Ridwan Kamil dikenal sebagai salah satu pemimpin yang dekat dengan warganya. Ia tak segan menyapa masyarakat secara langsung melalui media sosial yang dikelolanya. Pria kelahiran Bandung, 4 Oktober 1971 ini juga dikenal kocak karena sering melemparkan berbagai macam candaan, terutama untuk kawula muda. Gaya berkomunikasi inilah yang kemudian membuatnya menjadi sosok yang harmonis dan memiliki banyak fans, baik dari kalangan masyarakat Bandung maupun luar Bandung.
Tapi mungkin nasib baik sedang tidak berpihak pada Pak Walikota lulusan perguruan tinggi di California ini. Di tengah euforia penutupan ajang Piala Presiden 2017 pada hari Minggu (12/3/2017) yang telah membawa Persib Bandung meraih gelar juara ketiga, Ridwan Kamil justru mendapat hujatan netizen gara-gara memampang foto yang ia unggah ulang dari warganya. Bagaimana kronologinya? Simak ulasan Hipwee di bawah ini ya!

Semua berawal dari foto yang diunggah @andrie_by: seorang gadis cantik Thailand yang mencintai Bandung

Salah satu pengikut Ridwan Kamil di Instagram bernama Andrie rupanya sangat merindukan Bandung. Ia tinggal di Thailand karena pekerjaannya sebagai penyedia layanan wisata untuk orang Indonesia yang ingin berkunjung ke Thailand. IAndre sampai rela memburu seorang gadis cantik Thailand hanya demi mengungkapkan cinta dan kerinduannya pada Bandung. Akun @andrie_by.a meminta gadis cantik yang ternyata artis terkenal di Thailand itu untuk berfoto sambil memegang kertas bertulis, “I Love Bandung” “#BandungJuara”. Pesan ini ditujukan secara khusus untuk Ridwan Kamil.

Gadis cantik itu ternyata adalah seorang artis populer di Thailand dan pernah berkunjung ke Indonesia

Makeup by @oopaoo_makeup Hair by @yokpheno dress by @chirawatt_official photo by @ixnore ❤ Thank you 💝

A post shared by PunPun Sutatta Udomsilp♡ (@punpun_sutatta) on

Advertisement
Namanua Sutatta Udomsilp lebih dikenal dengan nama Punpun Sutatta. Artis cantik ini masih sangat muda. Ia lahir pada 5 Juni 1997, belum genap berusia 20 tahun di tahun ini. Ia populer di Thailand setelah membintangi beberapa serial yang cukup menyita perhatian seperti Hormones The Series dan ThirTEEN Terrors. Punpun juga sempat berkunjung ke Indonesia untuk promosi filmnya lho, judulnya May Who. Ia datang pada tahun 2015 lalu. Kamu nonton filmnya nggak nih?

Sayangnya, Ridwan Kamil justru sempat menyangka si cantik punpun ini ladyboy. Hmm….

Postingan Ridwan Kamil via kapanlagi.com

Berniat lucu-lucuan, Ridwan Kamil mengunggah keterangan bahwa dia khawatir artis cantik yang titip salam untuk dirinya adalah seorang lelaki. Maklum, belum lama ini ramai diperbincangkan seorang DJ seksi yang banyak digandrungi dan berasal dari Thailand ternyata berkelamin laki-laki. Seperti yang kita tahu, ada 18 jenis kelamin di Thailand,  mungkin itu alasan Ridwan Kamil curiga. Tapi apalah daya ketika beliau secara tidak sengaja menyinggung hal yang sensitif, netizen pun bergerak mulai menghujat Sang Walikota.

Reaksi Ridwan Kamil itu pun dikecam, ia dianggap meng-endorse diskriminasi. Berat… berat…

Pernyataan Ridwan Kamil tersebut dianggap tidak pantas dilontarkan seorang sosok pemimpin yang disegani. Kang Emil, sapaan akrabnya, dinilai tidak sensitif pada kelompok LGBT. Apa yang ia ucapkan dengan maksud bercanda dinilai akan mendorong masyarakat untuk semakin melakukan diskriminasi gender. Dan hal ini memang terbukti benar, dalam beberapa komentar di unggahan tersebut kita bisa menemukan komentar yang bernada mengejek dan merendahkan ‘kaum tertentu’.

Tak hanya netizen biasa yang turut kecewa dengan pernyataan Ridwan Kamil. Melansir BBC, @YenniKwok, wartawan untuk Time dan CNN beranggapan bahwa pernyataan tersebut benar-benar salah dari berbagai sudut. Ia menilai unggahan Ridwan Kamil bernada “seksis”, “rasis” dan “transfobia”. Joko Anwar pun sepakat, “Kalau ada orang yang dijadikan panutan meng-endorse diskriminasi, kita semua kalah.” Ditambah lagi pernyataan Ketua Arus Pelangi, organisasi yang memperjuangkan hak-hak kaum LGBT, Yuli Rustinawati yang menyebut sikap Ridwan Kamil itu sangat ironis. Ia berharap Ridwan Kamil memiliki pemikiran yang lebih terbuka, terutama terkait HAM.

Mulutmu harimaumu! Kalau sudah salah ya minta maaf. Kang Emil sangat jantan untuk urusan ini.

Melihat banyak pro kontra dan unggahannya menjadi kontroversial, Ridwan Kamil pun bertindak. Sekitar enam jam setelah ia mengunggah foto tersebut, Kang Emil pun meminta maaf dan mengganti keterangan “…Semoga ia bukan lelaki” dengan “maaf untuk posting sebelumnya, jika multi tafsir.” Semoga urusannya nggak berbuntut panjang ya Kang!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya