10 Kelakuan Rebel yang Sering Dilakukan Anak-Anak TPA. Masa Kecilmu Pasti Pernah Begini, Ngaku!

Kelakuan anak TPA

Setiap orang tentu memiliki masa-masa kecil yang penuh dengan kenangan. Mulai dari kepolosan, hingga tingkah menyebalkan khas anak-anak. Salah satunya adalah saat kita mengikuti agenda TPA alias mengaji bersama bagi anak-anak di masjid yang diadakan selama bulan puasa tiba. Banyak banget hal-hal menggembirakan dan bikin kita jadi senyum-senyum sendiri jika mengingatnya.

Serasa nggak ada beban kehidupan, ujian terberat kala itu adalah ketika melihat ibu marah-marah jika kita belum pulang ke rumah dan bersiap-siap mengikuti TPA. Padahal, ibarat hanya pindah tempat bermain, di masjid pun kita lebih banyak bercandaan dengan teman sebaya dibandingkan mengaji. Nah, inilah kelakuan rebel anak TPA yang pasti kita semua pernah mengalaminya.

1. Kalau disuruh salat sama ustaz, tapi nggak hafal sama bacaan suratnya, kamu pasti cuma menggumam ‘wswswswswsw’ biar kelihatan berdoa

Latihan salat ala anak TPA. via al-asad.sch.id

2. Entah apa yang ada di benak anak-anak umur segitu, pasti di antara kalian pernah ada yang mainan petasan di halaman masjid. Kalau belum ada yang dimarahin pokoknya belum berhenti

Mainan petasan sampai dimarahi warga sekitar. via www.solopos.com

3. Disuruh anteng dan diam buat latihan salat, malah jalan muter-muter saf. Mending kalau cuma jalan, biasanya ada yang sampai kejar-kejaran segala, hadeeeeh!

Muter-muter saf bikin orang nggak fokus beribadah. via oasemuslim.com

4. Datang ke masjid nggak ikut ngaji, tapi cuma mau ikut buka bersama, ada juga lo. Kamu dulu begini juga nggak?

Suasana buka bersama anak-anak TPA. via masjid-alamal.blogspot.com

5. Biar makin ramai dan jadi pusat perhatian, kamu pasti juga sering nambah-nambahin lirik lagu “Aku Anak Saleh” dengan berbagai macam kalimat konyol

Selalu heboh saat menyanyi lagu “Aku Anak Saleh”. via tpamuhtadin.wordpress.com

6. Ngecengin santri lain yang disuruh maju ke depan hafalan surat pendek, tapi nggak bisa, padahal dirinya sendiri juga gabisa. Pusing!

Ngerjain temen yang lagi diuji kemampuan bacaan salat. via tribratanews.polri.go.id

7. Ngerjain teman aja nggak cukup, satu di antara kalian pasti ada yang sampai berani usil sama guru ngaji seperti ini kan!?

Usil sama guru ngaji, berani-beraninya, ya~ via foto.inilah.com

8. Ini biasanya sering dilakuin sama santri cowok nih, nggak pernah bawa kado silang saat disuruh, tapi ngaku bawa biar dapat kado dari temen lain. Penipu ulung sejak dini!

Tukar kado saat TPA Ramadan. via tpamuhtadin.wordpress.com

9. Kalau ada jadwal lomba mewarnai antarsantri, bawa pastel atau pensil warna paling banyak. Giliran mau dipinjem anak lainnya nggak boleh. Pamer terus kerjaannya~

Lomba mewarnai antar santri TPA. via wonosari.4umer.com

10. Datang ke masjid sarungnya nggak dipakai rapi, malah dibuat ninja-ninjaan. Ini nih yang paling sering terjadi sampai sekarang

Ninja ala anak TPA. via twitter.com

Memang bikin malu dan ngeselin kalau diingat-ingat kembali. Tapi, rupanya hal-hal tadi merupakan salah satu bagian dari proses kita menuju dewasa kok. Jadi, jika nanti kalian menemukan kejadian-kejadian seperti itu, jangan lantas dimarah-marahi. Ajari aja mereka secara pelan-pelan, namanya juga anak-anak, kan~

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Senois.

CLOSE