Viral Kuburan Upin-Ipin, Studio Klarifikasi dan Jabarkan Fakta Sejarahnya

Kabar tentang viralnya kuburan Upin dan Ipin langsung diklarifikasi

Kartun menjadi salah satu hiburan yang paling digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Sejak kecil, kita sudah terbiasa menonton kartun di layar kaca. Indonesia sayangnya masih belum bisa menayangkan kartun-kartun dalam negeri. Walhasil, anak-anak Indonesia lebih terbiasa dengan kartun-kartun dari Amerika Serikat, Jepang bahkan Malaysia. Salah satu yang paling terkenal di kalangan anak-anak adalah kartun Upin dan Ipin.

Advertisement

Ada banyak alasan kenapa orang Indonesia sangat menyukai kartun yang menceritakan saudara kembar satu ini. Secara bahasa, Upin Ipin bisa dimengerti oleh orang-orang Indonesia. Selain itu, ada banyak hal lucu yang melingkupi kartun dari negara tetangga ini. Dewasa ini, Upin Ipin kemudian sering sekali menjadi bahan konspirasi lucu-lucuan oleh warganet Indonesia. Setelah sekian lama, akhirnya pihak studio kreator Upin Ipin menjabarkan fakta sejarah mengenai kartun yang mereka ciptakan tersebut. Penasaran? Yuk langsung aja simak fakta-faktanya di bawah ini!

Beberapa waktu lalu, warganet Indonesia dihebohkan dengan video viral kuburan Upin dan Ipin

Kuburan Upin Ipin/Credit: TikTok wahyupunya__

Baru-baru ini, warganet Indonesia dan Malaysia dikagetkan dengan sebuah video viral yang memperlihatkan kuburan bertulisankan Upin dan Ipin. Banyak orang yang meyakini bahwa kuburan tersebut memang merupakan kuburan dua anak kecil yang ada di dalam kartun terkenal asal Malaysia tersebut. Singkatnya, banyak orang percaya bahwa kreator Upin Ipin memang membuat kartun dan karakternya dari sosok-sosok yang berada di dunia nyata.

“Semua cerita Upin & Ipin adalah rekaan semata-mata dan ditulis sepenuhnya oleh Les’ Copaque Production. Ianya tidak diambil atau diinpirasi dari kisah sesiapa yang masih hidup mahupun yang telah tiada,” ungkap studio

Advertisement

Tentu saja video tersebut mengundang banyak sekali komentar. Namun, hal ini bukan yang pertama kalinya. Upin Ipin memang sering sekali dijadikan bahan-bahan konspirasi lucu oleh warganet Indonesia. Hal ini merupakan bentuk kecintaan masyarakat kita pada Upin Ipin. Menanggapi hal ini, studio yang membuat Upin Ipin kemudian menuliskan klarifikasinya. Mereka menekankan bahwa Upin Ipin adalah kartun rekaan yang tidak diambil atau diinspirasi dari kisah nyata.

Baca konten menarik seputar film animasi: Disney Princess dari Masa ke Masa, Nggak Zaman Bergantung sama Pangeran~

Penjelasan fakta sejarah dan penggagas cerita dari kartun “Upin & Ipin”

Advertisement

Selain mengklarifikasi konspirasi-konspirasi yang beredar, studio juga membeberkan beberapa fakta sejarah unik dari kartun satu ini. Tentu saja hal ini langka mengingat setelah sekian lama tayang, studio baru menejelaskan trivia Upin Ipin ini sekarang. Pertama, studio menyebut kalau ide cerita Upin Ipin diciptakan oleh Hajah Ainon yang merupakan pengisi suara Opah. “Idea asal cerita Upin & Ipin adalah dari Hajah Ainon yang juga pelakon suara Opah. Setiap cerita yang ditulis bukan sahaja mudah difahami tetapi juga sarat dengan mesej yang bermanfaat,”

Selain itu ada juga  kontribusi dari Haji Burhanuddin. Ia adalah pengarah Urusan Studio pecinta Upin Ipin. Haji Burhanuddin merupakan pengisi suara Tok Dalang. Ia memberikan pengalamannya dibesarkan di kampung yang menjadi latar cerita Upin Ipin itu sendiri. “Haji Burhanuddin, Pengarah Urusan Les’ Copaque Production pula adalah pelakon suara Tok Dalang. Beliau juga turut berkongsi pengalaman beliau dibesarkan di kampung di dalam siri Upin & Ipin.

Studio menjabarkan fakta-fakta menarik mulai dari penampilan sampai hubungan keluarga

Upin Ipin/Credit: Twitter lescopaque

Hal yang menarik kemudian adalah studio akhirnya memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang selama ini jadi konspirasi di antara para penontonnya. Pertama, studio menjelaskan bahwa alasan Upin dan Ipin nggak memiliki ibu dan ayah. Hal ini bermula karena proyek Upin & Ipin kekurangan tenaga kerja karena merupakan proyek sampingan. Karena hal itu, studio memutuskan untuk menjadikan Ipin dan Upin sebagai anak Yatim Piatu.

Lalu fakta tentang penampilan rambut Upin dan Ipin. Menurut studio, mereka telah kehabisan waktu untuk membuat karakter yang memiliki rambut. Karena memakan waktu yang banyak, studio memutuskan untuk mempercepat proses pembuatan. Walhasil, Ipin menjadi tokoh botak sementara Upin punya sehelai rambut.

Nah, gimana menurut kalian SoHip? Keren banget kan fakta-fakta mengenai Upin dan Ipin ini? Dengan ini semoga kita nggak berdebat lagi atau bahkan berkonspirasi mengenai asal usul Upin dan Ipin, ya! 😀

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

CLOSE