Beratnya Pekerjaan Para Petugas Kesehatan Tergambar dalam 15 Foto Mereka yang Tertidur Ala Kadarnya

Belakangan ini, orang-orang yang mengabdikan diri di bidang kesehatan tengah ramai dijadikan sorotan. Isu yang awalnya viral di dunia maya, kini sudah menjadi konsumsi seluruh masyarakat Indonesia.  Seperti yang kita tahu, isu tersebut berawal dari sosok Zumi Zola, artis sekaligus Gubernur Jambi, yang mengamuk di RSUD Raden Mattaher Provinsi Jambi saat melakukan sidak. Kemarahannya terjadi setelah dia melihat para petugas kesehatan tertidur saat sedang berjaga.

Advertisement

Hal itu pun sontak menjadi bahan perbincangan yang penuh dengan pro dan kontra. Terlepas dari perdebatan panjang yang terjadi di dunia maya, tak ada salahnya jika kita sedikit menilik bagaimana perjuangan para petugas kesehatan ketika sedang bertugas. Untuk kamu yang tidak familiar dengan pola kerja mereka, foto-foto di bawah ini mungkin akan cukup mewakili apa yang sebenarnya terjadi dan dirasakan oleh para pahlawan kesehatan kita.

1. Tertidur di meja jaga seperti ini mungkin akan menjadi pemandangan yang wajar terjadi, mereka lelah…

2. Sepulas-pulasnya, tidur menunduk di atas meja pasti beda rasanya. Kamu pernah?

tidur di meja jaga lho...

tidur di meja jaga lho… via 0hhsem.blogspot.co.id

Advertisement

3. Demi loyalitas, meski lelah mereka tetap rela tidur dalam kondisi yang ala kadarnya

numpuk-numpuk gini sih ya :(

numpuk-numpuk gini sih ya 🙁 via www.ruizhealytimes.com

4. Tertidur di kasur dan kursi yang nyaman berasa seperti ‘surga’

kan... :(

kan… 🙁 via bestofweb.com.br

5. Bahkan, meringkuk di sofa pun bisa disebut keberuntungan yang sangat langka

meringkuk :(

meringkuk 🙁 via imgur.com

Advertisement

6. Dalam imajinasi mereka, apapun bisa jadi bantal empuk yang melepas lelah

>.<

>.< via imgur.com

7. Syukur-syukur kalau ada lipatan baju  yang cukup empuk seperti ini

tidurnya sambil duduk dan bungkuk.

tidurnya sambil duduk dan bungkuk. via tandakucinghamil.blogspot.co.id

8. Bahkan mereka bisa tidur di lantai dingin hanya dengan beralaskan selimut tipis

beralas selimut tipis.

beralas selimut tipis. via www.voyagerloin.com

9. Atau dua kursi yang dijadikan satu. Nyamankah Mbak tidur seperti itu?

dua kursi jadi satu...

dua kursi jadi satu… via roll.sohu.com

10. Tempat bukan lagi jadi permasalahan ketika kantuk sudah tak tertahankan

:(

🙁 via wuaos.com

11. Masih berbalut busana kerja, mereka hanya bisa beristirahat beberapa menit saja

12. Muka mereka begitu lelah, tapi bagaimanapun profesi ini adalah sebuah amanah

mukanya lelah banget :(

mukanya lelah banget 🙁 via cuisine-et-sante.net

13. Meski terkadang ada kalanya ingin mengeluh, mereka tetap terus bekerja dengan tulus

ketiduran di atas kursi kerja.

ketiduran di atas kursi kerja. via cuisine-et-sante.net

14. Boleh ‘kan kalau istirahat sebentar saja demi bisa menangani pasien dengan kondisi yang fit?

posisinya pun bisa jadi nggak nyaman.

posisinya pun bisa jadi nggak nyaman. via www.voyagerloin.com

15. Lagipula dalam lelapnya, mereka masih tetap terjaga dan selalu siap sedia ketika panggilan terdengar di telinganya

tertidur di antara tumpukkan buku.

tertidur di antara tumpukkan buku. via www.explosion.com

Foto-foto tadi adalah bukti perjuangan para petugas kesehatan saat harus berjibaku dengan lelahnya ketika tengah bertugas. Pekerjaan dengan risiko dan tanggung jawab yang besar itu bukan tak mungkin menjadikan mereka sebagai pekerja yang ‘tahan banting’. Lantas, sebagai manusia normal pada umumnya, wajar ‘kan kalau mereka punya rasa lelah? Jadi, mungkin kita yang tidak merasakan beratnya perjuangan mereka bisa sedikit menghargai dengan menyikapi isu ini secara lebih bijaksana.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penyuka kuning dan Kamu.

100 Comments

  1. Ibnu Ilham J berkata:

    Pihak rumah sakit juga memberikan waktu untuk semua ituu, nah kalo mereka msih seperti ini diwaktu kerjanya berarti mereka orang….

  2. Dita berkata:

    jd keinget jmn kuliah*karna saya memutuskan utk tdk meneruskan utk mengambil coass*, tiap jdwal shift jaga pst ad wkt istrhtnya. Dan klo emg hrs siaga/on call, pasien byk dan ada pasien gawat emg kita gk bsa tidur. Kn hrs standby. Lelah,,ngantuk itu manusiawi, asal jg wktu nya tepat yach dan gk mengesampingkan pasien.

  3. Hanya bisa berkata “bekerja dengan tulus ikhlas mengabdi mengemban amanat bangsa.”

  4. Mereka cuma bisa mengkritik.. Lalu ada komentar.. “itu kan tugas anda. Tanggung jwb anda”..menjijikan se x org yg membully tu

  5. Berat lho bkerja melawan jam biologis manusia. Dan yg dlayani manusia dengan segala tingkah dan keluh kesahnya, bukan mesin.

  6. Hepi Tbmr berkata:

    mas ibnu,,, lihat fakta di lapangan donk,, tengah malam kalo pasien sedang istirahat,, ya wajar kalo perawatnya jg nyuri2 kesempatan tidur,, toh masih ada temennya yg jaga,,,, bukan kog semena mena di bentak,,, sama bapak terhormat jambi 1,, bawa2 wartawan lagi,,, nah lohh

  7. Hepi Tbmr berkata:

    wlwpun saya bukan tenaga medis,,, namun saya sangat menghargai profesi mereka yang sangat mulia.
    mungkin teguran akan lebih pantas atau lagsung ke direktur rumah sakit yg bertanggung jawab,,,

  8. Dianidya Ks berkata:

    tidur melawan jam biologis itu susah loh, apalagi yg kebagian shift malam selama 2-3 hari berturut turut. Tau gak sih mas, petugas medis yg kurang tidur itu rawan terjadi kesalahan saat kerja? Orang normal tidur sehari 8 jam, dokter/perawat tidur 2 jam sehari udah dibentak bentak. Lihat kasus ini jangan hanya dari sisi pelayanannya aja, lihat juga kondisi aslinya di lapangan.
    Itu bupatinya belum pernah operasi 10 jam nonstop, lari-lari di bangsal, ngurus pasien 5 orang sekaligus di UGD

  9. Oktaffyani Puji berkata:

    saya mencoba memahami pemikiran dari ketiga orang yang komen diatas saya, tapi apakah dokter tidak punya jam istirahat pada saat jam kerja ? dan apakah pekerjaannya menuntut untuk bekerja 24 jam sehari 7 hari seminggu tanpa ada istirahat ? kalau masalah dokter shift malam 3 hari berturut2 menurut anda berat, padahal banyak juga pekerjaan yang menuntut untuk bekerja malam hari, contohnya parik yang beroperasi 24 jam, pasti kan ada yang kerja shif malam juga. tapi mereka juga tetep punya waktu istirahat kok

CLOSE