5 Bukti bahwa Zaman Televisi Segera Berakhir. Kapan Terakhir Kali Kamu Nonton TV?

Akhir zaman TV

Televisi sebagai salah satu ajang hiburan paling favorit bagi masyarakat membuat keberadaannya dianggap begitu penting sejak zaman dulu hingga sekarang. Selain untuk berbagi informasi secara cepat dari seluruh dunia, televisi juga memiliki banyak peran bagi kehidupan manusia. Itulah kenapa hingga saat ini benda tersebut masih menjadi salah satu benda yang seolah-olah wajib dimiliki di setiap rumah.

Advertisement

Namun, jika kita perhatikan lebih lanjut, popularitas televisi itu ternyata nggak sebesar dulu lo. Apalagi jika ngomongin masa-masa sebelum internet berkembang begitu pesat. Dulu, bisa dibilang orang lebih mending berdiam diri di rumah dan nyantai sambil nonton TV dibandingkan menyelami dunia maya. Sekarang mah zaman udah beda banget, meski nggak benar-benar ditinggalkan, inilah sederet bukti kalau era keemasan televisi udah nggak sekeren dulu lagi.

1. Sebagian anak-anak hingga orang tua zaman sekarang sepertinya lebih memilih untuk menggunakan layanan streaming

Ilustrasi streaming / Credit: Degonline via www.degonline.org

Meski nggak semuanya beralih ke layanan streaming, namun zaman sekarang ini memang nggak dimungkiri jika banyak orang yang lebih memilih menggunakan layanan tersebut dibandingkan menonton TV. Entah hanya sekedar Youtube, Netflix, atau mungkin layanan streaming lainnya saat ini bisa dikatakan bisa menggeser popularitas televisi.

2. Acara TV semakin ke sini semakin nggak jelas. Terlebih sinetron yang katanya hanya untuk hiburan~

Acara TV zaman sekarang / Credit: Vidio via m.vidio.com

Nggak perlu diberi contoh mana acara TV yang saat ini memang benar-benar berkualitas atau sebaliknya, sepertinya orang-orang udah paham sendiri sih. Harusnya seiring perkembangan zaman acara TV di Indonesia itu semakin maju dan banyak positifnya, tapi sekarang ini yang ada malah sebaliknya. Walaupun nggak semua acara TV zaman sekarang banyak hal buruknya, tapi tetap aja nggak sedikit juga yang random dan semakin nggak jelas. Ini nggak cuma sekedar sinetron aja lo!

Advertisement

3. Hampir setiap stasiun televisi dikuasai oleh orang-orang berpengaruh di dunia politik

Ilustrasi televisi / Credit: Lokadata via lokadata.id

Udah bukan merupakan hal baru lagi sih kalau kenyataan stasiun televisi Indonesia itu rata-rata dimiliki oleh orang-orang yang berpengaruh di dunia politik. Jadi, udah ketebak kan gimana nantinya stasiun-stasiun televisi tersebut? Alih-alih menyebarkan berita-berita yang sifatnya netral, yang ada malah sebaliknya karena kepentingan pribadi. Tapi ingat, nggak semuanya kayak gini juga, lo~

4. Orang beli TV saat ini biasanya malah nggak buat nonton acara TV, tapi untuk kegiatan lainnya

Ilustrasi televisi zaman sekarang / Credit: Mediaindonesia via mediaindonesia.com

Sebelum mengenal bentuk TV yang semakin keren saat ini, dulu kita mengenal yang namanya TV tabung. Kegunaannya pun jangan ditanya lagi, pasalnya cuma benar-benar untuk nonton acara TV pada umumnya. Beda dengan saat ini, orang-orang berlomba-lomba beli televisi dengan teknologi yang paling maju untuk berbagai macam kebutuhan. Mulai dari main video game, streaming film, hingga berbagai macam kegiatan lainnya.

5. Terkahir, persoalan kebijakan KPI dari waktu ke waktu yang semakin absurd. Ini sering banget bikin kesel sih 🙁

Advertisement

Persoalan TV Indonesia / Credit: Reddit

Sudah berkali-kali Komisi Penyiaran Indonesia atau yang biasa disingkat dengan KPI membuat kebijakan yang menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Salah satunya yang selalu dipermasalahkan oleh publik adalah pemilihan konten yang diizinkan tayang di TV dan tak boleh tayang. Zaman sekarang acara nggak jelas aja bisa lolos begitu aja, sedangkan layanan yang jelas-jelas banyak edukasinya malah dipersulit. Nggak heran jika orang berangsur-angsur meninggalkan televisi sih.

Ikuti Instagram @wolesjon, biar nggak ketinggalan informasi seputar cowok dan dunia hiburan lainnya, kuy!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE