6 Kebiasaan Saat Kecil yang Sekarang Bikin Kita Susah untuk Hidup Bersih. Bisa Karena Terbiasa

kebiasaan jorok anak kecil

Semenjak virus corona merambah Indonesia, kampanye hidup bersih santer digaungkan di tengah masyarakat. Imbauan cuci tangan sebelum makan, menutup mulut saat batuk atau bersin, mengganti pakaian setelah beraktivitas pelan-pelan sudah dilakukan orang masyarakat kita. Harapannya hal ini bisa mencegah penyebaran virus.

Advertisement

Menjalani hidup bersih kenyataannya nggak semudah yang dibayangkan. Sering kali kita lupa melakukan hal-hal yang sebenarnya sudah kita tahu. Yang paling sering soal cuci tangan. Bener nggak? Boleh jadi semua ini karena kebiasaan kita hidup jorok sewaktu kecil. Inget nggak waktu kecil kamu sering melakukan 6 hal ini?

1. Budaya ‘belum 5 menit’ yang sudah mengakar bikin kita sering meremehkan apa yang dimakan. Kalau belum sakit perut, belum kapok~

Sejak kecil kita terbiasa dengan budaya ‘belum 5 menit’ saat ada makanan terjatuh. Di tengah pandemi ini, baiknya kebiasaan itu mulai dikurangi deh. Kita harus tetap menjaga kesehatan dengan menyantap makanan bersih. Biar nggak gampang sakit.

2. Kita terbiasa asal comot saat makan gorengan. Bisa jadi itu yang menyebabkan kita selalu lupa cuci tangan

Ascom, asal comot. via www.suarapedia.com

Sepertinya imun anak kecil lebih kuat dibanding orang dewasa. Dulu mungkin kita jarang sakit perut meski sembrono soal kebersihan tangan. Tapi kini kebiasaan itu mulai kelihatan dampak buruknya. Kita jadi gampang banget sakit perut dan diare.

Advertisement

3. Anak kecil itu suka banget nempelin upil ke kolong meja atau tembok. Makanya pada kaget saat diimbau untuk nggak nggak sembarangan menyentuh benda

Sembarangan. via www.kaskus.co.id

Kita sudah tahu kalau buka pintu mesti pakai bahu, tapi tetep aja tangan reflek menyentuhnya. Apakah kesulitan ini karena dosa kita atas kesembronoan menempelkan upil sembarangan? Entahlah. Yang jelas sulit sekali mengontrol tangan agar nggak sembarangan menyentuh benda.

4. Anak kecil itu suka banget gigitin kuku. Apakah ini alasannya kita susah banget untuk nggak menyentuh wajah sembarangan?

Jorok, ih! via www.kaskus.co.id

Susah banget untuk mengontrol diri nggak menyentuh muka sembarangan. Apalagi yang hubungannya sama mulut. Pasalnya ada beberapa orang yang punya kebiasaan gigit kuku dari kecil. Hayoo, ngaku siapa yang gitu? 😀

5. Entah dapat wangsit dari mana, tapi dulu kita sering banget niup-niup pulpen yang macet. Kini baru sadar kalau itu jorok banget

Iyuuuuh~ via www.zeropromosi.com

Sejak kecil kita sudah menjadi cerdikiawan yang bisa memecahkan masalah pakai cara sendiri. Seperti saat pulpen macet, tutupnya kita copot, lalu tiup biar bisa lancar lagi. Nggak kebayang berapa kuman yang masuk ke mulut, belum lagi tintanya. -_-

Advertisement

6. Main seharian kuat, tapi mandi 3 menit nggak kuat. Sampai diomelin emak karena sabunannya nggak rata 😀

Harus dimandiin dulu baru bersih via www.ngopy.com

Emak dulu sering marahin kita karena mandinya cepet. Ya, iyalah, cuma byar-byur doang. Sampai kadang kita disuruh mandi lagi sabunan, sikat gigi, dan keramas yang benar. Kini hal yang dulu kita sepelekan perannya sangat vital buat membasmi virus. Mandi pakai sabun, Guys!

Hidup bersih adalah soal kebiasaan. Semakin lama kita membiasakan diri maka tubuh kita akan otomatis menyeleksi mana gestur-gestur yang nggak baik buat kesehatan. Jangan capek-capek buat cuci tangan, biar tubuhmu senantiasa terhindar dari virus, bakteri, dan penyebab penyakit lainnya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

CLOSE