Tiongkok menjadi salah satu negara dengan banyak layanan unik yang tersedia. Sebutlah layanan menyusui orang dewasa, menyemprot rumput dengan pewarna hijau, atau terapi pura-pura mati. Sebuah layanan berupa kapsul tidur ini juga tak kalah unik. Seperti yang kita kenal, Tiongkok juga menjadi negara tersibuk di dunia sehingga layanan ini dianggap dapat menjadi jawaban bagi banyak orang sibuk yang tidak sempat pulang ke rumah hanya untuk tidur siang. Di satu sisi, tidur siang menyimpan banyak manfaat bagi kondisi psikologis seseorang. Hal itulah yang melatarbelakangi sebuah perusahaan start up Xiangshui Space, untuk menciptakan layanan kapsul tidur ini.

Kapsul ini diciptakan tanpa staf penjaga. Pengguna hanya perlu scan barcode untuk dapat menikmatinya

Perlu aplikasi via chinaplus.cri.cn

Perusahaan yang menciptakan kapsul tidur ini mengandalkan smartphone untuk menjalankan bisnis layanannya sehingga meminimalisir penggunaan tenaga manusia. Pengguna yang ingin menikmati layanan ini harus mengunduh aplikasi di ponsel mereka dan mengisi semacam saldo di sana. Saldo tersebut nantinya akan digunakan untuk membayar tagihannya. Sesampainya di kapsul, mereka hanya perlu scan barcode yang tersedia di aplikasinya. Secara otomatis saldo akan terpotong dan kapsul pun akan terbuka dengan sendirinya.

Pengguna dibebankan tarif dua ribu rupiah untuk tidur di sana. Memang terlihat murah ya, tapi jangan tertipu dulu..

Memang sih murah, tapi.. via chinaplus.cri.cn

Tarif yang ditetapkan untuk tidur di kapsul ini adalah satu yuan saja atau sekitar dua ribu rupiah. Eits, tapi tunggu dulu. Tampaknya memang murah, namun tarif tersebut hanya berlaku untuk lima menit! Buat kamu yang waktu tidurnya selalu lama, siap-siap saja bayar mahal. Belum lagi aturannya juga berbeda jika kamu tidur di jam-jam sibuk antara jam 11-2 siang, karena dengan satu yuan kamu cuma bisa tidur selama tiga menit. Tapi meskipun kamu punya uang lebih untuk tidur di sana, perusahaan menetapkan tarif maksimal untuk menikmati layanan ini lho, yaitu sebesar 58 yuan atau sekitar 115 ribu rupiah. Jadi kamu tak bisa tidur lebih dari empat jam. Solusi ini dilakukan untuk meminimalisir orang-orang yang ingin bermalam di sana.

Tapi dengan tarif itu kamu bisa menikmati berbagai fasilitas yang nyaman untuk mendukung waktu istirahatmu

Advertisement

Fasilitasnya nyaman via www.dream.co.id

Selain ada kasur empuk, Manajer Operasional Xiangshui Space, Han Yue, mengatakan bahwa kapsul tidur milik perusahaannya dilengkapi dengan penyumbat telinga, lampu ultraviolet, dan pengisi daya ponsel. Dengan fasilitas tersebut diharapkan pengguna dapat menikmati waktu istirahat senyaman dan semaksimal mungkin. Ke depannya, tak hanya di Beijing, perusahaan akan melebarkan sayap ke beberapa kota besar lain seperti Qindao, Nanjing, dan Shenzhen.

Nah, kalau kamu jadi warga Beijing yang sibuk, kira-kira minat nggak untuk menikmati layanan ini?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya