Pernahkah kamu mendengar tentang laman Kickstarter? Kickstarter.com merupakan wadah bagi orang-orang yang punya ide kreatif untuk mendapatkan dana guna mewujudkan ide-idenya. Diluncurkan pada tahun 2009 oleh Perry Chen, Yancey Strickler dan Charles Adler, Kickstarter menjadi batu loncatan bagi berbagai macam model bisnis, khususnya yang berfokus pada teknologi.

Hipwee merangkum 9 proyek kickstarter yang sukses besar. Dari gadget yang belum pernah orang bayangkan seperti Oculus Rift sampai musisi yang ingin meluncurkan album baru. Kamu punya ide gila yang ingin kamu realisasikan? Tenang, selalu ada jalan kok Bung!

1. Pebble E-Watch, Jam Pintar Lintas Perangkat

Peeble E-Watch via upload.wikimedia.org

Dana yang terkumpul: $10,266,845

Pebble E-Watch merupakan jam yang dibuat khusus untuk smartphone yang berbasis iOs dan Android. Jam ini bisa diisi dengan berbagai macam applikasi seperti aplikasi untuk memonitor detak jantung, mengukur seberapa cepat dan seberapa jauh kamu lari dan lain sebagainya.

Advertisement

Jika kamu menghubungkan Pebble dengan ponsel pintar via Bluetooth, Pebble akan memberikan notifikasi saat ada telepon masuk, email ataupun pesan singkat yang datang. Hingga saat ini donasi untuk mendukung Pebble E-Watch sudah mencapai lebih dari sepuluh juta dollar AS.

2. Ouya: Konsol Permainan Berbasis Android

Dana yang terkumpul: $8,596,474

OUYA merupakan konsol permainan untuk televisi yang dijalankan dengan sistem operasi Android. OUYA mencoba untuk memasuki pasar yang tidak dimasuki oleh PS 4 dan Xbox ONE, yaitu menyediakan konsol permainan dengan harga yang terjangkau, dan semua permainan bisa dicoba secara gratis.

Seperti pengembangan aplikasi di ponsel pintar berbasis Android, OUYA juga membebaskan para developer game untuk membuat konten untuk OUYA dari kamar mereka sendiri. Saat ini OUYA sudah mengumpulkan lebih dari delapan juta dollar atau sekitar seratus milyar rupiah!

3. The Form 1 Professional 3D Printer, Inovasi yang Memudahkan Hidup

3D printer via 3dprint.com

Dana yang terkumpul: $2,945,885

The Form 1 merupakan printer 3 dimensi dengan resolusi tinggi pertama yang dijual  dengan harga “terjangkau”. Harga $3,299 memang masih bisa membuat kantungmu kering, tapi harga yang dibanderol The Form 1 masih jauh lebih murah dari printer 3D konvensional.

The Form 1 bisa menghasilkan karya dengan tingkat presisi yang tinggi. Terobosan ini memang bisa memudahkan kehidupan kita. Saat ada gantungan korden yang patah di rumah misalnya, printer 3 Dimensi ini bisa digunakan untuk menciptakan gantungan pengganti sementara. Tingkat kepraktisan dan kegunaan yang tinggi membuat inovasi ini mendapatkan dukungan yang cukup baik.

4.  Album musik Amanda Palmer and Grand Theft Orchestra, Terwujud Atas Dukungan Fans Setia

Dana yang terkumpul: $1,192,793

Setelah mendapat pengalaman yang tidak mengenakan dengan label musik saat masih tergabung dalam The Dressden Dolls, musisi Amanda Palmer mulai masuk ke dunia kickstarter, dengan band baru dan rencana baru.

Alih-alih mengharapkan dana dari label untuk memproduksi musik seperti kebanyakan musisi, Amanda meminta uang kepada para fansnya guna mendanai rekaman album baru, tur, distribusi dan promosi — fans pun dengan senang hati menyumbangkan uang mereka. Amanda palmer juga tampil dalam acara TED guna menceritakan kesuksesanya dalam pendanaan Kickstarter, video TED Talk Amanda bisa kamu lihat di sini.

5. Oculus Rift, Perangkat Game yang Dibeli Mark Zuckeberg

Oculust Rift via www.maxxor.com

Dana yang terkumpul: $2,437,429

Oculus Rift merupakan perangkat game virtual reality yang di desain untuk video games. Oculust Rift memberikan pengalaman baru dalam bermain video games, dimana kamu akan serasa masuk kedalam dunia game tersebut. Karena potensi dari Oculust Rift ini cukup luas, bukan hanya untuk video games, tapi bisa digunakan untuk video call, simulasi kendaraan dan berbagai aplikasi praktis lainya, Mark Zuckeberg, pendiri facebook memutuskan untuk membeli perusahaan Oculust Rift ini sebesar 2 milyar dollar AS.

6. Coolest Cooler, Kotak Pendingin Inovatif yang Mendapat Pendanaan Terbanyak

Coolest Cooler via the-gadgeteer.com

Dana yang terkumpul: $13,285,226

Inilah produk di website Kickstarter yang paling banyak dibiayai. Barangnya bukan berupa alat dengan teknologi tinggi atau gawai premium, melainkan hanya sebuah boks pendingin. Ya boks pendingin dengan berbagai fitur yang inovatif ini rupanya menjadi favorit para pengguna Internet, sehingga mereka rela untuk menyisihkan sebagian uangnya untuk menjadikan produk ini tersedia di pasaran.

Colest Cooler memiliki beragam fitur keren, seperti blender, portable speaker dengan bluetooth, lampu LED, hingga pembuka botol. Pokoknya produk ini cocok banget buat kamu penyuka kegiatan outdoor!

7. The 10-year hoodie, Jaket Bergaransi 10 Tahun

Dana yang terkumpul: $1,053,830

Dengan garansi penuh selama 10 tahun dan kualitas desain yang mampu bertahan lama, tim dari The 10-Year Hoodie berusaha melawan korporasi yang memproduksi pakaian mahal tapi dengan kualitas yang buruk. Dengan desain yang bisa digunakan oleh pria dan wanita, hoodie ini rupanya menjadi favorit banyak pengguna internet, terbukti dengan dukungan dana yang melebihi target.

Kepikiran gak buat proyek serupa di Indonesia?

8. Airdog, Kamera yang Mampu Mengikuti Kemanapun Kamu Pergi

Dana yang terkumpul: $1,368,177

Airdog merupakan sebuah bagian dari aksesoris untuk kamera Gopro. Airdog merupakan drone autonomus yang mampu merekam dan mengikuti kemana kamu pergi. Kamera ini didesain untuk para penikmat olahraga ekstrim, pembuat film Indie dan pecinta outdoor.

Airdog memberikan perspektif baru dalam hal mengabadikan moment. Cara pemakaianya pun cukup mudah, kamu gak perlu remote untuk mengoperasikan Airdog, cukup pasang  Airleash (alat pelacak) di lengan ataupun helm, Airdog akan mengikuti kemana kamu pergi.

9. Veronica Mars Movie Project, Proyek Ambisius Kristen Bell

Veronica Mars via www.dvdplanetstore.pk

Dana yang terkumpul: $5,702,153

Kristen Bell, aktris cantik yang mengisi suara anna dalam film animasi Frozen, rupanya punya proyek ambisius untuk membuat sekuel dari TV series yang juga ia bintangi “Veronica Mars”. Rupanya Kristen Bell berhasil menghipnotis para fansnya untuk turut serta mendanai pembuatan film Veronica Mars. Film yang telah tayang bulan Maret lalu ini akan tersedia dalam versi digitalnya bulan Oktober nanti.

Itu dia 9 proyek Kickstarter yang sukses besar. Jadi kalau kamu punya ide menarik dan unik yang kamu pikir bakalan banyak orang yang suka, gak ada salahnya buat masukin ide kamu ke Kickstarter, siapa tahu diluar sana ada orang yang suka sama idemu dan bersedia mendukung dengan memberikan sejumlah uang.

Jangan takut untuk terus memunculkan ide gila ya!