Bahasa Indonesia dari waktu ke waktu mengalami begitu banyak perubahan. Bahkan bahasa gaulnya selalu aja ada yang baru di tiap generasi dan tiap tongkrongan. Nggak heran kalau beberapa kata slang kita masuk ke kamus urban yang biasanya menempatkan beberapa bahasa slang yang cukup terkenal di dunia.

Meskipun kenyataannya bukan cuma bahasa slang dari Indonesia aja yang banyak masuk, paling nggak beberapa bahasa slang berikut punya reputasi yang cukup terkenal di mata internasional. Buat bule-bule yang lagi belajar bahasa Indonesia, ini cukup peting lo. Simak uraian Hipwee Hiburan berikut biar kamu tau bahasa slang Indonesia versi kamus urban.

1. Nggak usah dibaca keras-keras, ya!

Contoh kalimatnya oke juga sih! via www.urbandictionary.com

2. Sebuah kata untuk mengawali dan mengakhiri percakapan bocah edgy zaman sekarang

Anjir, bener banget artinya, njir! via www.urbandictionary.com

3. Jadi inget lagunya deh. Alay, anak layangan~

Tuh, yang masih ngetik pakai huruf besar kecil dan angka berarti alay. via www.urbandictionary.com

4. Baru tahu juga, kan, ternyata kepo itu berasal dari bahasa Hokkien?

Meskipun singkatan dari kata kepo juga sama aja sih artinya. via www.urbandictionary.com

5. “Gila, gaya lo saik banget dah, saik!”, begitulah sebuah pernyataan anak hiphop pinggiran ibu kota ketika lihat temannya pakai kaos Supr*me

Mungkin anagram dari kata “asyik”. via www.urbandictionary.com

6. Bagimu yang masih terjebak friendzone dan HTS nggak jelas, pahami kata ini baik-baik

Terlalu serius sama hal yang sebenarnya nggak penting, ulala. via www.urbandictionary.com

7. Sebuah sejarah tercatat, di mana akhirnya Indonesia disebut ‘wkwkland’

Ketawa orang Indonesia kaya bunyi bebek, ya? via www.urbandictionary.com

8. Sebutan lawas, tapi sudah mendunia. Saik!

Kata slang yang melegenda dan masih dipakai lintas generasi. via www.urbandictionary.com

9. Sama seperti ‘bokap’ biar nggak single parent maka perlu ada ‘nyokap’

Tapi nggak semua nyokap-nyokap suka bikin kue, perlu dicatat, ya! via www.urbandictionary.com

10. Sebuah kata slang paling ultimate dan diketahui anak muda dari Sabang sampai Merauke

Gokil emang kata slang yang gokil! via www.urbandictionary.com

Advertisement

Selain daftar kata slang di atas, jelas masih banyak baget kata slang yang biasa kita gunakan, meski belum masuk ke kamus urban. Semakin sering kita pakai bahasa kita sendiri, semakin lebar kesempatan orang-orang dari belahan dunia lain untuk mempelajari bahasa kita dan tertarik. Makanya, jangan lupakan bahasa sendiri, walau hanya bahasa gaul. Mari lestarikan!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya