Makin sini, cara supaya banyak orang taat aturan makin unik saja. Kayak momen mudik kemarin, misalnya. Bisa kita saksikan sendiri, berbagai banner himbauan unik terpampang di banyak titik di jalur mudik.

Namun siapa sangka kalau cerita lebih ekstrim malah datang dari Rusia. Sebuah ide unik diluncurkan dalam rangka kampanye keselamatan berkendara. Tujuannya, biar para pengemudi nggak ngebut di jalan dan berkendara sesuai  batas maksimal aturan.

Sejumlah cewek dikirim ke jalan-jalan yang rawan kecelakaan dan ditugaskan untuk berdiri sembari menunjukkan batas kecepatan

Biar nggak ngebut

Biar nggak ngebut via www.nunik.harianbernas.com

Advertisement

Keadaan mereka setengah telanjang — lebih tepatnya topless. Kakinya dibalut sepatu bot tinggi, plus celana dalam yang seksi.

Di sebuah titik jalan si daerah Severny, Pulau Novaya Zemlya, metode ini dilakukan ketika dalam pantauan Mirror. Dua orang cewek menjadi model dan bertugas untuk mengingatkan para pengendara soal kecepatan maksimal kendaraanya.

Meskipun pendekatan tersebut dianggap kontroversial, tapi nggak sedikit komentar positif dari para pengguna jalan. Mereka menganggap dua cewek tersebut berhasil membuat pengendara jadi ingat aturan, dan para pejalan kaki diuntungkan dengan keadaan tersebut.

Advertisement

Gagasan untuk menggunakan cara kontroversi tersebut sejatinya telah dicanangkan sejak 2013, tapi baru kali ini kembali dihidupkan setelah pemerintah Rusia mau nggak mau menerima data angka kematian kecelakaan. Bayangkan, telah terjadi 30.000 kematian yang diakibatkan kecelakaan di jalan.

Keberhasilan tersebut dibuktikan dengan tak ada laporan mengenai kecelakaan. Kebanyakan pengendara pun jadi taat aturan

dfsfdf

Kedua model mencoba mendistraksi biar lebih pelan via www.mirror.co.uk

Dalam sebuah laporan yang dihimpun Mirror, kebanyakan pengemudi di sana nggak ragu untuk ngebut ketika berkendara. Dan mayoritas dari mereka adalah cowok. Berkat metode menggunakan dua cewek tersebut, para pengendara kemudian memperlambat laju kendaraan sembari memperlihatkan kekagumannya. Dua cewek yang menjadi model, masing-masing memegang tanda peringatan batas kecepatan 40 dan 60 kilometer per jam.

Salah satu model yang menjadi petugas di pinggir jalan pun ikut bicara. Dia berkata, “Para pengguna jalan biasanya nggak memperlambat kecepatan mereka ketika melewati sebuah desa jika rambunya biasa-biasa. Jadi, itu jadi tugas kami untuk membuat mereka taat aturan.”

Kehebatan metode tersebut pun diakui para pengendara. Seperti yang diungkapkan salah satu pengendara. Dia berkata, “Itu luar biasa. Sungguh menakjubkan.”

“Saya ingin melihat lebih banyak lagi di banyak jalan sehingga aku bisa lebih melihat tanda batas kecepatan maksimal tersebut. Itu pasti akan mempermudah pengemudi lain juga untuk menaati aturan,” tambahnya.

Banyak yang diuntungkan oleh metode tersebut. Pihak kepolisian pun ikut mendukung dan akan mencoba membuatnya lebih baik (sopan)

sadsa

Kecepatan maksimalnya segitu via www.mirror.co.uk

Seorang pejalan kaki yang sudah tua berterima kasih atas metode yang unik tersebut. Ia bahkan mengklaim cewek-cewek tersebut selalu menyelamatkan hidup mereka ketika hendak menyeberang jalan. “Biasanya, para pengendara mobil nggak mengizinkan kita untuk menyebrang.  Beberapa di antaranya memang baik, tapi kebanyakan brengsek. Bahkan beberapa dari mereka malah memarahi pejalan kaki. Gila ‘kan?”

Kepala kepolisian setempat, Igor Mikhailushkin, ikut mengorganisir pengaplikasian metode tersebut. Namun, ia ingin cewek yang dijadikan model, bisa mengenakan pakaian yang setidaknya lebih sopan daripada telanjang dada. “Dari tahun lalu, kami mencoba untuk membuat pengendara mematuhi batas kecepatan. Tapi, saya harus mengatakan bahwa cewek-cewek yang jadi model tersebut bisa berpakaian lebih baik lagi,” kata Mikhailushkin.

Angka kecelakaan yang teradi di Rusia dinilai sebagai salah satu paling parah di dunia. Belum lama ini bahkan polisi merilis sebuah video yang menunjukan kecelakaan motor yang menabrak anak-anak saat hendak menyebrang jalan. Dan tampaknya pemerintah Rusia harus segera memakai metode model cewek untuk mengurangi angka kecelakaan.

Ya, kita tahu sendiri, nggak ada cowok yang nggak tertarik terhadap cewek telanjang. Biarpun dia adalah orang gila, kalau dia telanjang, setiap mata pasti akan menuju pada dirinya. Beberapa pihak bahkan mengklaim cara tersebut bisa menjadi cara terbaik untuk mengurangi laju kendaraan yang nantinya berdampak pada turunnya angka kecelakaan.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya