Kita nggak bisa memungkiri jika keberadaan bahasa telah melebur dalam segala aspek kehidupan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui dan memelajari ragam bahasa yang ada. Termasuk juga bahasa yang ‘nyeleneh’ dari keseharian. Ya, hitung-hitung untuk mengisi waktu dan mengasah kreativitasmu saat memelajarinya.

Nah, untuk itu Hipwee akan mengajak kamu buat sama-sama belajar bahasa unik dari Presyden Qdjy. Sebab nggak bisa dipungkiri jika akun satu ini punya gaya bahasa nan cocok banget bagi kamu yang suka belajar bahasa dan sesuatu yang baru. Yuk, langsung saja!

Sejatinya, Presyden Qdjy menuliskan semuanya bukan tanpa landasan alias rumus! Coba, yuk kenali sedikit rumusnya~

BELAJAR KEJI. via www.facebook.com

Sebelum lebih jauh mengenali bahasa ala Presyden Qdjy ini, alangkah lebih baik kalau kita sama-sama mengintip kamus sederhana agar lebih mudah untuk memahaminya berbagai teksnya. Cekidot!

S= SH atau S= X (Sulit= xulyd)

Q= K dan K= Q (Kamu= qamoo)

I= Y dan Y= I (Ini= yny)

V= F dan F= V (Fana= Vana)

J= DJ (Maju= madjoo)

T= DH (Pelit= plydh)

U= OO atau U= W (Kamu= qamoo) atau (Uang= wang)

C= TJ (Cacat= tjatjad)

J= DJ (Keji= qdjy)

YA= IA (Punya= poonia)

G= H – tapi tidak wajib, tergantung penggunaan (Ideologi= ydeolohy)

NG= NQ – jika letaknya ada di ujung (Penting= pntynq)

Advertisement

Dan, rasanya kalau memerhatikan kamus tersebut, susunan dari huruf-huruf yang ada itu seperti paduan antara bahasa Indonesia dan bahasa Melayu. Intinya bahasa zaman dulu banget! Hihi.

2. Setelah memelajari kamus sederhana itu, coba langsung praktik, yuk!

Belajar Keji (1) via twitter.com

Kira-kira tweet dari @QDJY yang satu itu benar artinya begini nggak ya?

PENGEN DEH NGELUARIN MATA UANG BARU JUGA PECAHAN 16.850.

3. Kita beralih ke bahasa yang lebih ribet, yuk!

Belajar Keji (2) via twitter.com

“BANG BELI TAHU BULAT”

“BERAPA DEK?”

“DUA AJA. NIH, ADA KEMBALINYA, BANG?”

Untuk yang satu ini, kira-kira kalau artinya begitu sudah benar belum, ya? 😀

4. Ternyata, para pengikut yang coba menjawab tweet @QDJY pun sudah berbahasa sama

Belajar Keji (3) via twitter.com

@syeftyawan_ @QDJY PAK PRES REPUBLIK KEJI NGGAK BIKIN UANG BARU?

dan dijawab dengan

@QDJY DUIT BARU KALO DOMPET KOPONG APA FAEDAHNYA

Mungkin begitu kira-kira arti dari percakapan mereka. Ternyata, para pengikut dari @QDJY pun sudah berbahasa yang sama saat membalas tweet dari Presiden Keji. Keren, sih!

5. Hayo, kalau yang ini kamu paham nggak maksudnya apa?

Belajar Keji (4) via twitter.com

NENG SUKA MANEKIN CELLENT YA? DIKODE DIAM. DIWATSAP DIA. DISAPA DIAM. :<

6. Kalau yang agak panjang begini, harus pelan-pelan biar nggak salah~

Belajar Keji (5) via twitter.com

KAMING SUN

“MENGUCAPKAN SELAMAT NATAL HARAM”

NANTIKAN DI SOSMED2 ANDA!

Ulala!

7. Nah, setelah belajar bersama-sama, sekarang boleh dong kalau mau langsung uji coba pemahamanmu~

Uji coba bahasa keji, yuk! via qedjy.deviantart.com

Kalau dari tadi kita kan sudah belajar bersama-sama, sekarang nggak ada salahnya dong kalau langsung saja uji coba pemahamanmu atas bahasa dari Repooblyq Qdjy. Uji cobanya adalah dengan menerjemahkan bahasa yang satu ini. Yuk, langsung tulis arti dari versimu pada kolom komentar di bawah ini! 🙂

Selamat belajar, guys. 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya