Konon katanya, bir berperan besar dalam pembentukan perut buncit (beer belly) yang selalu dihindari siapa saja. Udah tahu nggak pengen punya perut buncit, tapi nggak mau mengurangi hasrat untuk menenggak bir! Sialnya lagi adalah social drinker pun bisa terkena dampak beer belly. Kaos yang tadinya kedodoran, jadi sempit minta ampun. Celana jeans yang tadinya pas di pinggang, jadi kekecilan.

Tapi, apakah benar bahwa bir adalah satu-satunya penyebab perut buncit? Apakah tidak ada cara bagi orang yang memang doyan bir untuk menghindari perut buncit? Pertanyaan-pertanyaan macam itu pastinya pernah ditanyakan mayoritas orang yang ngerti tentang permasalahan ini. Kali ini Hipwee akan mencoba memberikan pemahaman tentang masalah tersebut Disimak ya!

Nggak cuma peminum bir (aktif) aja yang bisa terkena dampak perut buncit. Social drinker atau peminum pasif juga bisa!

Karena nggak segan buat nolak tawaran. via www.cheatsheet.com

Dalam sejarahnya, bir digunakan sebagai obat atau penyembuh luka. Beberapa bahan yang terkandung dalam bir, seperti air, gandum, ragi, tanaman hops, dan sebagainya, ternyata yang dapat menyebabkan perut membengkak. Nah, ternyata peminum bir pasif atau yang dikenal sebagai social drinker itulah yang terancam terkena beer belly. Sama halnya dengan perokok pasif. Karena dia merasa minum cuma dikit, dan itu nggak akan berdampak separah para peminum aktif. Padahal, justru hal yang sedikit-sedikit itulah yang bisa menyebabkan perut membuncit.

Bukan mengusulkan untuk menjadi peminum aktif, tapi ini justru adalah ajakan untuk tidak mencoba sama sekali karena yang merasa minum sedikit itu justru yang bakal lebih dulu buncit perutnya.

Cobalah untuk menyisipkan segelas air putih di antara kegiatanmu mengangkat gelas bir. Sekali bir, sekali air putih

Advertisement

Air putihnya mana, Mz? via www.rantchic.com

Kita telah sepakat bahwa air putih emang memiliki berjuta manfaat yang baik untuk kesehatan. Nah, ternyata air putih juga bisa menyelamatkanmu dari perut buncit akibat bir. Caranya adalah dengan meminum segelas air putih setelah menenggak segelas bir. Lakukanlah berulang kali setiap kamu menenggak bir. Selain bisa mengontrol metabolisme tubuh, air putih ini juga bisa bikin kamu begah alias kenyang. Dengan begitu kamu tanpa sadar akan mengurangi porsi bir. Simpel, ‘kan?

Jika memang pengen minum Makan makanan sehat dan mengenyangkan. Kadar makanan ini akan menyelamatkanmu dari beer belly

Makanan sehat. via www.bodybuilding.com

Sebelum kamu memutuskan untuk pergi minum-minum, coba deh isi perutmu dengan makanan yang menyehatkan dan kenyang. Seperti daging yang tanpa lemak dan sayuran yang bernutrisi. Yang penting sehat dan mengenyangkan. Pernah, ‘kan, merasa mual setelah minum bir tanpa mengonsumsi makanan terlebih dulu? Ya, karena perutmu kosong dan organ pencernaanmu nggak bisa bekerja dengan baik, selain membakar kalori yang terkandung dalam bir. Hal ini sama aja dengan kamu memaksakan ginjal dan hatimu bekerja keras untuk memproses alkohol dari sistem metabolism tubuhmu.

Konon, makan setelah minum bir dapat mengembangkan perut. Jadi, baiknya makan sebelum ngebir. Biar aman!

Jangan biarkan keripik dan sosis menjadi teman setia dalam tongkronganmu jika kamu memang ingin minum bir

Dorongannya, Coy. Menang banyak~ via klogkost.dk

Nah, ini yang menjadi kesalahan terbesar bagi kamu yang suka ngebir dengan berbagai dorongan. Ternyata, jangan pernah menjadikan makanan-makanan berkalori tinggi ataupun junk food. Ya, bir aja udah banyak kalorinya, apalagi ditambah dengan makanan seperti keju, daging berlemak, keripik asin, keju, telur, permen, sosis, burger, dan kawan-kawannya. Gorengan apalagi!

Menurut Michael Jensen, MD, ahli endokrin dan peneliti obesitas dari Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, yang membuat peminum bir mengalami peningkatan ukuran pinggang adalah karena hati akan mengubah kandungan alkohol yang ada dalam bir menjadi lemak untuk menjaga orang yang meminum dari rasa mabuk. Dengan logika itu, tentu saja akan sangat “mematikan” jika kamu minum bir sambil ngemil makanan yang sangat berlemak.

Cara paling mudah menyelamatkanmu dari ancaman beer belly adalah dengan rutin berolah raga. Kurangi bir, banyakin jongging

Tetap sixpack meski ngebir ~ via www.primeirahora.com

Cara paling mudah dan sederhana buat kamu yang pengen terhindar dari perut buncit akibat bir adalah dengan melakukan olahraga. Cobalah untuk mengubah pola hidup dan pola makan. Dengan asupan nutrisi dan protein serta olahraga yang cukup, akan membantumu keluar dari ancaman beer belly. Nah, kalau bisa dikurangi juga porsi dan intensitasmu menenggak bir.

Ya, itulah beberapa hal yang bisa kamu terapkan untuk menjaga perutmu agar terbebas dari dampak alkohol atau beer belly. Kalau mau nggak buncit sama sekali, banyakin olahraga dan makanan yang sehat. Hilangkan kebiasaan ngebir. Sanggup?

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!