Dahulu handphone hanya berfungsi untuk menelpon dan SMS, sekarang fungsinya sudah bermacam-macam; hiburan, penunjang pekerjaan, berjualan, dan lain sebagainya. Kecanggihan dan kemudahan yang ditawarkan gawai membuat sebagian besar orang sulit untuk mengabaikan keberadaannya walaupun hanya sebentar.

Kemudahan-kemudahan yang diperoleh dari gawai apabila dicermati secara nggak sadar sudah membentuk suatu kebiasaan; kebiasaan update media sosial, selfie, video call dan lain sebagainya. Kebiasaan itu juga nggak kenal waktu dan tempat. Pagi, siang, malam, di kamar, kelas, bahkan di kamar mandi. Ya, memang itu hak kamu dan sah-sah saja kamu lakukan. Namun, kamu mesti memperhatikan kebiasaan memainkan gawaimu itu karena nggak di setiap waktu aktivitas itu baik untukmu. Daripada kamu ketiban sial, lebih baik kamu mengubah kebiasaanmu di 5+ momen berikut ini.

1. Memainkan pemutar musik saat tidur kerap dilakukan bagi sebagian orang. Selain karena radiasi bagi kesehatanmu kebiasaan ini juga bahaya lho

Tidur sambil menggunakan headset+charge via bali.tribunnews.com

Dilansir Tribun-Bali.com, tahun 2016 warga di sekitar di Denpasar digemparkan dengan penemuan sesosok jenazah pria bernama Soni Prastya (31) yang diduga tewas tersengat aliran listrik yang mengalir melalui headset yang ia kenakan untuk mendengarkan musik dari ponselnya. Saat ditemukan pertama kali oleh rekannya, posisi korban dalam keadaan tertelungkup.

Darah segar terlihat mengucur dari mulut korban. Tubuh korban sudah mulai mengeras, terlihat membiru dari bagian dada hingga kepala. Di sebelah tubuh korban, terdapat ponsel miliknya dalam keadaan menyala dan tersambung dengan charger ponsel.

2. Ketika di kamar mandi, entah itu sedang  pup atau mandi kadang kamu membawa gawaimu masuk. Kamu mesti hati-hati kalau nggak mau ketiban sial seperti ini …

Advertisement

bawa smartphone ke kamar mandi via shanghaiist.com

Melansir Shanghaiist.com, seorang pria di Guangdong, Tiongkok tanpa sengaja menjatuhkan ponselnya ke lubang kloset ketika pria itu sedang di toilet rumahnya pukul 2 dini hari. Lantas pria itu nekat merogohnya. Celaka, bukannya ponsel yang didapat, tangannya malah terjebak nggak bisa ditarik dari dalam lubang kloset. Untungnya, setelah pukul 5 pagi, tetangga akhirnya mendengar teriakan pria itu. Petugas pemadam kebakaran datang dan menemui cepat mengevakuasi pria itu.

3. Menelpon sambil mengisi baterai gawai mulai sekarang perlu kamu batasi, ya, Guys. Sudah ada korban lho!

Ngecas sambil menelpon via www.dailymail.co.uk

Wajah pemuda terluka setelah ponselnya meledak saat ia menjawab sebuah telepon di Mysuru, India. Pada saat itu kondisi ponselnya sedang tersambung dengan pengisi daya. Ledakan itu merobek bagian bawah wajah Seetharam, mengakibatkan pendarahan dan kerusakan parah.

Advertisement

Suara ledakan itu nggak cukup keras untuk didengar orang lain. Baru setelah dia berteriak minta tolong bahwa orang tua dan rekan sekerjanya bergegas masuk dan terkejut melihat wajahnya berceceran darah. Dia langsung dilarikan ke Rumah Sakit JSS terdekat untuk menjalani perawatan.

4. Apapun alasannya bermain gawai sambil berkendara sanggat nggak dianjurkan untuk dilakukan. Nyawa taruhannya

kecanduan gadget via tirto.id

Melansir Tirto.id, menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bertajuk Mobile Phone Use: A Growing Problem of Driver Distraction, sekitar 8,4 persen kecelakaan dan korban luka di Belanda disebabkan oleh penggunaan ponsel sambil berkendara.

Sama halnya dengan laporan National Highway Traffic Safety Administration yang dirangkum Statista menunjukan bahwa pada tahun 2010, jumlah kecelakaan kendaraan di AS yang disebabkan penggunaan ponsel sebanyak 46.000 kasus. Pada tahun 2012 jumlah itu meningkat menjadi menjadi 60.000 kasus dan 71.000 kasus di tahun setelahnya. Data terakhir tahun 2015, jumlah kecelakaan terbilang masih sangat tinggi yaitu sebanyak 69.000 kasus. Kecelakaan akibat  penggunaan ponsel saat berkendara tentu saja nggak hanya terjadi di AS atau Belanda, namun hampir di berbagai belahan dunia termasuk di sekitar kita.

5. Hati-hati! Meski terkesan aman-aman saja, namun bermain ponsel saat sedang jalan kaki juga bahaya

Video diatas memerlihatkan bagaimana bahaya bermain ponsel dijalan. Terlihat bahwa sang wanita terlalu asyik melihat ponsel hingga ia nggak melihat ada mobil yang didepannya, ia pun terjatuh setelah menabrak dan tubuhnya tersangkut dibawah mobil setelah mobil berjaan mundur. Untung, nasib masih memihak. Nggak ada bagian tubuhnya yang terlindas. Makanya, kurang-kurangi main ponsel dijalan!

[Bonus – Meski nggak membahayakan nyawa, namun kebiasaan sepele ini berujung celaka juga]

Meskipun dengan bermain Tinder kamu bisa berkenalan dengan cowok atau cewek cantik, tapi harus tahu waktu!

Hati-hati ya, Guys via tirto.id

Bemain Tinder mungkin nggak terlalu berbahaya seperti kebiasaan lain di atas. Tapi yang perlu diperhatikan adalah kamu nggak bisa di setiap waktu melakukan aktivitas yang menyenangkan itu. Terlebih saat kamu sedang bersama pacarmu. Jangan sampai ketahuan, bisa-bisa ada perang dunia nanti. Tahu sendiri kan gimana pacarmu kalau sedang marah? Lebih baik jangan, ya, Guys 😀 Hehe

Ya, bisa dibilang gawai dan millenial bisa dibilang sudah menjadi 2 hal yang mustahil sulit untuk dipisahkan. Barangkali memang tuntutan zaman. Namun, melihat beberapa kasus di atas sejatinya aktivitas maya bersama gawai kesayanganmu sangat perlu dibatasi dengan berbagai pertimbangan keselamatan. Ya, tentu kamu yang lebih tahu kebiasaanmu yang mana membahayakan. Semoga dengan informasi di atas, kamu bisa lebih berhati-hati.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya