Saat sepasang kekasih ingin menikah banyak orang yang mengira hanya calon pengantin perempuannya saja yang akan ribet mengurus segala persiapan pernikahan. Mungkin karena acara besar di gelar di rumah mempelai wanita sehingga cowok hanya dianggap “ngikut” aja. Padahal sebenarnya cowok juga butuh banyak persiapan untuk melangsungkan sebuah pernikahan. Mungkin list-nya lebih sedikit dari para cewek, tapi semua yang dilakukan cowok bebannya lebih berat dan menantang. Apa saja?

1. Yang pertama meski bukan utama tentu mengumpulkan uang, karena bagaimanapun pernikahan akan menghabiskan banyak dana

Abang kerja dulu buat ngumpulin duit ya dek :”) via carriermanagement.com

Biaya pernikahan sekarang semakin menggila, hampir tidak mungkin berada di bawah angka puluhan juta. Jumlah uang yang tidak sedikit itu harus didapatkan oleh para cowok dengan kerja keras banting tulang siang dan malam. Ini tentu bukan perkara gampang!

Terkadang cewek lupa dan hanya terfokus pada impiannya sendiri. Memang benar menikah adalah salah satu impian terbesar cewek, namun ya jangan sampai lupa bahwa cowok melakukan usaha yang begitu besar pula untuk bisa menikah, jangan lupakan usaha mereka.

2. Cowok juga dituntut untuk pandai berkomunikasi karena menikah adalah saatnya “membeli” dan mengambil hati

Permisi Pak, saya mau minang anak Bapak, boleh? via newscult.com

Advertisement

Akan ada banyak proses dari serangkaian pernikahan yang mengharuskan para cowok untuk pandai berkomunikasi. Pertama di tahap perkenalan dengan keluarga, si cowok dituntut harus bisa mengambil hati calon mertua sebelum diijinkan “membeli” anaknya. Setelah itu masih harus ada lamaran resmi dan akad nikah. PR juga kan ini?

Selain prosesnya biasanya cukup panjang, proses ini juga cukup ribet. Cewek harus sadar dengan kerumitan ini dan membantu si cowok sebisa mungkin.

3. Menyiapkan mahar dan seserahan bukan perkara yang bisa asal-asalan. Dana, tenaga, dan pikiran harus cowok curahkan

Mau seserahan apa Dek? via enambelasnovember.blogspot.com

Mahar dan seserahan tidak murah dan makna pemberian itu pun tak sederhana. Cowok harus benar-benar memikirkan bagaimana pantasnya dan membuat persetujuan dengan kedua belah pihak keluarga. Kelihatannya sih gampang tinggal pesan yang sudah jadi pun ada, tapi proses dibalik semua itu tak pernah semudah kelihatannya.

Selain harus ada dana yang tidak kecil. proses mencari barang yang diinginkan oleh pasangan juga bukan perkara mudah bagi cowok. Sejatinya hal ini adalah ritual yang kontekstual, tergantung pihak cewek mintanya gimana. So, jangan minta yang banyak-banyak ya girls! 😀

4. Akad nikah tuntas, urusan cowok belum lunas. Masih ada bulan madu paling romantis yang harus disiapkan oleh cowok dengan manis

Bulan madi kesini mau? via noiphuketphotographer.blogspot.com

Yang ini jangan sampai lupa disiapin jauh-jauh hari sih. Nggak mungkin kan kamu baru menyiapkannya setelah akad nikah selesai. Persiapan bulan madu dari jauh-jauh hari belum akan tuntas setelah akad selesai. Setelah akad kamu pasti masih akan tetap sibuk mengurus persiapannya.

5. Cowok juga harus mempersiapan berbagai macam dokumen dan serangkaian tes sebelum resmi jadi pasangan suami istri

Ini nih alurnya, hafalin ya! via satukancinta.com

Menikah itu nggak cuma akad doang lho ya, kalau akad doang namanya kawin siri. Ada hukum yang harus kamu patuhi di negara ini, termasuk untuk urusan  pernikahan. Berbagai macam dokumen harus kamu siapkan dan kamu pun harus siap untuk tes kesehatan. Mulai siapin deh dari sekarang kalau berencana menikah tahun depan!

6. Jangan sampai bingung setelah resmi menikah mau tinggal dimana, rumah idaman harus sudah kamu siapkan sebelum akad diucapkan

Meski ngontrak, yang penting kita bersama via realestatebyjulian.com

Sebelum menikah kamu harus sudah membuat kesepakatan mau tinggal di mana nanti setelah menikah. Apakah mau tinggal di rumah  orang tua, mertua, rumah sendiri, atau menyewa terlebih dulu. Apapun keputusanmu dengan pasangan, semuanya harus kamu persiapkan matang sejak jauh-jauh hari. Terutama biayanya kalau kamu ingin membeli atau menyewa tempat tinggalnya.

7. Semua jadi makin repot kalau cowok harus mengurus pacarnya yang tiba-tiba jadi sensitif sebelum menikah

Jangan stres sayang! via bustle.com

Yah, namanya juga cewek, apa-apa dipikirin, apa-apa dimasukin hati, jadinya makin sensitif menghadapi tekanan persiapan pernikahan. Kamu sebagai calon imamnya punya tanggungjawab untuk menenangkannya. Kalau kamu tak bisa mengatasinya bukan tidak mungkin hubungan kalian akan semakin keruh. Orang bilang sih halangan dan tantangan terbesar justru datang saat sudah semakin dekat dengan pernikahan.

8. Meski sudah punya tanggungjawab sendiri yang cukup berat, cowok masih harus membantu urusan detail lainnya juga

Urusan lain juga masih harus ikut nyiapin via vogue.com

Acara yang dipersiapkan di kediaman calon pengantin perempuan pun pihak cowok tetap harus ikut andil. Cowok harus mau bersama-sama menyiapkan acara dan menyukseskannya, jadi nggak angkat tangan gitu aja. Sama ribetnya dengan cewek, cowok pun harus menyebar undangan, fitting baju, memilih tamu, dan rangkaian persiapan pernikahan lainnya.

Gimana, sudah siap semua dari 8 poin tadi? Kalua sudah segeralah menikah!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya