Siapa Bilang Belajar Mobil Matic itu Sepele? Jangan Sampai Percaya sama Hal-Hal ini, ya!

Belajar mobil matic

Belajar mengendarai mobil matic katanya memang lebih mudah dibandingkan dengan mobil bertransmisi manual. Kita nggak perlu ribet-ribet harus memosisikan dan menginjak kopling dengan teknik khusus saat kondisi-kondisi tertentu. Namun rupanya, konsep tentang belajar nyetir mobil matic itu mudah, nggak berlaku bagi semua orang lo. Ada sebagian orang di luar sana yang menganggap belajar nyetir mobil matic itu nggak sepele.

Advertisement

Apalagi jika kamu udah nonton tentang video konyol tutorial nyetir mobil matic yang baru aja diviralkan oleh warganet Twitter bernama @mbooonnn. Dijamin deh, lembaga kursus stir mobil bakal menangis setelah melihat cuplikan video konyol tersebut. Pokoknya jangan sampai kamu mengikuti jalan sesat di bawah ini, ya. πŸ™

P itu artinya digunakan saat mobil dalam posisi parkir. Ya, P bukan berarti Power lo, ya!

Bagi yang sama sekali belum paham sih mungkin memang awam banget sama keterangan yang ada di transmisi pada mobil matic. Tapi perlu diingat, P itu digunakan saat kamu mau parkir, artinya dalam posisi tersebut mobilmu bakalan sama sekali nggak bisa digerakkan. Kalau kamu percaya bahwa P adalah Power, itu tandanya kamu terlalu polos dan gampang dikibulin. Penginnya mau jalan kenceng, tapi malah dimasukin ke transmisi P, ya, nggak bisa jalan mobilnya.

Advertisement

Nah, kalau R itu dipakai buat mundur, bukan malah berarti Racing. Kamu kalau ngira mode R itu buat racing, bisa-bisa jebol mesinmu πŸ™

Transmisi mobil matic. via www.harapanrakyat.com

Hal selanjutnya yang wajib banget kamu pahami adalah huruf R berarti untuk Reverse alias jalan mundur. Ingat, mundur, ya, bukan racing! Ini biasanya digunakan saat kamu hendak merapikan mobil ketika mau parkir atau dalam kondisi-kondisi tertentu lainnya. Nih, dicatat baik-baik, kalau kamu dalam posisi mobil berjalan, apalagi kecepatannya lumayan kenceng terus dimasukkan ke mode R, ya, bisa-bisa auto jebol mesin mobilnya. Siapa sih yang iseng banget bikin konten aneh-aneh kayak gitu tadi. πŸ™

Siapa yang ngibul kemaren kalau D itu berarti drift!? Ada-ada aja, D itu buat maju biasa. Kasihan orang yang nggak paham beneran

Ilustrasi mobil matic. via www.carmudi.co.id

Tutorial dan kepercayaan sesat yang satu ini nggak kalah kocak, kok ya ada gitu yang bilang bahwa mode D berarti untuk nge-drift. Itu lo, yang mirip di film β€œFast and Furious”, pokoknya yang jalannya sambil pecicilan banget. Padahal mode D itu untuk berjalan maju seperti biasa. Jadi kita tinggal nginjak gas dan remnya aja sambil jalan santai. Bayangin kalau ada orang yang percaya beneran bahwa mode D berarti drift, dia udah menghayal bisa nyetir mobil dengan sangar kayak di film-film, tahunya cuma jalan normal alias pelan-pelan kayak biasanya.

Terakhir, jangan pernah percaya bahwa mode N itu adalah mode paling tepat untuk ngebut! Siapa pun yang bilang bahwa mode N berarti NOS, memang pantas disebut nggak ada akhlak. N itu mode netral

Advertisement

Keterangan pada transmisi mobil matic. via www.google.com

Mentang-mentang keterangannya huruf N terus disambung-sambungin sama NOS. Pada tahu, kan, apa itu NOS? Pokoknya yang bikin mobil jadi makin kenceng itu lo. Ini kepercayaan sesat dari mana lagi coba, kalau N itu adalah NOS? Kenceng juga nggak, yang ada cuma berhenti dan diem doang kayak cewek lagi ngambek. Kan, N itu artinya netral alias mesin dan juga transimis sama sekali nggak terhubung. Ini biasanya dipakai ketika kamu nunggu lampu merah yang masih lama banget. Pokoknya jangan percaya kalau N itu adalah NOS, ya!

Mau bagaimanapun, setiap jenis mobil pasti punya kekurangan dan kelebihannya sendiri-sendiri. Begitu pula dengan mobil bertransmisi manual dan matic. Tapi memang pada faktanya banyak yang menganggap bahwa mobil jenis matic itu lebih gampang dan santai untuk dikendarai, apalagi bagi pemula.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE