Selain Viennetta, 10 Es Jadul ini Nggak Kalah Dirindukan Anak 90-an. Harganya Lebih Merakyat :D

Es krim jadul

Warganet baru saja dikejutkan dengan kembalinya es krim bernama Viennetta. Es krim ini boleh dibilang legendaris sebab dulu di tahun 90-an sempat jadi idaman anak-anak. Sayangnya dulu hanya segelintir orang saja yang bisa menikmatinya, utamanya mereka yang ekonomi keluarganya berlebih.

Advertisement

Masa lalu kita memang nggak bisa dipisahkan dari jajanan es. Nggak cuma es krim Viennetta, banyak juga es lain menggoda lidah kita untuk bernostalgia. Deretan es yang boleh dibilang tradisional karena banyak abang-abang keliling yang menjualnya. Apa sajakah es itu? Cekidot!

1. Bagi mereka yang uang jajannya pas-pasan, es dungdung lebih terkenang dalam sanubari. Kalau punya duit lebih wadahnya pilih pakai roti

Ada juga yang bilang ini es gong karena jualannya pakai gong. via twitter.com

2. Selepas main bola paling enak minum es lilin. Capek dan panas seketika hilang kalau udah ngeyot es ini

Yang ini lebih terjangkau. via brilicious.brilio.net

Advertisement

3. Bukan cuma karena rasa, anak kecil memilih es juga dipengaruhi oleh tampilannya yang lucu. Masih ingat es gabus pelangi?

Rasanya kayak gabus. via doyanresep.com

4. Ngomongin soal es pelangi, ada juga yang dibikin dari dari es diserut. Makannya pakai tangkai mirip seperti ngemut permen lollipop

Es serut pelangi. via www.twipu.com

5. Secara konsep aja es goreng udah unik, nggak heran kalau anak-anak pada penasaran pengin beli. Padahal cokelatnya bikin tenggorokan gatel πŸ˜€

Es goreng. via twitter.com

Advertisement

6. Es pisang juga gitu, meski cokelatnya kadang bikin tenggorokan gatel, tapi tetep aja banyak yang beli. Habis rasanya enak sih, murah lagi~

Es pisang cokelat. via cookpad.com

6. Banyaknya varian di dalam es doger bikin rasanya jadi unik. Ada ketan, bubur merah, dan roti yang bikin teksturnya unik

Es doger. via mesinparutkelapa.id

7. Dibanding es krim Viennetta, anak kecil di desa lebih familiar sama es mambo. Kurang kreatif apalagi coba orang Indonesia, kacang ijo dijadiin es~

Es kacang ijo. via doyanresep.com

8. Kalau ini namanya es potong. Ukurannya tergantung kamu beli berapa. Kalau yang beli emak, esnya langsung dibagi dua buat adik atau kakak

Mirip sama es goreng. via food.detik.com

9. Orang Betawi pasti kangen banget sama es ini. Cara penyajiannya digoyang-goyang dulu sama abangnya πŸ˜€

Digoyang, Bang. via www.piknikdong.com

10. Sebelum ada es kiko yang bisa dipotek, es wawan terkenal duluan. Seringnya beli patungan, karena satu bisa buat barengan

Es potek. via www.tokopedia.com

Dibanding es krim Viennetta, 10 es tradisional di atas agaknya lebih ngangenin. Es-es itu kini cuma bisa kita temui di tempat-tempat tertentu. Pamornya kalah sama es krim pabrikan. Btw, mana yang paling kamu suka?

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

CLOSE