Memilih jenis hiburan belakangan ini jadi sebuah PR yang cukup sulit buat dikerjakan. Gimana nggak? Belakangan ini semakin banyak pihak yang menawarkan tayangan dan berbagai macam hiburan, mulai dari tayangan penuh drama, hingga acara musik yang sangat sulit dipahami esensinya. Pada akhirnya selera kitalah yang akan menentukan jenis hiburan seperti apa sih yang benar-benar kita gemari.

Kemudahan akses internet tentu saja memiliki andil yang besar. Berkat internet, informasi tontonan dari seluruh dunia juga bisa kita dapatkan. Alhasil, kita juga bebas menonton tayangan apa yang kita inginkan. Tapi dari sekian banyaknya pilihan, hanya segelintir orang yang menikmati tayangan berkualitas yang bahkan butuh berkali-kali menonton buat sekadar memahaminya lho. Apa saja tuh, simak uraian Hipwee berikut!

1. Jenis tontonan seperti serial televisi memang sedang banyak digemari. Kalau Blackmirror, kamu butuh nalar kritis buat mengaitkan semua ceritanya dengan kondisi sosial kekinian

Generasi menunduk ala Blackmirror. via www.theatlantic.com

Advertisement

Meski punya cerita yang berbeda setiap episodenya, kamu nggak akan kehilangan tensinya kok. Setiap episode disampaikan dengan cerdas dan berkaitan dengan kondisi kekinian.

2. Film layar lebar penuh teka-teki imajinatif layaknya Inception juga sudah cukup bikin olah raga otak

Lawas tapi nggak basi. via www.amazon.com

Gabungan dari kecanggihan teknologi dan imajinasi penulisnya, Inception nggak bakalan bikin kamu santai sembari menonton. Apalagi dibintangi oleh aktor senior Leonardo DiCaprio yang bikin film ini makin layak tonton.

3. Film Memento juga hanya buat orang-orang yang sabar dan kuat mikir saja nih. Rekomendasi bagus buat asupan otak

Konsentrasi penuh dan perhatikan jalan ceritanya dengan saksama. via variety.com

Menceritakan tentang orang yang memiliki ingatan jangka pendek, film Memento seolah mengajak penonton untuk sama-sama bingung. Di akhir cerita, bakal ada akhir yang mengejutkan dari film ini lho.

4. Nah, kalau kamu adalah warganet yang hobi buka YouTube, kamu perlu nonton channel TED mulai dari TEDx, TED Talk, hingga TED-Ed buat memuaskan rasa penasaranmu tentang segala hal

Bikin pengetahuan makin luas, biar nggak gagap waktu menyanggah argumen sama orang lain. via www.ted.com

Advertisement

Kalau kamu adalah orang dengan rasa pengen tahu yang tinggi, kamu pasti akan ketagihan nonton channel YouTube TED yang sangat mengedukasi. Di sini kamu bakal belajar tentang segala hal secara gamblang.

5. Kata siapa main game dan nonton film hanya sekadar hiburan belaka? Channel Game Theorist dan Film Theorist bisa menjelaskan berbagai faedah dari tontonan berkualitas

Matpat akan memberikan kritikan dan review terhadap film dan game, biar makin pinter! via knowyourmeme.com

Nah, kalau pengen menelisik dan membedah makna tersembunyi di balik game dan film, kamu pasti tahu channel YouTube populer yang digawangi oleh Matthew Pattrick ini. Channel tersebut adalah Game Theory dan Film Theory.

6. Andalan nih! Dari dulu yang suka banget saluran National Geographic pasti sampai sekarang jadi insan yang haus akan ilmu pengetahuan

Pengetahuan soal flora, fauna, sampai sejarah ada semua! via www.nationalgeographic.org

Ada sebagian orang yang ngantuk ketika menonton saluran ini. Karena kebanyakan memberikan pemahaman tentang ilmu pengetahuan dari seluruh penjuru dunia. Tapi bagi kamu yang suka penasaran sendiri, secara otomatis kamu akan tertarik buat mengikuti apa yang disajikan oleh saluran TV ini deh.

7. Balik lagi ke film, kali ini film Indonesia seperti Modus Anomali juga siap bikin kamu putar otak buat memahaminya lho. Sudah nonton belum?

Kalau belum nonton, buruan beli deh! via movfreak.blogspot.co.id

Film garapan sutradara Joko Anwar ini merupakan salah satu film yang ngena banget buat pecinta film tanah air. Dibintangi oleh Rio Dewanto dan Hannah Al-Rasyid, film ini sukses banget membuat kamu bertanya-tanya soal teka-teki di dalamnya.

8. Sedangkan kalau kamu bisa memahami isu sosial yang dibungkus dalam film Marlina, si Pembunuh dalam 4 Babak (2017), kamu cerdas!

Keren banget nih! via oldeuboi.wordpress.com

Nggak sekadar pembunuh biasa, ada isu sosial dan sebuah ‘protes’ yang diselipkan dalam film ini. Kalau kamu bisa menangkapnya, canggih banget deh.

9. Pola pikir dan keterbukaan masa sebelum reformasi juga akan membawamu ke film Gie (2005). Apalagi kalau sempat baca bukunya, cucok!

Dibintangi Nicholas Saputra jauh sebelum ia sekeren sekarang. via ulasangaguna.wordpress.com

Kalau kamu adalah orang yang punya pandangan kritis soal kondisi negara dan tertarik banget dengan sejarah di Indoneia, film adaptasi buku harian tokoh demonstran Soe Hok Gie bagus buat ditonton. Biar kamu punya keterbukaan politik yang luas.

[TONTONAN PALING JAWARA]

Serial TV Sherlock Holmes adalah salah satu tayangan yang perlu ditonton dengan konsentrasi penuh!

Coba kalau belum paham ditonton lagi tiap episodenya. via toptech360.com

Kalau kamu bisa menebak dan menjelaskan kasusnya sebelum Sherlock, kamu kelewat cerdas! Teka-teki dan perkiraan cerdas yang selalu tepat dari detektif legendari Sherlock Holmes bakal bikin kamu melongo sepanjang episode.

Apa yang kamu tonton seringnya merefleksikan siapa dirimu dan seperti apa seleramu. Semakin kamu menyukai hal-hal yang berbau ilmu pengetahuan dan pola hiburan kritis, semakin akan membawamu pada pandangan dan pikiran yang cerdas. Tapi jangan lupa dibarengi dengan perilaku yang cerdas juga, ya. Makin cerdas orang pastilah makin merunduk seperti padi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya