Rokok adalah salah satu masalah yang hingga saat ini belum terselesaikan. Permasalahannya terletak pada rasa kecanduan yang dialami oleh para perokok. Mereka sejatinya tahu apa bahayanya rokok bagi diri mereka sendiri dan perokok pasif, namun toh mereka masih tetap merokok karena rasa kecanduan tersebut. kita semua tahu kalau rokok mengandung nikotin. Zat inilah yang membuat perokok merasa ketagihan dan selalu ingin merokok.

Butuh waktu tiga hari untuk menghilangkan nikotin dari dalam tubuh, walau rokok yang diisap hanya satu batang. Nah, bagaimana kalau dalam sehari kamu bisa menghisap lebih dari satu batang rokok? Bagi orang-orang yang peduli pada kesehatannya dan ingin berhenti merokok, hal pertama yang harus dilakukan adalah menghilangkan zat nikotin dari dalam tubuh. Kamu bisa membersihkan nikotin dari dalam tubuh dengan mengkonsumsi berbagai macam makanan dan minuman alami yang bisa ditemukan di sekitar kita dengan mudah. Yuk, simak 6 makanan dan minuman yang bisa membantu paru-parumu terhindar bahaya nikotin!

1. Nggak cuma bisa diolah untuk berbagai makanan, kedelai juga bisa membantu perokok sepertimu

susu kedelai via www.pingminghealth.com

Jangan ditanya apa saja yang bisa diolah menggunakan kedelai. Tempe, tahu, kecap bahkan susu bisa dibuat menggunakan kedelai. Mengkonsumsi kacang kedelai secara rutin nggak cuma bisa menyehatkan pencernaan dan mencegah osteoporosis, lho. Ternyata, kedelai juga bisa membantu paru-paru untuk membersihkan nikotin yang kamu hirup. Kedelai mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai anti peradangan paru-paru.

2. Rajin-rajin untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung Omega 3, biar paru-parumu tetap terjaga

seafood enak via rebloggy.com

Advertisement

Selain kedelai, kamu juga bisa mengkonsumsi berbagai macam makanan yang mengandung omega 3. Seafood misalnya, selain enak dan bisa mengurangi depresi. Seafood juga mampu memperbaiki fungsi paru-paru. Kamu bisa mengkonsumsi teri, salmon, tuna, sarden, udang, dan masih banyak yang lain. Yuk, mulai perbaiki kerja paru-parumu dengan makan makanan laut!

3. Air putih tak kalah bermanfaatnya untuk paru-paru dan hidupmu, lho. Pastikan kamu memenuhi kebutuhan air putih harianmu

air putih via cliparts.co

Air putih memang terkenal bisa membantu tubuh untuk mengeluarkan berbagai macam racun. Minumlah air putih yang banyak, dan racun-racun yang mengendap dalam tubuh bisa ikut mengalir dan kemudian terbuang saat kamu buang air kecil. Selain mampu menjaga kesehatan paru-paru, konsumsi air putih yang cukup juga akan menghindarkanmu dari disfungsi ginjal.

4. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin C dan vitamin E

makanan vitamin c via thecrossfitside.com

Brokoli, jeruk, kiwi, cabe, dan buah beri  adalah 5 dari sekian banyaknya makanan yang mengandung vitamin C. Secara rutin mengkonsumsi makanan serta minuman yang mengandung vitamin C bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Di lain sisi, vitamin E berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Sementara untuk mendapatkan vitamin E, kamu bisa mengkonsumsi makanan seperti kacang almond,  bayam, alpukat, brokoli, pepaya, dan masih banyak lagi.

5. Untuk kamu yang merokok, jangan lupa minum teh hijau ya. Berkhasiat menghilangkan racun dari dalam tubuh

teh hijau via www.lensaremaja.com

Buat kamu yang nggak merokok tapi sering kumpul sma perokok aktif, sangat disarankan untuk minum teh hijau. Teh hijau mengandung antioksidan yang bisa digunakan sebagai penghilang racun dalam tubuh. Tentu saja teh hijau juga sangat bagus bagi perokok aktif dan terutama mereka yang ingin berhenti merokok. Teh hijau mampu menghilangkan nikotin dari dalam tubuh kita dalam waktu yang cukup cepat.

6. Selain vitamin C dan vitamin E, kamu juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang menghasilkan vitamin A

vitamin A via healthyfoodsecret.com

Menghirup asap rokok bisa membuat kamu kehilangan vitamin A, dan ini bahaya. Kenapa? Karena vitamin A juga bertugas sebagai pelindung paru-paru dari infeksi. Dan jika kamu kehilangan vitamin A, itu bisa memicu penyakit kanker. Nah, kamu bisa menambah pasokan vitamin A dalam tubuhmu dengan makan makanan seperti wortel, cabai merah, bayam, tomat, apel, buah naga, pisang, dan berbagai macam makanan alami lainnya.

Memang banyak makanan dan minuman alami yang bisa membantu paru-paru untuk menetralisir nikotin dari dalam tubuh. Tapi, bukan berarti kamu bisa bebas dan seenaknya merokok. Rutin makan dan minum minuman yang dianjurkan di atas, dan jangan lupa dibarengi dengan usaha untuk mengurangi rokok sedikit demi sedikit tiap harinya. Karena tak hanya perasaan yang perlu kamu jaga, tubuh pun baiknya jangan sampai lupa dijaga. 😀

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya