Dunia hiburan memang tak selamanya menjanjikan, ada kalanya para artis harus berada di posisi terbawah alias tidak laku lagi. Karena itu kita bisa lihat sekarang kalau para artis juga sibuk beraktivitas di bidang lain untuk menyambung hidup sembari mempersiapkan kariernya setelah tidak lagi populer.
Beberapa artis berhasil bertahan menghadapi dunia pasca-keartisan, sebagian lainnya mengalami kerugian besar hingga harus hidup tidak berkecukupan di sisa hidupnya. Tapi tidak bagi artis-artis ini, mereka justru makin kaya setelah karier keartisannya berhenti atau dikurangi intensitasnya. Sebagian karena menikah dengan pengusaha kaya, sebagian lainnya karena bisnis yang mereka bangun dari nol dan berhasil berkembang dengan baik. Siapa saja mereka?

1. Masih ingat si jin cantik di sinetron Jinny Oh Jinny? Dia adalah Diana Pungky yang kini sudah jadi sosialita tajir berkat bisnisnya

Diana Pungky via youtube.com

Artis kelahiran Jakarta 12 Maret 1974 (42 tahun) ini sudah tidak aktif di dunia hiburan sejak tahun 1996. Jadi 10 tahun sudah perjalanan jin cantik dan boneka poppy ini menggeluti dunia lain selain hiburan.  Pada 28 Januari 2005, artis populer tahun 90-an ini menikah dengan pengusaha kaya, Dedey Mulyawan Risyad. Sejak saat itu pula ia menyatakan mundur dari dunia hiburan dengan menolak semua tawaran sinetron.
Kini ia disibukkan dengan bisnis spa dan kecantikan (Andaru Spa) yang dibangun bersama dua temannya, Annie Savitri dan Levita Aginting Supit. Usahanya ini terletak di daerah Mampang Prapatan dan juga membuka cabang di Cirebon. Kekayaan Diana Pungky bisa dilihat dari barang-barang brand mewah yang dipakainya seperti tas Hermes.

2. Mulai mengurangi kegiatan syutingnya, Shandy Aulia membuktikan kalau dia bisa sukses dengan bisnis fashion-nya

Advertisement

Shandy Aulia via youtube.com

Pemeran Tita dalam film Eiffel I’m In Love dan beberapa film bergenre horor ini menikah dengan pengusaha kaya juga, David Herbowo pada tahun 2011. Sejak itu artis kelahiran 23 Juni 1987 ini sudah tidak lagi seaktif dulu. Ia justru lebih memilih mengembangkan passion barunya di bidang fashion.
Shandy membuka usaha konveksi dan menamai clothing line-nya dengan nama SA Collections. Baju-baju seharga 1 juta ke atas yang diperuntukkan untuk kalangan menengah ke atas ini sudah dibangun sejak tahun 2006. Kini ia meluncurkan baju pengantin dan S A Yours yang harganya kisaran 400-500 ribu rupiah untuk kalangan menengah ke bawah. Shandy membuktikan bahwa ia bisa memperoleh banyak uang bukan hanya karena ia istri pengusaha kaya, dari semula hanya punya 2 penjahit  kini Shandy sudah memiliki 70 penjahit.
“Prinsip saya dalam berbisnis itu simpel: orang yang pakai baju saya cantik tiap hari nggak berlebihan.”

3. Meski Nia Ramadhani tak terlihat mengembangkan bisnisnya sendiri, tapi kekayaan Nia usai tak jadi artis nggak diragukan lagi

Nia Ramadhani via duniaterbaru.com

Nia bermain sinetron sejak kecil dan namanya melambung tinggi berkat sinetron Bawang Merah Bawang Putih. Pada tahun 2010 ia memutuskan menikah muda dengan anak pengusaha ternama yang juga seorang pengusaha yaitu Ardiansyah Bakrie. Nia pernah sempat mencoba kembali ke dunia hiburan, tapi ternyata itu semua tak membuatnya nyaman.

Istri direktur TV One ini kini lebih banyak melakukan aktivitas sosial dan mendukung suaminya dalam berbisnis serta berfokus mengurus anak-anaknya sebagai ibu rumah tangga. Meski begitu kita tidak bisa menafikan berapa kekayaan Nia sekarang ketika melihat bisnis suami dan keluarganya ‘kan?

4. Namanya sudah jarang sekali terdengar, Ratna Galih mantan pacar Raffi Ahmad kini sangat fokus ke bisnis yang membuatnya jauh lebih kaya

Ratna Galih via clear.co.id

Mantan Raffi Ahmad kelahiran 17 Maret 1988 ini juga menikah dengan pengusaha kaya, Muhammad Sawkani Jamhuri, di Mekkah. Ia memutuskan untuk tidak lagi terjun di dunia hiburan dan menjalani berbagai macam bisnis. Beberapa bisnis yang ia kembangkan antara lain adalah fashion (denim), advertising, dan warnet untuk game online. Selain itu Ratna juga mengembangkan usaha untuk menyuplai alat-alat pendidikan. Nggak heran kalau dia makin kaya sih dengan bisnis sebanyak itu.

5. Pernah dinobatkan jadi salah satu artis terkaya tahun 2008, Anjasmara memilih untuk tidak lagi menjadi artis dan fokus di belakang layar

Anjasmara via mulpix.com

Berdasarkan ulasan yang ditulis oleh Majalah Globe pada tahun 2008, Anjasmara adalah salah satu artis terkaya Indonesia dengan jumlah kekayaan mencapai kurang lebih 20 miliar rupiah. Pria tampan kelahiran 13 November 1975 ini awalnya berkarier sebagai model dan berlanjut menjadi bintang sinetron papan atas.
Usai tidak lagi populer, Anjasmara membangun bisnis travel, event organizer, dan juga menjadi distributor barang elektronik. Pada tahun 2014, suami Dian Nitami ini juga sempat menjadi Head of Division di MNC Pictures pada bagian serial komedi dan sinetron. Sekarang Anjasmara masih sekaya itu nggak ya?
Sebenarnya nggak cuma artis sih yang harus menyiapkan beberapa alternatif sumber penghasilan di masa depan, kamu pun sama. Pekerjaan kamu yang sekarang belum tentu masih bisa diandalkan di masa depan, karena itu kamu harus tetap berusaha mengembangkan dirimu untuk mendapatkan hal-hal yang lebih baik lagi. Mungkin bisa dari hobi atau apapun yang membuatmu nyaman tapi bisa menghasilkan uang.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya