Saat ini kamu pengen dan sedang berusaha berhenti merokok. Alasannya pun bisa berbagai macam. Mulai dari pacar kamu yang nyuruh biar duit buat beli rokok bisa ditabung atau untuk urusan kesehatan. Nah, masalahnya godaan dan tawaran untuk terus merokok nggak pernah berhenti datang. Maklum, mayoritas orang di Indonesia adalah perokok, jadi kamu akan sulit menghindar dari rokok sepanjang hidupmu. Tapi, kalau kamu memang punya niat, kamu pasti bisa kok berusaha nggak merokok.

Tawaran merokok memang akan terus datang, tapi kamu bisa kok menolaknya. Untuk menjawab tawaran merokok, kamu bisa deh pakai jawaban-jawaban berikut, mulai dari yang sopan, nyolot, sampai yang reflektif. Semuanya tinggal kamu pilih dan sesuaikan dengan situasi.

1. Cara paling sopan adalah menolaknya dengan kata “maaf, aku uda ngga ngerokok,”, itu udah paling sopan banget.

Menolak dengan cara mengatakan “maaf, uda ngga ngerokok lagi” memang sungguh sopan dan mulia. Kalau ditolak dengan cara ini, orang yang nawarin sih pastinya nggak akan tersinggung. Paling penasaran aja kenapa kamu ngga ngerokok lagi.

2. Cara yang cerdas dan juga sopan adalah bilang aja kalau kamu sudah ada rokok meski sebenernya kamu nggak punya.

bilang aja masih punya. Kalau dibilang nggak bagi-bagi, baru bilang kalau lagi nggak merokok via ekbis.sindonews.com

Advertisement

Dengan jawaban seperti ini, kamu menghemat rokok teman kamu sebatang, lumayan buat dia sendiri. Meskipun kamu berbohong , yang penting dia akan lebih menghargai kamu. Apalagi kalau nantinya dia tahu kalau kamu sebenernya nggak merokok.

3. Puasa kan nggak cuma pas bulan puasa. Bilang aja kamu lagi puasa. Urusan ibadah nggak ada deh yang berani debat.

lagi puasa rokok meski bukan bulan puasa via www.infojajan.com

Kalau kamu menolak dengan alasan lagi puasa, nggak akan ada yang debat lagi. Lebih baik lagi kalau puasa beneran sih. Biar tabungan amal ibadahmu makin banyak. Subhanallah..

4. Aduh, sori banget deh. Mendingan dirokok deh ketimbang merokok, sob. Eh ini kita ngomongin apa sih?

Mmmm… yaa gitu deh ~

5. Khusus kamu yang jomblo, mungkin ini akan menyelamatkanmu. Bilang aja kalau lagi cari pacar. Katanya sih cewek lebih milih cowok yang nggak merokok.

ngga suka cowok bau rokok via wellbooduckinghoo.tumblr.com

Udah bukan rahasia lah ya, cewek lebih milih cowok yang nggak merokok. Makanya, kalau kamu jomblo dan pengen punya pacar, berhentilah merokok. Udah rokok mahal — jadi salah fokus kan.

Intinya kamu bisa jelaskan ke temen kamu kalau kamu nggak merokok karena lagi pengen punya pacar. Percayalah, cewek lebih suka cowok yang nggak merokok.

6. Kalau udah punya cewek ya bilang aja cewek kamu bakal diputusin kalau masih bau rokok. Ngga mau deh jadi jomblo ngenes..

udah punya pacar dan pacarnya galak via en.rocketnews24.com

Pasang aja tampang memelas, kalau kamu uda ngga dibolehin lagi ngrokok sama pacar kamu. Bilang ke temen yang nawarin, kalau kamu mending kamu berhenti ngerokok deh daripada jadi jomblo ngenes..

7. Kalau kamu tetep dipaksa, bilang aja lagi mau berhenti merokok karena mau nyicil KPR. Siapa tahu dia ikut nyumbang.

sadar sadar sadar

Kalau ditawarin terus, kapan berhentinya? Ngurus nikah juga mikir biaya. Bilang aja kamu lagi pengen berhenti merokok, jadi jangan disodorin rokok terus meskipun gratis. Semua demi masa depan kamu dan calon kamu, kan? Kalau kamu menolak tawaran rokok dari teman kamu dengan cara ini, dijamin dia bakal mengert. Syukur-syukur temen kamu ikut nyumbang.

8. Pakai metode kaset rusak deh. Apapun pertanyaannya, jawab aja “nggak deh, aku nggak merokok” begitu seterusnya biar yang nawarin jadi bosen sendiri.

kayak kaset rusak, tapi rusaknya nggak gini-gini banget via www.artflakes.com

Teknik kaset rusak juga adalah teknik yang jitu buat kamu yang selalu ditawarin rokok sama temen kamu yang selalu maksa kamu merokok dan nggak pernah berhenti menawarimu rokok. Pokoknya, apapun yang dia tawarkan, setiap kali dia menawarkan, beri dia jawaban yang sama.

Rokok nggak, Wen?

Nggak ah.

Beneran nih? Gratis nih, mumpung aku habis gajian.

Nggak ah.

Yuk aku traktir makan aja.

Nggak ah. *eh salah ngomong*

Semoga jawaban-jawaban ini bikin kamu berhasil buat berhenti ngerokok ya. Good luck!