Macam-macam Orang Bilang Mau Buang Air Besar. Kamu Paling Sering Pakai Istilah Apa?

Pernah nggak sih kamu tiba-tiba mendapatkan ‘panggilan alam’ saat nongkrong bareng teman? Pastinya nggak enak, ya, kamu yang sedang asyik ngobrol malah harus segera melipir ke toilet untuk buang air besar. Tapi, namanya juga panggilan alam, artinya kamu nggak punya kuasa untuk mengatur kapan waktu datangnya. Alarm untuk buang air besar bisa datang kapan saja dan di mana saja.

Advertisement

Nah, kalau SoHip cukup jeli nih, ternyata ada macam-macam orang bilang mau buang air besar. Panggilan alam atau alarm cuma dua contoh aja. Selain itu, masih buanyak penyebutan buang air besar, lo.

Emang apa aja sih?

Temukan jawabannya di ulasan ini, SoHip. Cus~

Advertisement

1. Mulai dari penyebutan buang air besar yang konon katanya paling sopan dan halus ini, yaitu pup

Pup / Credit: Pexels Anna Shvets

Siapa nih yang biasanya bilang pup saat mau buang air besar? Entah dari mana penjelasan ini, tapi pup disebut-sebut penyebutan paling sopan dan halus. Katanya sih, mengucapkan pup kesannya mirip seperti akan kecil yang bilang ke orang tuanya kalau sedang ingin buang air besar. Emang iya, ya?

2. Ternyata, bilang eek paling cocok dilakukan di waktu ini, lo. Udah tahu belum?

Eek / Credit: Pexels Anna Shvets

Selain pup, orang juga menyebut buang air besar dengan eek. Contohnya nih, “Aku mau eek dulu, Yang.” Penyebutan ini biasanya lembut dengan sedikit kesan imut atau manja. Penyebutan ini paling cocok menggambarkan buang air besar di pagi hari. Selain itu, penyebutan ini sering diucapkan saat ngobrol dengan orang yang dikasihi seperti pacar, gebetan, atau pasangan suami-istri. Biar terdengar ‘manis’~

3. Nyebut beol paling pas ditujukan pada teman biar terkesan friendly. Ada-ada aja~

Beol / Credit: Pexels Anna Shvets

Buang air besar disebut juga beol. Sampai detik ini, masih belum jelas asal-usul penyebutannya, tapi cukup familier di telinga. Sering kali kata “beol” diucapkan untuk memberitahu teman kalau kita ingin buang air besar. Mungkin kesannya agak friendly gitu, ya, SoHip. Namun, penyebutan ini bisa ditujukan ke siapa saja sebenarnya. Nggak sebatan ke teman.

Advertisement

4. Berak atau boker, mana penyebutan buang air besar yang paling enak?

Berak & Boker / Credit: Pexels Anna Shvets

Berak dan boker juga paling sering diucapkan orang ketika mau buang air besar. Penyebutan ini paling enak, nyaman, dan jelas karena sudah banyak orang yang tahu. Jadi, sekali kita bilang berak atau boker, orang sudah paham kalau kita harus buang air besar. Ini opsi paling mudah ketimbang nyari sebutan lain yang aneh dan penuh tanda tanya. Contoh penyebutan yang agak membingungkan adalah kontraksi

5. Ini dia penyebutan buang air besar versi paling sederhana. Cuma disingkat aja~

Bab / Credit: Pexels Anna Shvets

Penyebutan ini bisa dibilang paling lumrah dan mudah. Bagaimana nggak? Buang air besar disingkat jadi BAB. Dalam sekali sebutan, orang pasti sudah paham dengan maksud kita. Selain itu, penyebutan ini juga nggak terlalu butuh effort, SoHip. Kan, kita tinggal bilang tiga huruf aja. Masa susah sih?

6. Penyebutan ngising terbatas di kalangan orang Jawa, sehingga nggak terlalu umum digunakan

Ngising / Credit: Pexels Anna Shvets

Selanjutnya, ada kata “ngising” untuk menggambarkan bahwa kita mau buang air besar. Kata ini populer di kalangan orang Jawa saja. Jadi, penggunaanya pun terbatas. Orang dari suku lain kemungkinan nggak tahu. Makanya, penyebutan ini nggak bisa diucapkan ke semua orang, apalagi yang nggak paham bahasa Jawa.

Kalau di daerah SoHip, buang air besar disebut apa?

7. Ini dia penyebutan yang ambigu dan mirip permainan teka-teki. Kok bisa buang air besar disebut setoran?

Setoran / Credit: Pexels Anna Shvets

“Gue mau setoran dulu.”

Bukan… Ini bukan setoran pekerjaan atau setoran tugas, tapi setoran kotoran ke toilet. Buang air besar diibaratkan setoran yang harus segera dibuang. Penyebutan ini tidak to the point, ya. Kendati demikian, sebagian besar orang cukup paham kok kalau setoran juga berarti buang air besar. Tinggal pintar-pintarnya kita aja menangkap maksud dan konteks saat kata “setoran” diucapkan.

Selain 7 penyebutan tersebut, kira-kira ada penyebutan buang air besar yang lain? Share di kolom komentar, ya~

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE