Aplikasi Tik Tok

Ramainya penggunaan ponsel pintar atau smartphone saat ini juga turut serta melahirkan berbagai perusahaan pembuat atau pengembang aplikasi untuk bersaing di pasaran. Aplikasi-aplikasi baru bisa muncul setiap waktu. Entah itu berkaitan dengan media sosial, informasi, fotografi, hingga hiburan. Kalau kamu termasuk salah satu orang yang update dengan aplikasi-aplikasi smartphone, pasti sudah nggak asing lagi sama aplikasi yang satu ini: Tik Tok.

Aplikasi satu ini mendorong pengguna untuk mengembangkan kreativitasnya melalui gerakan. Dengan musik yang telah disediakan, pengguna bebas untuk menciptakan gerakan apa saja. Berkat kelucuan dari video-video Tik Tok ini, nggak sedikit lho yang jadi terkenal dan populer di media sosial. Jika itu tujuannya untuk lucu-lucuan saja, tentu nggak masalah. Namun nggak semua orang mengerti bagaimana kreativitas yang tanpa batas itu, seperti remaja satu ini.

Beberapa waktu lalu, seorang ABG mengunggah kabar duka atas kematian kakeknya melalui akun Instagram

kakeknya meninggal via www.instagram.com

Advertisement

Seorang pengguna Instagram dengan akun @nfa.fadhilah mengunggah berita duka tentang kematian kakeknya melalui Instagram beberapa waktu lalu. Dalam unggahannya tersebut, ABG satu ini terlihat menggunggah beberapa foto jenazah kakeknya yang tengah terbaring. Ia bahkan memeluk kakeknya itu. Jika hanya sekadar itu yang ia unggah, mungkin warganet bakal ikut berbela sungkawa. Namun mirisnya, gadis ini malah membuat video Tik Tok dengan lagu “When I See You Again” dengan melibatkan jenazah kakeknya.

Mungkin gadis ini sedang asyik-asyiknya menggunakan aplikasi ini. Tapi nggak harus bikin video saat jenazah kakeknya disemayamkan juga dong

Dalam video yang berdurasi kurang lebih 15 detik ini, cewek tersebut terlihat melakukan beberapa gerakan sambil mengikuti irama lagu. Tapi yang membuat miris adalah di detik-detik terakhir, ia justru mengikutsertakan jenazah kakeknya yang tengah terbaring. Artinya, ketika kakeknya disemayamkan, cewek ini malah bermain Tik Tok. Mungkin tujuannya adalah menunjukkan rasa duka cita dan kehilangannya, tapi dengan membuat sebuah video melalui aplikasi ini rasanya sama sekali nggak pantas.

Tentu saja ini memicu keprihatian publik. Nggak sedikit yang menyayangkan kelakuan gadis ini karena dianggap nggak pantas

komentar warganet via www.instagram.com

Advertisement

Video Tik Tok tersebut akhirnya viral di media sosial. Dan tentu saja, sang pembuat video mendapat kecaman dari warganet. Mereka merasa prihatin dengan apa yang dilakukan oleh gadis ini. Membuat video yang biasanya identik dengan lucu-lucuan tapi malah dibuat dalam keadaan berduka ini rasanya nggak pantas. Meskipun dalam video tersebut terlihat sang cewek memeluk jenazah kakeknya, tapi penggunaan aplikasi Tik Tok dalam keadaan berduka ini sangat nggak pas. Bagaimana mungkin bisa setega itu memvideokan jenazah yang terbaring untuk kepentingan “hiburan”?

Memang, aplikasi ini diciptakan untuk memicu dan mengembangkan kreativitas pengguna. Apalagi banyak yang menyatakan kalau kreativitas itu bebas. Tapi bukan berarti nggak mengindahkan nilai-nilai lain seperti tata krama, sopan santun, dan sejenisnya, ya. Kira-kira apa wajar atau pantas membuat video seperti ini saat sedang berduka, apalagi ikut menyertakan jenazah di dalam videonya?

Sekiranya, para pengguna ponsel pintar bisa lebih mengerti lagi bagaimana kreativitas itu sendiri. Dengan wadah yang telah disediakan, kreativitas harusnya disalurkan pada tempat dan keadaan yang tepat. Semoga hal ini nggak kejadian lagi, ya, apalagi sampai diunggah ke media sosial.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya