Sebagai anak muda, kamu punya banyak kegiatan yang membuat waktumu terpakai terus. Berbagai tugas yang kamu punya telah menyita waktu setiap hari dan nggak jarang bikin tubuhmu terasa sangat lelah. Tanpa disadari hal itu menggerayangimu seharian penuh, termasuk saat tidur juga. Kamu jadi gelisah, resah, dan nggak nyenyak. Padahal semestinya tidur merupakan saat istirahat terbaik agar kesehatan tubuh dan psikis terjaga.

Oleh karena itu, kali ini Hipwee berikan cara-cara ampuh yang bisa bikin tidurmu jadi berkualitas walau hanya sebentar. Nggak cuma menyingkirkan pikiran deadline tugas pada psikismu saja, tapi juga perasaan kamu yang terluka habis patah hati. Apa iya benar? Daripada penasaran, nih 10 diagram dan grafik yang menggambarkan permasalahan atau kondisi ideal untuk tidur berkualitas, simak!

1. Kamu harus tahu waktu ideal untuk tidur sesuai usia biar nggak kekurangan dan kelebihan memejamkan mata saat malam hari

udah tahu belum? via sleepfoundation.org

Untuk menciptakan tidur berkualitas kamu perlu tahu berapa lama jam yang dibutuhkan per usia. Misalnya buat kamu yang menginjak dewasa seperti 18 tahun maupun yang cukup dewasa pada rentang usia 20an dan 30an, disarankan tidur selama 7-9 jam. Bahkan, lamanya waktu tidur 7-9 jam berlaku juga hingga kamu berusia 64 tahun lho.

2. Jangan anggap sepele posisi tidurmu. Salah posisi bikin badanmu sakit dan tidur nggak nyenyak

ini lho via www.sheknows.com

Advertisement

Kamu mungkin pernah merasa “salah bantal” yang bikin leher, bahu, maupun bagian tubuh lainnya terasa sakit. Sebenarnya hal ini disebabkan oleh posisi tidurmu yang nggak benar. Apalagi kalau kamu udah capek banget dan langsung rebahan di kasur. Padahal sebaiknya ketahui dulu posisi-posisi apa saja yang baik untuk kelangsungan tidur nyenyakmu. Misalnya kamu gemar memiringkan badan ke samping dengan tangan bersembunyi di bawah kepala, nah posisi kayak gitu harus “direvisi”. Karena jika kamu terus-menerus tidur dengan posisi seperti itu, yang ada bukannya pulas tapi malah bikin tanganmu pegal dan lehermu sakit. Jika itu posisi favorit yang sulit diubah, coba gunakan bantal di kepala. Karena dalam posisi itu, bantal bisa menopang bahu dan nggak bikin bagian tubuh jadi terasa sakit.

3. Kalau kamu malas olahraga ringan kayak yoga, coba deh meditasi yang bisa membuat pikiran jadi tenang, dan letihnya badan jadi hilang semua

meditasi saja via www.businessinsider.co.id

Salah satu cara untuk menjernihkan pikiran dan hati adalah berolahraga. Sayangnya ketika dengar kata satu ini sama sekali nggak bikin kamu terdorong melakukannya. Kamu malah cari kegiatan lain yang lebih seru dan menghibur, seperti main games atau asik browsing. Padahal kalau kamu menyempatkan saja waktu sejenak sebelum tidur atau ketika lagi di rumah untuk berolahraga ringan seperti yoga, banyak manfaat yang kamu dapat. Jika kamu malas melakukan berbagai gerakan-gerakannya, kamu bisa memilih meditasi sebagai pengganti yoga. Karena dengan meditasi bukan cuma pikiran dan hati saja yang segar, tapi juga tubuh yang sebelumnya lelah banget jadi terasa ringan. Nggak percaya? Coba praktikkan saja!

4. Sesuaikanlah mood dan kondisi tubuh sesuai air yang kamu gunakan saat mandi sepulang dari beraktivitas. Ini penting biar tubuhmu segar sepadan dengan keinginanmu

cek air yang kamu gunakan via www.buzzfeed.com

Percaya atau nggak kalau sebenarnya air yang dipakai saat mandi bisa berpengaruh terhadap kenyenyakanmu saat  tidur. Baik itu air biasa atau air panas, dua-duanya punya kelebihan. Apa yang ada dalam air biasa, biasanya nggak dimiliki sama air panas, begitupun sebaliknya. Oleh karena itu, nggak ada salahnya kamu ketahui dulu air mana yang sesuai sama tubuhmu. Kalau lagi capek hati dan pikiran, kamu bisa pakai air biasa untuk mandi. Tapi kalau mau mengurangi rasa lelah pada fisik, air panaslah ahlinya.

5. Kamu harus mulai terbiasa tidur dengan sebelumnya melakukan kegiatan-kegiatan baru agar pulas saat malam hari

kamu mau yang mana? via www.popsugar.com

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan keresahan dalam tidurmu. Deadline yang nggak pernah bisa lupa dari ingatan kamu ini udah seharusnya disingkirkan. Makanya, kamu perlu lakukan cara-cara yang ada pada gambar di atas untuk dipraktikkan.

6. Saatnya kamu memahami kegiatan apa saja yang nggak boleh dilakukan sebelum tidur

stop dulu deh via www.huffingtonpost.com

Sebetulnya penyebab nggak bisa tidur datang dari diri sendiri. Jangan ngotot ngerjain tugas karena deadline di depan mata atau sengaja ogah move on dan lebih betah berlama-lama patah hati. Ujung-ujungnya kamu bakal begadang sepanjang malam apalagi kalau ditunjang dengan kebiasaan-kebiasaan yang nggak baik. Misalnya kamu suka minum alkohol dan kopi, olahraga berat dan masih rajin mengerjakan tugas-tugas. Solusinya, ada aturan kapan kamu harus menyelesaikan kegiatan itu. Contohnya ya jangan minum kopi kurang dari 6 jam sebelum jam tidurmu.

7. Menata kamar sesuai seleramu apa salahnya? Selain jadi bersemangat, dirimu jadi terbawa aura positif yang berasal dari dekorasi kamar

udah lakukan yang ada di sini belum? via www.made.com

Kamar merupakan ruangan di rumah yang paling pribadi. Di dalam kamar, kamu akan merasa nyaman sehingga bisa berpikir jernih mengenai berbagai hal. Makanya, kamu perlu mendekorasi kamar sesuai seleramu. Nggak usah ribet-ribet sampai ganti warna cat kamar, cukup mengubah furnitur atau pajangan-pajangan kamar. Benda-benda seperti tanaman hias dan pajangan bercorak alam bisa jadi pilihan.

8. Coba kamu daftar lagi kegiatan rutin apa saja yang bikin kamu nyaman dan bersemangat setiap harinya

kayak gini lho rutinitasmu via www.entrepreneur.com

Kualitas tidurmu bisa dilihat dari kegiatan yang kamu lakukan seharian penuh. Tanpa disadari, aktivitas tersebut pasti akan memengaruhimu di malam menjelang tidur. Otakmu langsung bekerja untuk mengingat hal-hal apa saja yang kamu lakukan seharian itu. Dan kalau ada yang bikin kamu bete, sangat lelah, serta mengganggu pikiran, maka bikin tidurmu jadi gelisah. Makanya, kamu perlu daftar ulang lagi rutinitas apa saja yang kamu nyaman mengerjakannya dan kegiatan mana yang ganggu kamu. Untuk kegiatan yang berpegaruh negatif itu, kamu perlu cari solusi menghadapinya.

9. Kamu juga perlu membuat tempat tidur senyaman mungkin. Rutin ganti dan bersihkan seprai supaya kamu nyaman menikmati mimpi di malam hari

Selain menata kamar dan mengurangi kegiatan yang nggak penting, kamu juga harus pandai membuat nyaman tempat tidur. Misalnya rutin ganti seprai, selimut, dan menebahinya setelah rebahan di kasur. Nggak hanya itu saja, kamu juga harus mengurus tubuh biar jadi relaks dan terasa segar. Sepeti rajin mandi, keramas, dan menggosok gigi.

10. Yang udah punya pasangan jangan sampai salah posisi tidur. Kalau nggak ya pasangan bakal marah atau badanmu jadi terasa sakit

Kamu yang udah punya pasangan harus memperhatikan dengan baik posisi tidur. Karena bukan kamu seorang saja yang berada di atas ranjang, maka kamu perlu memperhatikan gerak tubuhmu sebelum tidur. Kalau rambutmu panjang, jangan sampai deh gerai rambut itu bikin wajah pasangan tertutupi. Atau hati-hati juga jika lagi tidur berhadapan sambil pelukan, jangan sampai tanganmu melingkari pasangan terlalu kuat. Hayo, kalau udah begini yang ada bisa-bisa dia nggak mau lagi tidur sama kamu lho.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!