7 Rekomendasi Film Horor Komedi Indonesia, Bukannya Bikin Takut tapi Malah Ketawa Geli

Jika mendengar kata film horor, pasti kita akan langsung menebak bahwa film tersebut memiliki alur yang menyeramkan dan dapat membuat penontonnya merasa ketakutan. Namun, ternyata ada beberapa film horor Indonesia yang bukannya seram saat ditonton, melainkan menjadi lucu karena banyak disuguhi oleh adegan-adegan komedi yang mampu menghibur para penontonnya.

Advertisement

Meskipun genre yang diangkutnya ialah horor, tetapi deretan film horor berikut ini justru mengundang gelak tawa dari para penontonnya. Aksi para pemainnya yang menghibur dan juga kocak, membuat penonton tidak merasa ketakutan saat menontonnya, sehingga dapat ditonton oleh siapa saja, bahkan oleh orang-orang yang merasa anti dengan film horor sekalipun.

Lantas, apa saja rekomendasi film horor Indonesia yang berbalut genre komedi dan mampu mengundang gelak tawa? Berikut deretan judul film horor komedi Indonesia yang dapat SoHip saksikan, check it out~

1. Reuni Z (2018), ketika anggota cheerleader berubah menjadi zombie yang menakutkan

Reuni Z

Reuni Z | Credit: IMDb

Film horor bertemakan zombie yang satu ini membawa genre komedi di dalam filmnya yang dapat membuat penontonnya terhibur. Film Reuni Z yang disutradarai oleh Monty Tiwa dan Soleh Solihun ini ternyata terinspirasi dari film horor komedi berjudul Shaun of The Dead yang memiliki ide serupa tentang perzombiean.

Advertisement

Zombie pada film Reuni Z bermula saat seorang anggota cheerleader di suatu sekolah ada yang berubah menjadi zombie. Sekolah tersebut awalnya sedang mengadakan acara reuni 20 tahunan yang banyak didatangi oleh para alumni tersebut. Namun, bukannya menjadi momen yang menyenangkan, melainkan malah momen mencekam yang dirasakan pada reuni tersebut.

Setelah salah seorang anggota cheerleader menjadi zombie, ia pun mulai menyerang alumni lainnya yang hadir dan menularkan virus zombienya kepada banyak orang, sehingga terjadi kekacauan di acara reuni tersebut.

2. 3 Pocong Idiot (2012), nasib para pocong yang meninggal sebelum impiannya terwujud

3 Pocong Idiot

3 Pocong Idiot | Credit: Rapi Films

Advertisement

Dari judul filmnya saja, sudah dapat kita tebak bahwa film horor yang satu ini bukanlah film horor mencekam seperti pada umumnya. 3 Pocong Idiot menceritakan tentang 3 orang sahabat yang sedang meniti karier sebagai anggota grup band, harus bernasib naas karena menjadi korban tabrak lari dan akhirnya meninggal dunia.

Ketiga sahabat tersebut memiliki mimpi untuk menjadi anggota band terkenal, tetapi impiannya tersebut harus kandas dan mereka malah kompak menjadi pocong. Pocong-pocong itu merasa dendam dengan pelaku tabrak lari, sehingga mereka ingin melakukan balas dendam dengan bantuan dari suster ngesot yang memberikan ramuan jamu agar bisa menampakkan diri kepada manusia.

Film ini dianggap sebagai film horor komedi karena alur ceritanya yang sukses bikin ngakak, juga penampilan dari ketiga pocong tersebut yang tidak biasa, salah satunya ialah mengenakan kacamata besar berwarna hijau.

3. Miemien: Hantu Posesif (2015), romansa dua alam berbeda antara manusia dengan hantu cantik

Miemien Hantu Posesif

Miemien Hantu Posesif | Credit: Trakt

Cerita horor komedi yang satu ini mengisahkan tentang seorang hantu cantik yang posesif dan identik dengan rambut berwarna oranye. Hantu cantik tersebut kemudian menjalin kisah cinta bersama dengan manusia yang berbeda alam dengannya.

Juna adalah seorang laki-laki yang ditaksir oleh Miemien. Ia bertemu Miemien saat sedang menulis novel bertema horor yang kemudian membuka mata batinnya. Juna kemudian bertemu dengan sosok Miemien yang cantik usai mata batinnya berhasil ia buka.

Keduanya pun menjalani kisah cinta yang romantis meskipun terkendala dua alam yang berbeda. Perjalanan cinta mereka pun menjadi semakin rumit dan kocak yang mampu membuat penonton terpingkal saat menyaksikannya.

4. Poconggg Juga Pocong (2011), bukannya menakuti manusia justru ia malah takut dengan sesama pocong lainnya

Poconggg Juga Pocong

Poconggg Juga Pocong | Credit: IMDb

Film horor komedi yang satu ini juga mampu mengundang gelak tawa dari para penontonnya karena menyuguhkan cerita yang kocak dan sangat lucu. Saking kocaknya, penonton yang telah menonton film ini pun berpendapat bahwa film Poconggg Juga Pocong tidak ada sisi seramnya sama sekali.

Poconggg adalah seorang pocong unik yang tidak sama seperti kebanyakan pocong lainnya. Poconggg memiliki sikap yang cupu dan terkesan penakut, bahkan alih-alih menakuti manusia, ia malah merasa takut dengan sesama pocong lainnya. Poconggg pun juga kerap dirujak oleh para pocong senior lainnya karena sikapnya yang cupu tersebut.

Selain memiliki sifat yang cupu, Poconggg juga ternyata seorang pocong galau yang masih memikirkan kisah cintanya lantaran ia keburu meninggal dunia sebelum mengungkapkan cintanya untuk kekasih hatinya.

5. Ghostbuser: Misteri Desa Penari (2021), tim pembasmi hantu yang mendapat serangan menyeramkan

Ghostbuser: Misteri Desa Penari

Ghostbuser: Misteri Desa Penari | Credit: IMDb

Film horor yang satu ini menceritakan tentang sekelompok pembasmi hatu yang kerap melakukan adegan-adegan lucu dan mampu membuat penontonnya tertawa. Pasalnya, sekelompok tim pembasmi hantu ini berinisiatif untuk membuat tim bernama Pengusir Setan Tanpa Kekerasan yang malah menjadi boomerang bagi dirinya sendiri.

Awalnya, tim yang terdiri dari Sigit, Alexa, dan Genjing ini ingin menjadi orang yang kaya raya dengan menjadi tim pembasmi hantu. Sigit yang memiliki kemampuan untuk melihat hantu, kemudian dipercaya untuk memimpin tim. Naasnya, mereka bertiga justru malah kewalahan karena hantu yang datang dan menerornya semakin banyak, sehingga bukannya membasmi hantu, tetapi tim pembasmi hantu ini justru malah mendapat serangan yang kejam dan menyeramkan.

6. Taman Lawang (2013), mengungkap kisah misterius yang kerap terjadi di area ‘mangkal’ para waria

Taman Lawang

Taman Lawang | Credit: Digital Film Media

Film Taman Lawang ini mengusung cerita horor komedi yang dibintangi oleh Alm. Olga Syahputra dan Nikita Mirzani. Taman Lawang menceritakan tentang kejadian misterius yang terjadi di tempat ‘mangkal’ para waria yang berlokasi di Taman Lawang.

Banyaknya kejadian misterius yang terjadi di Taman Lawang, membuat seorang jurnalis muda tertarik untuk menguliknya dan berusaha mengungkap kejadian misterius tersebut. Adanya seorang waria yang biasa ‘mangkal’ di Taman Lawang tewas dengan cara yang misterius, membuat jurnalis tersebut semakin penasaran. Tidak berhenti sampai disitu, rentetan kejadian misterius pun turut meneror orang-orang yang datang ke Taman Lawang.

Film Taman Lawang ini dianggap lucu karena menyuguhkan komedi dan guyonan ala waria. Selain itu, hantu yang berperan di film ini juga tidak terlihat seram sama sekali, melainkan malah terlihat konyol dan membuat penonton terhibur.

7. Gue Bukan Pocong (2015), pocong ngenes yang sering ditolak saat menyatakan cinta

Gue Bukan Pocong

Gue Bukan Pocong | Credit: Indonesian Film Center

Film yang dibintangi oleh aktor-aktor komedi kondang seperti Yadi Sembako, Chika Jessica, Nicky Tirta, dan masih banyak lainnya ini membuat film horor yang satu ini banyak menyajikan adegan-adegan lucu.

Cerita bermula saat seorang jomblo bernama Raka, sering mengalami penolakan saat menyatakan cintanya. Saking seringnya ditolak, ia bahkan pernah ditolak hingga 22 kali banyaknya. Raka yang trauma ditolak, akhirnya memutuskan untuk tidak buru-buru dalam menyatakan cintanya kepada gadis manis bernama Amelia. Sayangnya, belum sempat ia menyatakan perasaannya kepada Amelia, ia pun harus mengalami kecelakaan yang meregang nyawanya.

Setelah mengalami kecelakaan tersebut, Raka pun berubah menjadi pocong yang menyedihkan. Ia kerap meratapi nasibnya dan merasa bahwa dirinya sama sekali tidak keren dengan menjadi pocong. Raka yang masih mencintai Amelia, berusaha kuat untuk menemui Amelia dengan menampakan wujudnya di depan para manusia.

Nah, itu tadi deretan rekomendasi film horor komedi Indonesia yang mampu mengundang gelak tawa para penontonnya. Tidak perlu berteriak karena ketakutan selama menonton, yang ada penonton malah dibuat tertawa geli karena aksi kocak para pemainnya dan alur ceritanya yang menghibur.

Jadi, mau nonton yang mana dulu nih, SoHip?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Kadang menulis, kadang bercocok tanam

CLOSE