Rekomendasi film horor yang harus kamu tonton!

Memancing rasa takut bagi sebagian orang adalah hal yang cukup menantang. Nggak jarang orang mengategorikan hal-hal berbau mistis sebagai sebuah hiburan. Buktinya, wisata malam hingga film yang berbau hantu-hantuan masih laris hingga detik ini, kan?

Beruntung, sebagai orang Indonesia, kamu nggak perlu menunggu bulan Oktober yang identik dengan Halloween buat bermain dengan hal-hal menyeramkan. Malam Jumat Kliwon sudah banyak diyakini menjadi waktu keluarnya para hantu buat mengganggu manusia. Terlepas percaya atau nggak, mendingan kamu simak rekomendasi film horor berikut. Biar malam Jumatmu yang membosankan itu berakhir karena hanya bergoler ria di kamar indekos1.

1. Pengabdi Setan (2017) adalah film horor yang sempat bikin heboh perfilman Indonesia. Adegan penampakan yang ngeri dan ceritanya yang menarik layak tonton (lagi) banget

Sini, salim dulu sama ibu! via cinemapoetica.com

Advertisement

Menceritakan tentang seorang ibu dari empat anak yang sakit-sakitan kemudian meninggal dunia. Belakangan diketahui kalau sang ibu telah melakukan perjanjian dengan setan demi kesuburan atau agar memiliki anak. Anak terakhir dijanjikan untuk menjadi tumbal dan dijemput ketika berusia empat tahun. Banyak makhluk halus yang kemudian berdatangan untuk menjemput anak bungsu keluarga tersebut. Penampakan sang ibu yang telah meninggal, hingga sekumpulan pocong, pasti bikin kamu merinding nggak karuan. Siapa tahu gulingmu ….

2. The Blair Witch Project (1999) adalah film horor yang kengeriannya nyata. Cara pengambilan gambar dengan self camera bahkan sempat bikin orang mengira film ini berbentuk dokumenter

Bayangkan kalau kamu ada di film ini …. via www.superguide.nl

Pada awal penayangannya, hampir semua orang mengira bahwa film The Blair Witch Project adalah sebuah dokumenter nyata tentang pengalaman mistis seseorang ketika berada di hutan. Akting yang sangat memukau dibarengi dengan lokasi pengambilan gambar yang sangat nyata, membuat semua orang beranggapan kejadian dalam film adalah nyata. Hingga saat ini kru film bahkan menyimpan rapat-rapat soal produksinya dan membuatnya tetap misterius hingga hari ini.

3. Kamu tahu franchise film Paranormal Activity (2007), kan? Pengambilan gambarnya mirip The Blair Witch Project ditambah dari kamera CCTV, jadi terasa super nyata

Meski kualitas gambar setara CCTV, tapi justru makin menakutkan. via www.sonymoviechannel.co.uk

Paranormal Activity memiliki hingga 7 seri yang semuanya layak tonton. Pengambilan gambar dalam film ini dibuat layaknya dokumenter sehingga adegan penampakannya terasa super nyata. Meski tanpa musik jump scare yang mengagetkan kamu tetap bisa ketakutan dan kebayang-bayang dengan penampakannya.

4. Bagimu yang penasaran dengan horor klasik dan mengandung adegan kesurupan, film The Exorcist (1973) wajib banget ditonton. Ceritanya terinspirasi dari kejadian nyata lho

Nah, loh, kepalanya muter! via giphy.com

Advertisement

Film klasik ini memang belum secanggih film-film horor modern yang teknologi pengambilan gambarnya sudah benar-benar seperti nyata. Tapi jangan salah, film ini adalah horor yang bisa dibilang paling menyeramkan karena terinspirasi dari kejadian nyata. Menceritakan seorang anak yang kesurupan ruh dan berkali-kali gagal untuk disembuhkan oleh beberapa pendeta. Nggak banyak efek suara mengagetkan tapi tetap serem dan bikin deg-degan.

5. Penampakan cewek berambut panjang memang nggak pernah nggak menyeramkan. Film Ring (1998) adalah salah satu yang berhasil membawa hantu Sadako ke layar lebar

Hantu yang termoderasi teknologi, ya, begini. via giphy.com

Hampir sama dengan sebagian besar film horor menakutkan lainnya, kali ini film Ring juga menyajikan legenda urban dari Jepang tentang hantu Sadako. Adegan paling terkenal dari film ini adalah ketika hantu wanita berambut panjang keluar dari layar televisi dan memanjat sumur. Kamu nggak akan lupa bagaimana Sadako merangkak mendekatimu. Serem abis!

6. Bagi yang belum sempat nonton franchise film The Conjuring (2013), malam ini adalah waktu yang tepat. Siap-siap senam jantung, ya!

Itu dibelakang Abang ada siapa … ? via www.funx.nl

Film horor modern yang khas dengan jump scare ini cukup ampuh bikin jantung kamu berdebar nggak keruan2. Mulai dari penampakan perempuan tua misterius, anak kecil, hingga suara-suara aneh, mengajak kamu lebih terlatih dengan rasa takutmu. Film ini menceritakan pengalaman pasangan paranormal terkenal yaitu Ed dan Lorraine Warren yang kerap menghadapi kasus-kasus supranatural mengerikan. Coba deh, tonton!

7. Balik lagi ke karya anak bangsa, ada film Jelangkung (2001) yang sampai sekarang kengeriannya belum berakhir

Jangan main-main sama hal gaib! via id.bookmyshow.com

Jelangkung, jelangkung, di sini ada pesta kecil-kecilan, datang tak dijemput, pulang tak diantar“.

Familiar dengan kalimat mantra pemanggilan arwah tadi? Legenda urban asal Indonesia yaitu jelangkung berhasil diangkat ke layar lebar dan mengundang sukses di tahun 2001. Legenda soal jelangkung, boneka pemanggil arwah yang terbuat dari kayu dan batok kelapa memang benar-benar mengerikan. Kalau nggak menyelesaikan ritual pemanggilan arwah, kamu akan digentayangi arwah yang kamu panggil. Seperti yang terjadi pada empat sekawan di film horor Jelangkung ini. Hiii … kalau sudah sebutin mantra jangan langsung pergi, harus ‘main-main’ dulu sama arwahnya tuh!

Cus segera pergi ke toko DVD atau pergi ke rentalan terdekat buat mendapatkan film-film ini. Dapetin pengalaman menyeramkan yang nyata di malam Jumatmu yang sepi dan sendiri. Adrenalin bakal meningkat dan jantungmu bakal terpacu dengan cepat. Selamat malam Jumat Kliwon, Guys!


  1. in.de.kos /indêkos/
    bentuk tidak baku: kos
    v cak  tinggal di rumah orang lain dengan atau tanpa makan (dengan membayar setiap bulan); memondok
  2. ke.ru.an /kêruan/
    bentuk tidak baku: karuan
    a cak  pasti; tentu
Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya