Hari ini 6 Mei 2015, Sheila On 7 resmi menginjak usia 19 tahun. Itu berarti sudah 19 tahun juga band asal Jogja ini menemani kamu. Mulai kamu masih duduk di bangku SD hingga saat ini mungkin di antara kamu udah ada yang punya momongan, Sheila On 7 tetap setia memperdendangkan lagu-lagu indahnya. Mendengarkan lagu-lagu lamanya tak pernah membuatmu bosan sedikit pun. Lagu-lagu barunya pun langsung akrab di telinga. Kadang, kamu merasa mendengarkan lagu-lagu Sheila On 7 ini tak beda dengan membaca buku harianmu sendiri. Emosinya pas! Semua pernah kamu rasakan.

Lagi seneng-senengnya belajar gitar, Sheila On 7 hadir dengan lagu yang kordnya nggak susah. Lagu ‘Kita’ sering banget jadi lagu bersama saat kumpul-kumpul sama teman.

Zaman masih 'Kita'

Zaman masih ‘Kita’ via weheartit.com

Genjrang-genjreng belajar gitar…

Advertisement

C
Disaat kita bersama
E7                      Dm
Diwaktu kita tertawa, menangis
G            C   F G
Merenung oleh cinta

C
Kau coba hapuskan rasa
E7
Rasa dimana kau melayang
Dm       G            C
Jauh dari jiwaku juga mimpiku

Ketika kamu masih baru saja beranjak gede dan lagi seneng-senengnya nongkrong sambil main gitar (ah masa remaja yang sederhana nan bahagia), lagu-lagu Sheila On 7 hadir dengan ngetopnya. Yang membuat makin menyenangkan, lagu-lagu yang keren itu ternyata kordnya mudah banget. Tak sulit untuk kamu yang baru saja belajar gitar. Lagu ‘Kita’ sering kamu praktekan saat kamu kumpul-kumpul sama teman-teman. Semua teman bernyanyi dengan iringan gitar dirimu. Ah, rasanya kamu sudah cukup jago membawa suasana dengan permainan gitarmu.

Meski bertemakan cinta, lagu-lagu Sheila on 7 nggak bikin cengeng. Lagu-lagunya pas buat dibikin kode, seperti ‘Jadikan Aku Pacarmu’ yang pasti pernah kamu dendangkan pas lagi naksir seseorang.

Masih berlima

Masih berlima via www.waroengkarya.com

Memang sih tema yang diangkat Sheila On 7 ini kebanyakan tema-tema cinta. Tapi, itu nggak membuat lagu-lagunya terdengar cengeng apalagi murahan. Lewat lagu cinta Sheila On 7, kamu justru dibuat percaya diri dalam mengungkapkan perasaan hatimu. Hampir semua lagunya pas untuk memberikan kode pada seseorang yang sedang kamu taksir. Hayo ngaku pasti lagu ‘J.A.P’ atau ‘Jadikan Aku Pacarmu’ sering banget kamu nyanyikan ketika lagi naksir seseorang.

Enggak tahu kenapa, kayaknya Eros dkk. ngerti banget sama hidupmu. Waktu kamu mulai lulus dari sekolah atau kuliah, dia ngeluarin album “Kisah Klasik Untuk Masa Depan”.

Semoga kita selalu menjadi sebuah kisah klasik untuk masa depan

Semoga kita selalu menjadi sebuah kisah klasik untuk masa depan via www.google.co.id

Advertisement

Walaupun nggak semua, lagu-lagu Sheila On 7 sebagian besar dibuat oleh Eros sang gitaris. Heran dengan Mas Eros ini, rasanya dia paham betul dengan perjalanan hidupmu. Ketika kamu lulus sekolah atau kuliah dan harus berpisah dari teman-teman, SO7 mengeluarkan album “Kisah Klasik Untuk Masa Depan”. Lagu dengan judul serupa selalu sukses membuatmu mewek pas acara prom night atau perpisahan.

“Bersenang-senanglah, karena hari ini akan kita rindukan di hari tua…

Sampai jumpa kawanku, semoga kita selalu menjadi sebuah kisah klasik untuk masa depan…”

Kira-kira apa yang ada di pikiran Eros bikin lagu Sephia? Apa dia pikir kita punya atau pernah jadi kekasih gelap? Ehm, tapi bener juga sih!

Selamat tidur kekasih gelapku!

Selamat tidur kekasih gelapku! via tintakopi.wordpress.com

Kadang-kadang pemikiran Mas Eros ini cukup liar juga. Bayangkan di usianya yang masih muda dia sudah membuat lagu tentang kekasih gelap. Lagu yang berjudul “Sephia” itu seolah-olah membuat kamu pendengarnya merasa bersalah telah memiliki atau menjadi kekasih gelap. Yang jadi pertanyaan, kok Mas Eros lagi-lagi bisa tahu sih kalau kita pernah ngerasain hal itu. Hiks!

Punya pacar yang bapaknya galak, lagu “Bapak-Bapak” pasti jadi pengiring langkahmu saat ngapel.

Duta yang sekarang udah bapak-bapak

Duta yang sekarang udah bapak-bapak via twitter.com

Masalah cinta bukan cuma soal suka-sukaan sama seseorang aja, tapi juga suka apa nggak keluarganya ke kita. Buat anak cowok, Bapak si cewek biasanya jadi benteng yang harus dibuka perlahan. Mungkin inilah yang membuat SO7 membuat lagu berjudul ‘Bapak-Bapak’. Buat cowok-cowok, lagu ini pasti jadi backsound saat kamu perjalanan ngapel ke rumah cewek yang bapaknya galak. Mendengarkan lagu ini sebelum ngapel bikin kamu semangat dan berani menghadapi dentuman pertanyaan yang dilontarkan si Bapak.

Tahun 2003, S07 bikin soundtrack untuk film 30 Hari Mencari Cinta. Heran, meskipun ‘cuma’ untuk film kenapa sih lagu-lagunya tetap kena banget?!

Di film ini, Eros juga main lho!

Di film ini, Eros juga main lho! via m.la-lights.com

Keapikan lagu-lagu SO7 ini membuat salah satu rumah produksi tertarik untuk menjadikan lagu-lagu SO7 sebagai soundtrack sebuah film.  Meskipun ‘cuma’ buat melengkapi film, albumnya nggak kalah keren dengan album yang lain. Benar-benar oke banget. Lagu yang lama diaransemen ulang dengan berpadu dengan lagu-lagu baru yang mengena di hati, seperti lagu ‘Berhenti Berharap’ yang membuat kamu bergetar atau ‘Melompat Lebih Tinggi’ yang bikin kamu kembali semangat. Jangan-jangan, bukan SO7 yang ngikutin cerita film tapi film ini yang sengaja dibikin buat SO7.

Lewat lagu “Pemuja Rahasia”, Sheila On 7 paham betul gimana rasanya jadi stalker karena jatuh cinta, tapi mereka membawakannya dengan semangat dan nggak bikin galau.

Yang ini video klip apa hayo?

Yang ini video klip apa hayo? via www.youtube.com

“Aku lah orang yang akan selalu memujamu… aku lah orang yang akan selalu mengintaimu…”

Sepenggal lirik lagu di atas, kalau dibaca biasa saja kedengarannya biasa dan cenderung cengeng. Cerdasnya, SO7 menyanyikannya dengan gaya yang berbeda. Dengan sedikit nge-rap dan irama musik yang rancak, membuat lagu yang sebenarnya galau tersebut jadi terdengar optimis. Kamu tetap bisa menyanyikannya untuk dia yang juga nggak tahu keberadaanmu tanpa kelihatan cengeng.

Sebelum galau tentang mantan jadi mainstream seperti sekarang, S07 sudah sempat membahasnya lewat “Mantan Kekasih”.

Udah hits sebelum yang lain ngehits

Udah hits sebelum yang lain ngehits via indonesiaonstage.com

Sekarang, banyak banget penyanyi atau grup band yang mengangkat tema mantan pacar. Ya. Sekarang galau-galau mantan gitu memang lagi hits. Jauh sebelum galau mantan itu menjadi viral seperti sekarang, SO7 sudah pernah menjadikannya lagu dalam judul ‘Mantan Kekasih’. Salah satu kalimat dalam lagu itu yang akan membuatmu mengaru biru dan layak kamu katakan saat bertemu mantan yang datang dan pergi sesuka hati adalah

‘…percayalah kau tak pernah aku sesali.’

Dua tahun tanpa kabar, SO7 tiba-tiba datang dengan lirik yang lebih dewasa. Album “Menentukan Arah” dan disusul “Berlayar”, tiba di saat kamu memang sedang serius dengan urusan cintamu.

Tampil lebih dewasa(?)

Tampil lebih dewasa(?) via www.google.co.id

Cukup lama tak mendengar kabar terbaru SO7, tiba-tida dia kembali datang! Dengan single pertama yang berjudul “Betapa”, SO7 mencoba kembali menyapa fansnya. Setelah single ini cukup sukses, barulah mereka mengeluarkan album yang berjudul “Menentukan Arah”. Di album ini, kedewasaan SO7 yang memang sudah bapak-bapak semakin terlihat. Disusul album selanjutnya yang berjudul “Berlayar”. Lagi-lagi, album SO7 datang di saat yang tepat. Saat kamu sudah selesai dengan urusan naksir-naksir atau jadi stalker, kedua album ini datang seolah menuntunmu yang sedang serius dengan cinta dan ingin memulai hidup baru.

Yang terbaru, dan entah kenapa Eros (lagi-lagi) selalu tahu kisah hidupmu, Lewat ‘Lapang Dada’ kamu yang ditinggal nikah mantan dibuat benar-benar lapang dada.

Sabar ya!

Sabar ya! via uniqpost.com

Dari kamu remaja, sampai sekarang sudah nggak imut lagi, Eros tetap saja menceritakan kisah cintamu lewat lagunya. Kali ini, dia bercerita tentang kamu yang ditinggal nikah mantan. Lagu berjudul ‘Lapang Dada’ ini memang akan sedikit membuatmu getir tapi mereka tetap mengajakmu untuk berlapang dada kok!

Selamat Ulang Tahun, Sheila On 7! Terimakasih telah melagukan semua kisah hidupku!

Puluhan karya yang telah didendangkan SO7 membuat kamu tak akan pernah lupa dengan band yang kini beranggotakan Duta, Eros, Adam, dan Brian ini. Selamat ulang tahun Sheila On 7! Terimakasih sudah mengoyak-ngoyak dan kembali membangkitkan perasaan kami selama sembilan belas tahun!

Ada banyak lagu SO7 yang sulit untuk kamu lupakan. Saking banyaknya Hipwee nggak mungkin membahasnya satu-satu. Jadi, apa lagu SO7 terbaik versimu?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya