berat juga. Ada doa agar kamu tumbuh jadi gadis feminin yang dekat dengan-Nya

Kayaknya cuma Chacha Thaib yang cocok punya nama Annisa :|

Kayaknya cuma Chacha Thaib yang cocok punya nama Annisa 😐 via instagram.com

“Nama kamu ada ‘Annisa’-nya? Hahaha… Nggak cocoooook!”

“Emang yang cocok itu yang gimana? Aku harus pakai burqa?”

Nggak bisa dipungkiri, Annisa adalah nama Islami. Bukannya mau SARA, tapi kadang ini bikin kamu merasa terbebani. Apalagi kalau teman-teman sudah bilang kamu gak cocok punya nama se-Islami ini. Rasanya langsung pengen tanya, emang kamu harus ngapain dulu sih biar dibilang cocok punya nama ‘Annisa’? ‘Annisa’ juga nama yang sangat feminin. Kalau kebetulan kamu tomboy, memiliki nama ‘Annisa’ mungkin bikin kamu gak nyaman. Di balik nama ‘Annisa’, terselip doa orangtua agar kamu tumbuh jadi cewek feminin yang dekat dengan-Nya.

Unsur “dekat dengan Dia” bisa diatur deh… Tapi unsur cewek feminin? Nooooo!

6. Btw, banyak artis yang namanya Annisa. Kadang kamu bertanya-tanya kenapa yang sama antara kamu dan mereka hanya nama kalian saja

Kenapa aku bukan Annisa Pohan? :(

Kenapa aku bukan Annisa Pohan? 🙁 via instagram.com

“Namanya sama. Nasibnya… Yah…. gitu deh.”

“Annisa Yudhoyono lahir di Boston, jadi presenter acara bola, cum laude dari UI, nikah sama anak Presiden. Gue lahir di Bekasi, nonton bola aja gak ngerti, kuliah terseok-seok, jodoh gak jelas~”

7. Dan kalau nama kamu Anisa atau Anissa, salah tulis nama itu sudah biasa

Saya akan mengeja namamu dengan keliru <3

Saya akan mengeja namamu dengan keliru <3 via www.thrillist.com

“Bukan Annisa, Mas… ‘N’-nya satu. Iya ‘n’-nya satu. Nah, gitu.”

“Anissa, yang dua ‘s’-nya ya.”

Sebagaimana nama-nama umum lainnya, ‘Annisa’ juga punya bentuk yang mirip-mirip. Nah, kamu yang namanya ‘Anisa’ atau ‘Anissa’ seringkali harus sabar saat orang-orang keliru menuliskan namamu. Arti namamu memang bukan ‘sabar’, tapi memilikinya definitely sudah melatihmu agar lebih sabar.

8. Segala keribetan yang ada karena namamu ‘Annisa’ kadang bikin kamu mau ganti nama aja. Hmm… Mau ganti jadi apa ya?

Ganti nama aja kali ya, kayak Pak Tuhan?

Ganti nama aja kali ya, kayak Pak Tuhan? via medansatu.com

“Ma, aku ganti nama ya.”

“Lah, namamu kenapa?”

“PA-SA-RAN! Ribet! Suka salah tulis! Bikin diejek temen!”

“Hmm… Mau ganti jadi apa emang?”

“Nggak tahu, Chelsea kali ya? Hahaha!”

“…”

Kadang karena segala keribetan ini, kamu jadi pingin ganti nama aja. Eh, lantas kamu sadar: punya nama Annisa itu kadang ribet, tapi ganti nama juga lebih ribet. Jadi udah lah, terima aja. Daripada ganti nama jadi Chelsea? Nanti malah tambah di-bully. Ehehe.

9. Biarpun pasaran, ada yang harus kamu akui. ‘Annisa’ memang nama yang penuh arti

Annisa :)

Annisa 🙂 via Pribadi

Iya sih, punya nama ‘Annisa’ memang kadang membuatmu harus mengalami hal-hal yang kurang nyaman. Tapi ini jadi tak masalah seiring kamu mencapai kedewasaan. Lambat laun kamu mengerti: nama ‘Annisa’ memang indah dan punya arti. Tak sembarangan orangtuamu memberi nama ini. Dan bukan alasan kenapa teman-temanmu banyak memiliki nama yang sama. Dan hey, punya nama ‘Annisa’ diam-diam keren juga kok! Iya ‘kan?

Kamu yang punya nama ‘Annisa’, pengalaman khas apa lagi sih yang kamu rasakan selama ini? 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya