Gara-Gara Film, 9 Hal ini Jadi Dipercaya Kebenarannya oleh Banyak Orang. Padahal Cuma Rekayasa lo

kebohongan dalam film

Kita semua tahu, film merupakan sebuah sajian visual yang penuh dengan rekayasa dan tipu daya. Orang-orang di balik layar memang berusaha sekeras mungkin untuk membuat filmnya menjadi seperti realitas. Bahkan nggak jarang, banyak orang yang percaya dengan hasilnya. Ya, meski nggak semuanya unsur dalam film itu sebatas imajinasi sih.

Advertisement

Kebohongan yang diulang-ulang akan bisa membuat publik percaya bahwa itu bukan kebohongan. — Jozef Goebbels

Nah, berangkat dari sinilah, orang-orang jadi percaya dengan apa yang ada dalam film tersebut. Apalagi bagi para cowok yang kebanyakan mengonsumsi film dewasa; mereka lantas berpikir bahwa cowok memang perkasa di ranjang dengan durasi panjang. Hah! Simak nih, beberapa kebohongan yang ada dalam film, tapi masih sering dipercaya oleh banyak orang~

1. Rompi antipeluru adalah jawaban pasti biar kamu kebal terhadap peluru

Benyek kamu bang, ditembak jarak dekat begitu. via www.kabarin.co

Emangnya kamu pikir rompi antipeluru itu dijampe-jampe dulu agar orang yang menggunakannya jadi kebal? Enggak dong. Kalau kamu lihat adegan polisi atau penjahat di film action di tembak menggunakan rompi antipeluru nggak mempan, adakalanya iya.

Advertisement

Tapi faktanya, rompi antipeluru hanya efektif menangkis dari jarak tertentu dan itu pun kalau menggunakan senjata yang kecil. Kalau ditembak pakai AK-47, meskipun pakai rompi antipeluru, tubuhmu tetap akan kayak agar-agar lembek ditusuk garpu~

2. Kita percaya kalau Frankenstein adalah nama monster. Padahal sebenarnya dia enggak punya nama

Hadeh, aku nggak punya nama! via siouxcityjournal.com

Membaca nama Frankenstein pasti yang terlintas di benak kamu adalah monster menyeramkan yang sering keluyuran malam hari, kan? Sebenarnya yang bernama Frankenstein itu adalah dokter yang menciptakannya. Sedang si monster sendiri nggak punya nama kalau kamu baca di novelnya. Tapi susah juga sih, kalau dia nggak punya nama. Manggilnya gimana coba?

3. Petir dan guntur datang di waktu yang bersamaan. Apakah kecepatan cahaya sudah rukun dengan kecepatan suara?

Petir bukan sembarang petir. via physics.aps.org

Padahal kalau kamu nggak sering bolos atau ketiduran pas jam pelajaran fisika, kamu akan bisa membantah kebohongan ini. Petir akan selalu muncul duluan ketimbang guntur. Karena kecepatan cahaya melebihi kecepatan suara. Tapi di film-film Hollywood kamu sudah dibohongi kalau petir dan guntur itu sudah akur dan jalan berbarengan bergandengan tangan.

Advertisement
4. Cinta pada pandangan pertama selalu bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Kebongan yang dipercaya banyak jomlo nih~

Lirikan matamu menarik hati~ via id.pinterest.com

Banyak, kan, film cinta yang menceritakan proses jatuh cinta pada pandangan pertama itu bisa kapan saja dan di mana saja. Biasanya diawali dengan saling tatap, terus cinta di hati auto bersemi. Padahal menurut penelitian yang dilakukan di Belanda pada tahun 2017, cinta pada pandangan pertama bukanlah cinta yang sesungguhnya. Itu hanyalah percikan sesaat. Bukan karena perasaan intim, komitmen, atau gairah yang merupakan ciri cinta sejati. Hmm~

5. Segala sesuatu yang bergerak di luar angkasa itu mesti slow-mo, padahal harusnya lebih cepat dari di bumi

temen yang bilang otw tapi nggak nyampe-nyampe slow-mo juga kali ya via arstechnica.com

Inilah kenapa kamu jangan bolos atau tidur saat kelas fisika. Kita tahu kalau luar angkasa itu nggak punya gaya gravitasi, makanya semua benda di sana ngambang. Dalam setiap film Hollywood, ketika adegan luar angkasa pasti selalu kita lihat astronot yang mengambang, tapi gerakannya slow motion, kan? Udah kayak video TikTok zaman sekarang. Padahal nyatanya kalau gravitasi nggak ada, benda atau hal apa pun yang ada di sana akan lebih bergerak lebih cepat.

6. Bisa nahan napas tanpa tabung oksigen lama-lama di bawah air adalah kemampuan alami manusia. Hmm, itu manusia atau ikan?

Aduh, lupa kalau aku bukan ikan. 🙁 via www.hollywoodreporter.com

Dalam film pada umumnya, sering kita lihat aktor atau aktrisnya nyelam ke laut dan nggak kembali dalam waktu yang singkat. Seperti dia setelah kau utarakan kata cinta gitu. Eh. Padahal kenyataannya seorang manusia yang sehat jiwa dan raganya maksimal hanya bisa menahan napas di bawah air hanya dua menit saja. Kecuali manusia itu adalah Ricardo Bahia dari Brazil, si manusia ikan yang bisa nahan napasnya dalam air selama 20 menit.

7. Mendobrak atau melompati kaca terlihat keren dan nggak akan bikin kenapa-kenapa

So cool, Dude!!!! via www.reddit.com

Sering banget, kan, dalam adegan action, aktor mendobrak kaca untuk kabur atau menyelamatkan diri? Padahal ini paling ketahuan sih bohongnya. Kenapa? Karena kenyataannya, kalau kamu coba mendobrak kaca pintu minimarket, misalnya, yang akan terjadi bukanlah terlihat cool, melainkan kamu akan langsung dirawat di rumah sakit, dengan serpihan kaca yang menempel di sekujur tubuhmu. Skenario terburuknya adalah meninggal dunia. 🙁

8. Nggak sedikit orang yang percaya, waktu Amerika perang dengan Vietnam terkesan sehebat Rambo. Halaaah~

Rembo Tok Dalang yang sering nyuri sendal upin ipin? via www.liputan6.com

Kenyataannya, Amerika itu kalah besar-besaran pada perang Vietnam. Namun, kalau kamu belajar sejarahnya cuma dari film Hollywood, sementara pas mata pelajaran sejarah di sekolah kamu ketiduran melulu, ya, kamu akan memercayai kalau pemenangnya adalah Amerika, dengan kegagahan pasukannya seperti Rambo semua.

9. Setiap perkenalan cowok dengan cewek di bar akan berujung dengan hubungan seks. Kenapa begini bisa dipercaya sih??

Tinder date~ via onedio.com

Heh, apa dikira ngajak seseorang untuk berhubungan seks itu segampang tawar menawar seikat sayur kangkung di Kang Sayur kompleks? Nawar sayur aja masih suka ditolak, apalagi ngajak seseorang untuk berhubungan seks tanpa persetujuan dan komitmen hanya dalam perkenalan pertama.

Jangan jadi percaya kalau semua cewek yang kamu temui di bar itu, semuanya bisa kamu ajak kenalan dan kamu ajak ena-ena, ya! Hollywood sudah membohongimu sampai ke fantasi-fantasimu, anak muda~

Bagaimana, apakah kamu sudah tersadarkan bahwa selama ini hal yang kamu percaya adalah kebohongan yang diproduksi terus menerus sama industri film Hollywood?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

Senois.

CLOSE