10 Kode Absurd yang Sering Dipakai Saat Chatting-an pada Masanya. Semakin Ribet Dibaca, Semakin G4h0L~

Bahasa chatting zaman dulu

Setiap masa punya tren masing-masing. Dan yang namanya tren senggak jelas apa pun tetap ada yang mengikuti. Ada rasa kebanggaan pada diri saat orang mengikuti arus tren—kasarnya biar dibilang gaul. Diakui atau nggak, begitulah peradaban manusia sekarang.

Advertisement

Ngomongin soal tren, nggak hanya berkutat pada fesyen, budaya chatting-an juga punya tren tersendiri. Dulu sempat ada tren chatting-an pakai kode-kode yang nggak jelas. Kode yang sebenarnya kalimat, namun menjadi nggak jelas lantaran terlalu absurd dan singkat. Sebagai ajang nostalgia, yuk, simak sama-sama kode apa yang dulu sering dipakai buat chat.

1. Dulu mengungkapkan frasa sederhana aja rumit. Bilang “iya nih” dianggap kurang gaul hingga akhirnya jadi begini …

Ruwet! via www.hipwee.com

2. Sekarang mungkin kita menyesal pernah menggunakan kode alay tersebut, tapi anehnya dulu kita pede banget kalau itu keren

Ada tambahan “Z”nya dong. -_- via www.hipwee.com

Advertisement

3. Basa-basi chat dulu ada kodenya yang malah bikin pusing buat dibaca. Hadeeeeh!

Jadi ribet. via www.hipwee.com

4. Kalau habis kenalan dengan orang baru pasti kode ini ada di daftar topik awal yang mau dibahas. Biasanya kenal dari Facebook

5. Nggak bisa dimungkiri kalau Facebook dulu jadi awal mula perkenalan orang. Kalau sekarang Tinder 😀

Leh ugha foto propilmu~ via www.hipwee.com

Advertisement

6. Kode ini bukan penyebutan ukuran fail komputer, melainkan singkatan dari sebuah frasa

“Mbb” bukan “Mega byte byte”. via www.hipwee.com

7. Kalau konsep singkatan ini diterapkan ke zaman sekarang, mungkin akan berubah jawabannya jadi “lgy utupan nich” maksudnya “lagi youtuban nih”

Nopi=nonton tipi, nupy=nonton typy 😀 via www.hipwee.com

8. Yang unik dari chatting-an zaman dulu, ada kode memaksa untuk lekas membalas. Sekarang kok nggak ada, ya? Padahal berguna banget nih

Layak dipertahankan konsepnya, tapi tidak dengan kode yang dipakai. via www.hipwee.com

9. Demi menunjukkan keheranan kode ini yang dipakai. Kalau sekarang tinggal bilang “seriusan?” semua udah paham maksudnya~

Miyabi dong! via www.hipwee.com

10. Yang unik, dulu online jadi aktivitas tersendiri sebelum akses internet semudah sekarang

Zaman facebookan. via www.hipwee.com

Budaya menyingkat chat dimulai pada periode 2006 semenjak Facebook sedang hits. Entah siapa yang memulai, namun banyak yang menganggap semakin singkat teks semakin gaul. Sebelum akhirnya semua sadar kalau tren itu sungguh alay dan meribetkan orang lain membaca maksud chat kita.

Ada yang sampai sekarang masih pakai konsep ini saat nge-chat?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

Editor

Senois.

CLOSE