Fungsi media sosial memang diserahkan sepenuhnya ke pengguna itu sendiri. Apakah mereka akan menggunakannya untuk sesuatu yang bermanfaat atau malah menggunakannya untuk hal-hal negatif. Oleh karena itulah cerita-cerita baik di media sosial sering tumpang tindih dengan hal-hal buruk atau negatif yang disebarkan. Nggak jarang, hal bernada negatif inilah yang sering muncul dan mencuri atensi publik.

Namun nggak selamanya begitu loh. Media sosial masih dimanfaatkan oleh orang-orang baik untuk menyebarkan kebaikan juga. Entah itu menolong satu sama lain atau sekadar memberikan dukungan bagi mereka yang tengah mengalami kesusahan. Salah satu cerita yang menginspirasi ini mungkin bisa jadi bukti bagaimana indahnya jika media sosial kita manfaatkan untuk kebaikan.

Seorang warganet membantu bule bernama Erika Boo mencari orang yang telah menolongnya beberapa bulan lalu

dibantu up di ICJ via www.facebook.com

Advertisement

Seorang pengguna Facebook bernama Miko Pratanu meneruskan pencarian yang dilakukan oleh seorang bule bernama Erika. Postingan Erika yang awalnya dikirimkan ke fanspage Lowongan Kerja Jogjakarta ini dikirimkan kembali oleh Miko ke fanspage paling populer di Yogyakarta, yaitu Info Cegatan Jogja (IJC). Karena postingan tersebut berbahasa Inggris, Miko pun menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia untuk mempermudah pencarian yang dilakukan oleh bule itu.

Erika Boo mencari mas Superhero karena merasa berhutang budi atas pertolongannya waktu itu

Erika mencari Mas Superhero via www.facebook.com

Dalam postingan tersebut diketahui Erika tengah mencari sosok lelaki yang nggak sengaja ia temui di Jogja sekitar bulan September lalu. Saat itu, Erika tengah liburan di kota Gudeg ini. Pertemuannya dengan Mas Superhero, sebutan untuk cowok yang membantunya itu, berawal dari dirinya yang pengen berangkat ke stasiun namun nggak tahu arah. Setelah bertanya-tanya ke warga sekitar, akhirnya ia pun bertemu dengan Mas Superhero. Nggak cuma ditunjukin jalan, Erika bahkan langsung diantar ke stasiun. Hingga saat ini ia masih merasa berhutang budi kepada mas-mas tersebut. Berbekal sedikit info dan foto yang ia lampirkan, Erika berharap bisa menemukan Mas Superhero ini.

Hebatnya, kurang dari 24 jam, cerita Erika di Facebook membuahkan hasil. Mas Superhero bernama Hakim akhirnya ‘ditemukan’!

berita terbaru via www.facebook.com

Setelah disebarkan di IJC, warganet pun berbondong-bondong menyebarkan postingan Erika ini dan ternyata, pencarian ini membuahkan hasil. Kurang dari 24 jam sejak diposting, Erika pun berhasil menemukan sosok Mas Superhero yang telah mengantarnya waktu itu. Sosok tersebut bernama Hakim. Melalui akun Facebook-nya, Erika merasa sangat senang dan berterima kasih pada warganet tanah air yang ikut membantunya mencari Hakim. Nggak lupa, ia pun menambahkan slogan di akhir postingannya bahwa “Jogja Istimewa”.

The Power of Facebook seperti ini yang patut dimanfaatkan. Media sosial digunakan untuk menyambung silaturrahmi bukan memutusnya

Akhirnya ketemu via www.facebook.com

Advertisement

Pencarian yang membuahkan hasil ini tentu saja menjadi kebahagiaan tersendiri bagi warganet, terutama yang ikut membantu menyebarkan postingan Erika ini. Bagaimana nggak, hanya berbekal foto dan sedikit info, mereka berhasil menemukan sosok Hakim yang dicari oleh bule ini dengan hanya menggunakan Facebook. The Power of Facebook kali ini berhasil membuktikan bahwa media sosial masih berfungsi untuk hal-hal positif dan kebaikan.

Ya, seharusnya seperti inilah fungsi media sosial yang harus kita budayakan. Membantu satu sama lain dalam kebaikan seperti menyambung silaturahmi antara Erika dan Hakim ini. Sebelumnya media sosial juga digunakan untuk membantu orang-orang kesusahan, seperti mereka yang nggak mampu namun tetap terus berusaha. Cerita menginspirasi seperti ini dibagikan dan akhirnya donasi pun berhasil dikumpulkan.

Dan tentang pencarian sosok Mas Superhero ini tentu menjadi hal baru yang juga bisa menginspirasi kita. Kira-kira bagaimana, ya, kelanjutan cerita Erika dan Hakim? Kita tunggu saja, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya