Orang-orang sering berujar bahwa makanan mahal di restoran bintang lima adalah makanan yang penuh prestige. Dibuat dari bahan-bahan pilihan dan diolah oleh tangan chef yang memiliki lisensi kelas dunia membuat apapun makanan yang mereka sajikan dipandang enak oleh masyarakat.

Padahal, kalau boleh jujur nih, makanan ternikmat yang paling cocok untuk rakyat Indonesia bukanlah yang disajikan di restoran terkenal itu. Untuk lidah lokal rakyat kita, surga kuliner sebenarnya malah terletak di makanan pinggir jalan khas kaki lima!

1. Meski nggak setenar Spaghetti Italia, mi instan bikinan abang burjo juga tak kalah juara kok rasanya!

Bikin laper, ih! via kpinkaddict.blogspot.com

Spaghetti Italia emang makanan yang tenar di seluruh dunia. Namun untuk lidah orang Indonesia, mi instan bikinan abang-abang burjo jelas lebih juara! Kenikmatan mi instan bikinan abang-abang burjo emang udah jadi legenda di kalangan lidah rakyat Indonesia ~

2. Gurihnya soto ayam nyatanya sangat dipuja oleh pecinta kuliner Indonesia. “Ini baru makanan,” kata mereka

Sotonya khas Lamongan! via noezatravelfood.blogspot.com

Advertisement

Indonesia memang terkenal dengan bumbu masakan yang rasanya ‘wah’. Bahkan soto ayam pinggir jalan yang dijual Rp. 7000 hingga Rp. 10.000-an itu aja rasanya nggak kalah sama restoran bintang lima. Lebih enak soto ayam pinggir jalan malah. Hehe

3. Sate ayam jelas jadi makanan yang dicintai masyarakat kita. Rasanya cocok sama lidah orang Indonesia

Waa ini… via beritagar.id

Ini sih makanan favorit orang Indonesia. Hampir semua orang Indonesia suka makan sate ayam. Hidup sate ayam abang pedagang pinggir jalan!

4. Kerak telor jadi jawara kuliner di tanah Betawi, lidah lokal mah sukanya yang begini!

Kerak telor! via www.beritasatu.com

Kamu yang udah lama tinggal di Jakarta pasti khatam dengan makanan enak yang satu ini. Bagi lidah betawi, kerak telor adalah makanan lokal yang punya cita rasa tinggi!

5. Eits, jangan salah. Olahan bakso pedagang kaki lima kita jauh lebih nikmat dari makanan di restoran dengan menu aneh-aneh itu

Makanan di restoran bintang lima memang punya menu yang beragam. Namun untuk urusan rasa, bakso abang pedagang kaki lima jelas jauh lebih dicinta. Udah harganya murah, dapet banyak pula. Saat musim hujan datang, bakso adalah makanan paling nikmat sedunia. Makan bakso sambil memandangi rintik hujan bikin rasa baksonya jadi istimewa!

6. Ketoprak Jakarta juga tak kalah menggugah selera makan, kok. Rasanya… Waah, jangan ditanya ~

Ketopraknya enak! via www.klikhotel.com

Betawi nggak cuma punya Kerak Telor doang. Ada Ketoprak Jakarta yang rasanya rasanya khas itu yang juga jadi primadona makanan rakyat Jakarta!

7. Meski sering dibilang nggak sehat, nyatanya untuk urusan rasa, gorengan mas-mas pedagang kaki lima tetap dicinta!

Yah, gorengan emang sering dibilang makanan nggak sehat karena banyak minyaknya. Namun hal itu tak mencegah masyarakat kita menikmati gorengan, kok. Bahkan gorengan jadi salah satu makanan pinggir jalan paling laris dibeli di seluruh penjuru nusantara. Murah, sih… Hehe.

8. Bubur ayam adalah salah satu makanan favorit buat sarapan. Dimana belinya? Paling enak jelas di pedagang kaki lima

Bubur ayam Semarang via makananenaksemarang.blogspot.com

Tak perlu bingung nyari menu sarapan. Toh banyak mas-mas pedagang kaki lima yang menjual bubur ayam buat sarapan pagi dengan rasa yang nggak perlu ditanya enaknya!

9. Bisa jadi menu favoritmu adalah nasi pecel khas pedagang kaki lima, yang rasanya cocok di lidah mahasiswa

Untuk menu makanan pedagang kaki lima, siapa sih yang bisa menolak enaknya pecel? Apalagi pecel khas madiun yang antara pedas, manis dan gurihnya pas itu. Wiiih… Murahnya juga ngak ketulungan. Mahasiswa mah jelas suka!

10. Nasi goreng ala penjual makanan pinggir jalan rasanya nggak perlu ditanya. Presiden Obama saja suka!

Nasi gorang satu, bang. Yang pedes, ya! via photolepas.blogspot.com

Kalau kamu bilang makanan di restoran bintang lima itu makanan nikmat karena disukai orang-orang berkelas, kamu salah! Buktinya presiden Obama saja waktu suka loh makan nasi goreng. Anak Menteng ini aja mengakui loh kalau nasi goreng itu enak!

11. Yang kenal dengan cakwe pasti mengakui enaknya, harga murahnya juga jadi alasan kenapa ia begitu merakyat

Cakwe itu salah satu camilan pagi paling dinanti oleh lidah Indonesia. Rasanya yang asin-asin gurih ditambah cocolan saus pedas yang nikmat jelas menggugah selera makan kita. Selain itu, harganya juga murah!

12. Bakwan kawi jelas nggak boleh kelupaan, rasanya yang greget  saat dimakan anget ampuh bikin semangatmu balik lagi!

Anjaay… Masnya yang jualan keren euy ~ via bakwanku.wordpress.com

Nggak perlu ditanya lagi ini mah. Bakwan kawi adalah salah satu makanan kaki lima yang paling menggoda! Enak, gurih, murah! Dimakan saat hangat bikin kamu kembali semangat ~

13. Kalau untuk camilan, kita nggak boleh lupa cilok dan cireng! Tekstur kenyal dan rasanya yang enak bikin nagih terus

Jajanan yang terbuat dari tepung kanji ini jadi salah satu makanan paling populer di masyarakat kita. Tekstur kenyalnya dan rasanya yang cocok di lidah bikin kita ketagihan terus.

14. Mana ada orang Indonesia yang bisa menolak enaknya Martabak telur? Lidah lokal Indonesia mah pasti suka

Martabaknya enak… via www.generation-g.id

Memang sih hanya bisa ditemukan sore dan malam hari. Namun hal itu tak mengurangi minat orang Indonesia buat membelinya kok. Urusan rasa mah jelas cocok sama lidah lokal kita!

15. Biasanya sih gandengan sama Martabak telur ada yang jualan Terang Bulan. Rasanya yang manis cocok dinikmati sama lidah kita

Makanan yang juga sering disebut Martabak manis ini biasanya dijual oleh mas-mas kaki lima penjaja Martabak telur. Yang bikin beda dari martabak telur adalah rasanya. Kalau martabak telur rasanya asin, Terang bulan rasanya lebih manis. Ditambah dengan topping coklat, wiiih… Makin enak!

16. Ada lagi nih, roti bakar khas Bandung yang udah melegenda enaknya. Saking disukainya, di kota mana pun ada!

Roti bakarnya enak~ via tuneshanady.blogspot.com

Roti bakar yang dijual sama pedagang kaki lima jelas berbeda dari yang lainnya. Rotinya spesial, pilihan rasanya banyak, harganya murah meriah! Saking enaknya, bahkan roti bakar ini bisa kamu temui di mana-mana. Itu jelas jadi bukti nyata bahwa kudapan satu ini sudah diterima lidah kita.

17. Batagor dan Siomay juga nggak kalah ngena di lidah orang Indonesia. Nemunya? Ya di pedagang kaki lima!

Enak nich! via masakan-indonesia.tk

Kedua makanan ini biasa kita temui di penjaja makanan pinggir jalan. Rasanya yang khas dan porsinya yang cukup mengenyangkan jadi asalan kenapa banyak orang Indonesia yang suka! Makanan khas Bandung ini memang juara.

18. Nah, yang nggak kalah favorit adalah jajanan bocah SD yang dijual pedagang kaki lima. Ada sosis dan telur gulung juga!

Telur gulung… via www.qraved.com

Nah ini juga salah satu makanan favorit kamu, kan? Adalah jajanan zaman SD dulu semacam sosis dan telur gulung yang tak kalah ramai dinikmati. Rasanya sih emang nggak ‘wah’, namun entah kenapa cocok di lidah kita.

Gimana? Percaya kan kalau sebenarnya lidah lokal kita itu cocoknya di makanan pedagang kaki lima? Nggak perlu jauh-jauh ke Eropa sana atau ngeluarin duit banyak buat makan di restoran bintang lima. Surga kuliner sesungguhnya adanya di lapak penjaja makanan kaki lima! 😀

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me