Daftar 15 Karya Musik Indonesia yang Rilis Sepanjang Desember 2020

Lagu terbaru Indonesia Desember 2020

Tahun baru 2021 sudah di depan mata. Semua orang di dunia bersiap menyambutnya dengan optimisme yang kurang lebih sama, meski perayaannya tak akan sama: semoga tahun depan menghadirkan lebih banyak hal-hal baik, pandemi segera teratasi agar rencana yang tertunda bisa ditunaikan, dan berkumpul bersama keluarga bisa terlaksana.

Advertisement

Nah, untuk menyemarakkan momentum pergantian tahun yang kali ini harus dirayakan dari rumah aja, Hipwee sudah merangkum 15 karya musik Indonesia yang rilis di penghujung tahun 2020. Siapa tahu bisa jadi teman beraktivitasmu selama libur akhir tahun, nih.

1. Andien – Anaku Sayang (Single)

Tepat pada perayaan Hari Ibu yang jatuh tanggal 22 Desember, Andien meluncurkan single anyar berjudul Anaku Sayang. Dalam keterangan resminya, ibu dari dua anak ini mengatakan inspirasi dari lagu tersebut datang dari anak keduanya yang bernama Anaku Tarisma Jingga. Kendati demikian, dalam perjalanan menyanyikannya Andien merasa lagu ini mampu mewakili perasaan para ibu.

2. Ardhito Pramono – New Year’s Eve (Single)

Solois Ardhito Pramono menutup tahun 2020 dengan mempersembahkan single berjudul New Year’s Eve, yang merupakan refleksinya atas segala perjalanan di tahun ini sekaligus resolusi untuk tahun mendatang. Dalam keterangannya, Ardhito mengatakan lagu ini ia ciptakan beberapa tahun lalu, terinspirasi dari pengalamannya merayakan tahun baru sendirian dengan hanya menonton hiburan di televisi.

Advertisement

3. Bondan Prakoso – Sama Rapuhnya (Single)

Bondan Prakoso yang sempat merajai tangga lagu seluruh warnet di Indonesia era 2000-an baru saja meluncurkan single anyar berjudul Sama Rapuhnya. Dalam keterangannya, Bondan mengatakan lagu yang ditulis dengan lirik penuh semangat ini ia tujukan untuk teman-teman disabilitas, sekaligus untuk menyampaikan pesan agar setiap orang bisa saling menerima orang lain.

4. Dialog Dini Hari – Payung Hitam (Single)

Trio folk asal Pulau Dewata, Dialog Dini Hari meluncurkan single Payung Hitam bertepatan dengan peringatan Hari HAM Sedunia 10 Desember lalu. Penggawa Dialog Dini Hari, Dadang SH Pranoto menuturkan lagu ini mereka tulis dan sengaja diluncurkan pada peringatan HAM sedunia untuk mengingatkan kembali bahwa masih banyak pelanggaran HAM yang nggak kunjung diselesaikan Presiden Jokowi.

5. Fiersa Besari – 20:20 (Album)

Setelah menyicil single demi single di bulan-bulan sebelumnya, solois Fiersa Besari akhirnya meluncurkan album penuh bertajuk 20:20 pada tanggal 20 Desember lalu. Album ini merupakan album keempat setelah album terakhir bertajuk Konspirasi Alam Semesta rilis tahun 2015 silam. Memuat 16 lagu dengan kombinasi empat lagu baru dan 12 lagu lama yang digubah ulang, Fiersa turut menggandeng beberapa musisi dalam album ini.

6. Kunto Aji & Nadin Amizah – Selaras (Single)

Kunto Aji dan Nadin Amizah menutup tahun 2020 dengan kemerduan single Selaras. Lagu ini cukup merefleksikan perasaan kebanyakan banyak orang di tahun 2020, karena mengusung kisah tentang rasa kehilangan atau perasaan ketika dihadapkan dengan kondisi nggak mengenakkan.

7. NonaRia – Sampul Surat Nonaria: Sebuah Persembahan Untuk Ismail Marzuki (Album)

Merayakan Ismail Marzuki, NonaRia meluncurkan album penuh bertajuk Sampul Surat Nonaria. Dalam album tribute ini, trio NonaRia mengusung sepuluh lagu karya Ismail Marzuki yang digubah sesuai dengan interpretasi dan corak musik NonaRia. Sebelumnya, tiap lagu yang mereka rekam secara live ini telah didistribusikan secara bertahap melalui kanal streaming.

8. Nosstress – Terima Kasih (Single)

Melanjutkan semangat dari dua single terdahulu berjudul Saling Bantu dan Yang Kita Semua Rindu, Nosstress meluncurkan single terbaru berjudul Terima Kasih di penghujung 2020. Lagu ini bisa jadi refleksi kehidupan kita selama pandemi melanda, seperti tertuang dalam cuplikan liriknya: “Terima kasih ‘tuk semua kawan. Semoga kita bisa berjumpa lagi”.

9. Oscar Lolang – Ode Untuk Mami-Mami (Single)

Setelah sempat mengunggahnya ke platform Soundcloud beberapa tahun silam, Oscar Lolang menggubah ulang lagu ciptaannya yang berjudul Ode Untuk Mami-Mami dengan sentuhan yang tetap sederhana. Oscar mengungkapkan lagu yang ia luncurkan pada momentum Hari Ibu ini ia dedikasikan untuk sang ibu, sebagaimana tercermin dari judulnya.

10. Pusakata – Doa Pagi Ini (Single)

Jebolan grup musik Payung Teduh, Pusakata meluncurkan single Doa Pagi Ini sebagai gerbang kepada album keduanya sebagai solois, Mesin Waktu 2020. Dalam keterangannya, musisi yang akarab disapa Is ini mengatakan mengusung tiga elemen penting dalam single tersebut. Mencakup doa sebagai yang selalu dipanjatkan manusia, rumah sebagai tempat pulang, dan sepatu sebagai gambaran kecil dari mimpi seorang anak.

11. RAN – Orang Yang Paling Kubenci (Single)

RAN menutup tahun 2020 dengan single Orang Yang Paling Kubenci. Dalam keterangan resminya, RAN mengatakan lagu ini merupakan lagu cinta yang bisa jadi soundtrack percintaan banyak orang. Liriknya sendiri bercerita tentang jatuh cinta kepada orang yang sangat jauh dari ekspektasi, yang kadang membuat kita jadi cenderung membencinya. Kamu pernah di kondisi ini, nggak?

12. Rebelsuns – Over Again (Single)

Sajian pop disco dalam single Over Again dari grup Rebelsuns bisa jadi pilihan ciamik di malam pergantian tahun baru. Lagu ini bercerita tentang pasangan dengan chemistry sempurna tapi nggak punya status hubungan yang jelas. Kayak pacaran tapi enggak, gitu. Dalam keterangannya, vokalis Dai Ramadhani berharap lagu ini bisa jadi teman setiap orang di malam tahun baru nanti.

13. Rizky Febian – Ku Rindu Ibu (Single)

Solois Rizky Febian meluncurkan single Ku Rindu Ibu bertepatan dengan momentum Hari Ibu. Rizky mempersembahkan lagu ini untuk mengenang sang ibu yang telah meninggal dunia beberapa bulan lalu. Dalam keterangannya, Rizky mengatakan pencapaian karirnya selama ini nggak lepas dari doa sang ibu.

14. Sind3ntosca – Jengkol of My Eyes (Single)

Sind3ntosca yang juga sempat menduduki tangga lagu favorit warnet seluruh Indonesia dengan single Kepompong baru saja meluncurkan single anyar bertajuk Jengkol of My Eyes. Nggak sekomikal judulnya, single ini cukup catchy dengan lirik berbahasa Inggris yang bercerita tentang seseorang yang dikagumi ibarat jengkol. Absurd, sih. Tapi enak, kok. Dengerin aja~

15. Sisitipsi – Anak Papi (Single)

Buat kamu yang ingin dansa-dansi tipis-tipis, lagu Anak Papi dari Sisitipsi ini bisa disimak. Secara lirik, lagu ini berkisah tentang kehidupan malam pemuda ibu kota yang doyan mampir ke Senoparty naik mobil mewah pembelian papi.

Nah, itu dia 15 karya musik Indonesia pilihan Hipwee yang hadir di penghujung tahun 2020. Ada yang sudah kamu dengarkan dan jadi favorit?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE