Jadwal Rutin Penjual Makanan Keliling yang Biasa Lewat Depan Rumah. Buat Sobat Mager, Catat nih!

Jadwal keliling pedagang makanan

Nggak dimungkiri lagi, perkembangan teknologi telah memudahkan segala hal. Dari mulai komunikasi hingga pesan-antar makanan. Kamu pernah, kan, pesan makanan lewat aplikasi ponsel dan merasa dimudahkan? Tapi sadar nggak, jauh sebelum perkembangan teknologi dan aplikasi muncul, orang Indonesia telah dimudahkan dalam urusan makanan lo.

Advertisement

Coba kamu ingat keberadaan para pedagang makanan keliling. Layanan yang mereka berikan telah memudahkan ibu-ibu membeli roti dan susu di pagi hari, menghidangkan makan siang, hingga makan malam kalau lagi kelesa alias mager. Yup, sepanjang hari dari pagi hingga malam akan ada saja pedagang makanan keliling. Yang kamu butuhkan cuma nunggu dan tentunya uang. Nah, sebagai bagian dari kearifan lokal yang hanya dimiliki Indonesia, berikut Hipwee Hiburan rangkum jenis makanan yang populer dijual secara berkeliling berdasarkan jadwal edarnya. Simak!

1. Pedagang roti yang mulai berkeliling selepas subuh

pedagang roti keliling via ayuningdiahtantri.blogspot.com

Untuk kamu yang biasanya sarapan ringan, pasti udah nggak asing dengan menu roti. Biasanya berteman segelas susu atau secangkir teh hangat. Nah, pedagang roti sudah bisa kamu jumpai sejak selepas subuh. Mereka umumnya berkeliling menggunakan sepeda atau gerobak dengan bunyi terompet yang khas.

Dengan tanpa tagline “fresh from the oven”, mereka menawarkan pelbagai roti mulai dari yang tawar, isi cokelat, isi keju. Favorit kamu yang mana nih?

Advertisement

2. Bubur ayam yang cara makannya penuh perdebatan ini juga populer di pagi hari

Pedagang bubur ayam keliling. via seratkembara.wordpress.com

Jenis makanan ini cukup populer sebagai hidangan sarapan (sekitar pukul 06.00 sampai 10.00). Bahkan sampai muncul perdebatan enakan mana diaduk atau enggak saat menyantapnya. Berkeliling menggunakan gerobak, isian bubur ayam cukup variatif tergantung daerah. Pedagang bubur ayam biasanya mewartakan kedatangannya dengan memukul sendok ke mangkuk. Siap-siap sarapan bubur!

3. Bubur kacang hijau untuk kamu yang ingin sarapan manis dan mengenyangkan

pedagang bubur kacang hijau keliling via www.deltagrosir.com

Kalau roti terasa cukup ringan sementara bubur ayam dirasa keberatan untuk sarapan, kamu bisa memilih bubur kacang hijau. Penganan manis dari kacang hijau ini juga bisa kamu temui dijajakan berkeliling di pagi hari. Umumnya bubur kacang hijau dipadukan bersama ketan hitam dan santan manis. Tinggal sesuaikan saja dengan seleramu.

4. Getuk lindri. Penganan yang enak dicamil saat berangkat sekolah, kuliah, atau kerja

pedagang getuk lindri keliling via www.ayosemarang.com

Meski buru-buru, usahakan tetap sarapan. Selain roti yang efisien dimakan diperjalanan, getuk lindri juga bisa jadi pilihan. Penganan yang terbuat dari singkong ini juga bisa kamu temukan berkeliling saat pagi hingga menjelang tengah hari. Memiliki warna khas yang warna-warni dan dihidangkan dengan taburan kelapa, getuk lindri bisa juga bikin harimu ceria.

Advertisement

5. Rujak buah untuk kesegaran di siang hari

pedagang rujak buah keliling via rujakserutdanpotong.business.site

Menjelang tengah hari, biasanya cuaca mulai panas. Kamu nggak perlu gundah demi sebuah kesegaran. Cukup diam di rumah dan menunggu pedagang rujak lewat. Terdiri atas irisan buah seperti jambu, nanas, bengkuang, dan kedondong, rujak buah dihidangkan dengan bumbu pedas yang menambah kesegaran. Kalau kamu nggak suka pedas, pedagang rujak biasanya juga menjual buah segar potong.

6. Menjelang makan siang, tahu gejrot bisa jadi pengganjal perut

pedagang tahu gejrot keliling via kumparan.com

Sudah mulai lapar, tapi belum jam makan siang? Tenang, sebentar lagi pedagang tahu gejrot lewat. Camilan khas Cirebon ini berbahan dasar tahu yang dipotong-potong lalu diguyur kuah, cabai, bawang putih, dan bawang merah. Dihidangkan menggunakan piring dari tanah liat, kesegaran seporsi tahu gejrot cukup untuk menunggu jam makan siang.

7. Semangkuk mi ayam untuk makan siang nan paripurna

pedagang mi ayam keliling via twitter.com

Nah, setelah menyantap tahu gejrot sebagai camilan, mi ayam bisa jadi pilihan makan siang. Berkeliling menggunakan gerobak, mi ayam merupakan wujud kontribusi kuliner Tionghoa terhadap khazanah kuliner Indonesia. Dihidangkan lengkap dengan kerupuk pangsit, seporsi mi ayam cukup mengenyangkan hingga tiba waktu makan malam.

8. Lahang sebagai minuman pencuci mulut setelah makan siang

pedagang lahang keliling via picpanzee.com

Minuman manis tradisional ini terbuat dari nira atau air sedapan sari aren. Dijajakan berkeliling menggunakan pikulan bambu besar, lahang merupakan jajanan tradisional tertua yang masih bisa ditemukan hingga hari ini. Rasa manis dan segar dari segelas lahang cukup untuk menyempurnakan istirahat siang. Lagi-lagi cukup dengan menunggu pedagangnya lewat depan rumah. Ingat, jangan kebanyakan, ya!

9. Kue putu yang cocok sebagai camilan saat kumpul keluarga malam hari

pedagang kue putu via www.flickr.com

Jenis kue yang satu ini cukup populer di kalangan anak-anak. Cara pembuatannya yang unik menjadi daya tarik. Kue putu dibuat dengan cara memasukkan adonan ke dalam tabung bambu, lalu disusun di atas lubang uap yang mengeluarkan suara khas. Berisikan gula jawa dan taburan kelapa, kue putu dijajakan dengan pikulan mulai petang hingga tengah malam. Cocok sebagai teman kumpul keluarga.

10. Pedagang sate Madura dengan nada khas untuk menu makan malam

pedagang sate Madura keliling via radarkudus.jawapos.com

Kalau udah dengar teriakan “Teeee!”, perut langsung keroncongan. Terbanyang kelezatan daging sate dengan ketupat dan bumbu kacang. Penjaja sate Madura biasanya menggunakan gerobak dengan menu andalan sate ayam. Meski kurang populer, beberapa pedagang juga menyediakan sate kambing. Pedagang sate Madura biasanya akan berkeliling hingga tengah malam. Ingat adegan Suzanna beli sate bayar pakai daun?

11. Yang paling favorit dan kerap dinanti adalah pedagang nasi goreng

pedagang nasi goreng keliling via plus.kapanlagi.com

Karena orang Indonesia sangat menyukai nasi, maka pedagang nasi goreng adalah favorit. Berkeliling sejak selepas magrib, pedagang nasi goreng paling mudah ditemui dan hampir selalu ramai pembeli. Nggak hanya menjual nasi goreng, mereka biasanya juga menyediakan menu mi tek-tek, kwitiaw, dan mi goreng. Berteman kerupuk, acar, dan telur, pedagang nasi goreng layak ditunggu kala mager menyerang.

12. Pedagang wedang ronde yang selalu ditunggu saat malam, apalagi kalau musim hujan

pedagang wedang ronde keliling via bonvoyagejogja.com

Minuman hangat mengandung jahe ini memang cocok dikonsumsi saat malam hari. Cuaca yang dingin dan kehangatan yang ditawarkan wedang ronde adalah pasangan serasi. Dilengkapi bola-bola ronde yang terbuat dari tepung ketan, kedatangan pedagang penganan tradisional ini sangat dinanti. Aroma jahe yang khas aja udah menghangatkan, apalagi kalau sudah masuk musim penghujan~

Bagaimana, cukup dengan menunggu di rumah kamu juga bisa memenuhi kebutuhan perut, kan? Tanpa aplikasi ponsel pun orang Indonesia nggak perlu khawatir tentang makanan. Fitur yang ditawarkan para pedagang keliling sudah cukup, lengkap dengan notifikasi yang berbeda di setiap dagangan. Nah, pedagang makanan keliling apa nih, yang jadi favoritmu?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

Senois.

CLOSE