12 Karya Seni Jalanan yang Jarang Diperhatikan Orang. Kalau Usil Hasilnya Sekeren ini, Boleh Nggak?

Karya seni jalanan

Mencorat-coret tembok bangunan umum tergolong aksi vandal yang dilarang. Beberapa negara sudah menerapkan aturan untuk menghukum tangan-tangan usil yang melakukannya. Namun bukannya kapok, aksi vandal ini malah semakin marak dan kreatif. Kini vandalisme nggak cuma sekadar mencorat-coret atau merusak ruang publik, tapi digunakan sebagai aksi menyuarakan kritik.

Advertisement

Kalau dilihat dari sudut pandang pemerintah, vandalisme tentu akan selalu salah. Coba deh sekali-kali lihat dari sudut pandang seni. Banyak banget vandalisme yang justru bikin ruang publik jadi keren. Seperti halnya 12 potret aksi vandal yang Hipweee Hiburan himpun dari laman thiswillblowmymind ini. Percayalah, kamu akan terkesima melihatnya.

1. Kalau nggak ada tangan usil pelaku vandal, pembatas jalan dan trotoar ini mungkin akan tetap kelihatan samar-samar di mata pengendara mobil. Berterimakasihlah wahai Pemda setempat~

Jadi lebih kelihatan dan lebih artsy. via www.thiswillblowmymind.com

2. Udah reyot begini nggak kunjung dibenerin. Daripada semakin dirusak orang, mending digambarin biar terlihat keren~

Oleng, Kapten~ via www.thiswillblowmymind.com

Advertisement

3. Masih banyak ruang kosong di trotoar, tapi kenapa nggak ada satu pun pohon? Jadi panas, kan. Sebuah kritik kepada semen yang yang disampaikan melalui semen~

Mari menanam! via www.thiswillblowmymind.com

4. Salah satu cara agar kota terlihat artsy adalah dengan memberdayakan seniman-seniman jalanan yang punya karya seperti ini. Mantul, kan?

Keran pelangi. via www.thiswillblowmymind.com

5. Menempeli mobil dengan stiker nggak apa-apa asal punya konsep. Contohnya seperti ini, mobilnya jadi punya sesuatu yang bisa diceritain

Advertisement

6. Hanya bermodal ide, kuas, dan cat, seniman bisa menyulap jalanan menjadi kanvas. Apa judul yang pas buat karya ini?

7. Pernah nggak sih kamu ingat sesuatu ketika melihat sesuatu? Misalnya gantungan baju yang kalau dibayangkan seperti seekor hiu

Ini pasti anak-anak! 😀 via www.thiswillblowmymind.com

8. Jaga kucingmu agar nggak dicaplok oleh makhluk-makhluk luar angkasa ini. Hati-hati! Alien itu nyata, mereka telah menguasai kota

Jaga kucing kamu! via www.thiswillblowmymind.com

9. Ternyata bukan cuma manusia saja yang suka main yoyo, patung juga. Konsep ini bisa ditiru di pancoran, bentuk patungnya seperti pebasket yang lai slumdunk

Patung main yoyo. via www.thiswillblowmymind.com

10. Sebuah kritik langsung kepada sebuah brand yang mengaku hemat energi padahal dia menyumbang 1 miliar sampah gabus kepada dunia. Savage!

11. Apakah ini patung dari penemu skateboard?

Patung skateboard. via www.thiswillblowmymind.com

12. Sebelum dicorat-coret, tembok ini diabaikan orang yang lewat. Tapi berkat keusilan orang, tembok ini akhirnya sudah mulai dilirik lagi

Jangan panik, lihat sekitar, dan berinteraksilah! via www.thiswillblowmymind.com

Gimana? Justru setelah dicorat-coret, ruang atau fasilitas publik di atas jadi semakin menarik, bukan? Semoga orang-orang kreatif di jalanan semakin banyak biar kita ada hiburan di jalan. Capek tahu setiap hari ketemu macet dan harus lihat tembok yang begitu-begitu aja. Tolong yang begini dibanyakin! 😀

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

CLOSE