Nama Isyana Sarasvati kini bisa ditempatkan sebagai salah satu penyanyi papan atas yang tengah bersinar. Menaklukan belantika musik Indonesia tidak ditempuh Isyana dengan proses yang instan. Musik sudah mendarah daging dalam hidupnya. Isyana tumbuh di lingkungan yang mencintai musik. Lagi, ia mempelajari dunia musik di pendidikan formal. Dengan prestasinya, segala pemberitaan tentangnya, dari mulai karya hingga kehidupan pribadinya, menjadi sorotan media. Beberapa kesalahannya di dunia maya yang mendapat respons meriah dari netizen juga membuktikan besarnya perhatian masyarakat. Karenanya, kali ini Hipwee akan membahas sosok Isyana yang gampang banget bikin para fans-nya jatuh hati.

Isyana tumbuh di keluarga yang mencintai musik. Bahkan sedari umur tiga tahun ia sudah akrab dengan musik tahun 40’an.

Ia sudah akrab dengan musik sejak kecil.

Ia sudah akrab dengan musik sejak kecil. via showbiz.liputan6.com

“Di usia tiga tahun Isyana bahkan bisa menyukai dan hafal lagu-lagu tahun ’40-an yang dinyanyikan oleh The Four Freshmen, lalu The Three Tenors, The Beatles, Queen, Simon & Garfunkel, dan The Manhattan Transfer,” kata Luana Marpanda..

via www.rollingstone.co.id

Advertisement

Cewek kelahiran 2 Mei 1993 ini sudah akrab dengan musik sejak kecil. Ibunya berprofesi sebagai guru musik dan ayahnya adalah seorang dosen di salah satu perguruan tinggi swasta di Bandung. Ketimbang menghabiskan waktu luangnya dengan menonton TV seperti anak-anak kebanyakan, Isyana kecil justru lebih senang berlatih piano. Bahkan, ketika usianya belum beranjak lima tahun, Isyana sudah menyenangi lagu-lagu dari tahun 40’an hingga era 70’an milik Queen dan Simon & Garfunkel.

Adalah sang ibu, yakni Luana Marpanda yang amat berjasa pada kelangsungan karirnya. Ibunya lah yang berjasa membentuk Isyana hinga akhirnya menjadi musisi yang bersinar seperti sekarang. Luana sangat memahami jika Isyana memang secara alami memiliki bakat di bidang musik. Karenanya ia bertekad kuat untuk mengasah bakat Isyana hingga mengenalkan putrinya itu pada sejumlah guru musik ternama, seperti Avip Priatna dan Stephen Tamadji. Oiya, ngomong-omong dia pernah mengeluh kalau banyak orang melafalkan namanya dengan “Isyana Saraswati”, padahal mestinya abjad “v” di Isyana Sarasvati tetap dibaca “v”.

Punya warna suara yang khas nan memukau, bikin Isyana gampang banget mencuri penikmat musik Indonesia.

Bikin gampang suka kan?

Bikin gampang suka kan? via the-mni.com

Suara yang khas opera hingga musik yang easy listening, bikin pelantun tembang Kau Adalah ini mudah untuk mencuri hati penikmat musik Indonesia. Sebelum akhirnya Isyana tenar di layar kaca, banyak yang lebih dulu terpukau dengan suaranya kala ia menggubah lagu musisi lain. Lagu apa pun yang dikover olehnya seolah menjelma menjadi lagu baru yang jauh lebih fresh, namun tetap nyaman didengar. Buat kamu yang belum sempat mendengar suara merdu Isyana di akun Soundcloud miliknya. Coba deh, kamu klik link ini.

Jadi lulusan terbaik dan punya segudang prestasi di bidang musik, bukti totalitas Isyana di bidang musik.

Punya segudang prestasi di dunia musik.

Punya segudang prestasi di dunia musik. via www.zafroon.com

Advertisement

Pada usia 16 tahun, Isyana yang juga jago mencipta lagu ini, berhasil meroleh beasiswa dari NAFA (Nanyang Academy of Fine Arts) Singapura dengan mengambil diploma dalam Music Performance. Karena prestasi akademis yang bagus, ia lantas mendapat kesempatan untuk melanjutkan lagi studinya di The Royal College of Music (RCM) London dan sukses menjadi lulusan terbaik!

Tak hanya itu ia juga memenangkan Champions Grand Prix Asia Pacific Electone Festival sebanyak 3 kali (2005, 2008, dan 2011); 5th Bangkok Opera Foundation Singing Competition, Bangkok, Thailand (2013); 1st Winner, 6th Tan Ngiang Kaw/Tan Ngiang Ann Memorial Vocal Competition, Singapore (2012); dan lainnya. Pusing ya saking kebanyakan?! :p

Mungkin banyak dari kamu yang belum tahu kalau Isyana juga punya kakak yang cantik lagi bersuara indah. Yup, namanya Rara Sekar!

Isyana dan Rara Sekar Banda Neira.

Isyana dan Rara Sekar Banda Neira. via www.idntimes.com

Rara Sekar adalah vokalis duo indie Banda Neira. Melihat foto yang satu ini bikin kamu yakin kalau dua bersaudara ini memang sama-sama berparas ayu lagi bersuara merdu. Bagi yang belum pernah mendengar suaranya Rara dalam dalam Banda Neira, klik di link ini saja. Dijamin bikin hatimu adem.

Isyana jarang menggaungkan kehidupan pribadinya di media, ini karena ia ingin dikenal semata karena karyanya saja.

Isyana ingin dikenal dengan karyanya semata.

Isyana ingin dikenal dengan karyanya semata. via biodatanet.com

Pelit soal kehidupan pribadinya di media, tentu Isyana punya alasan tersendiri. Tentang siapa pria yang tengah atau pernah dekat dengannya, ia tak pernah bercerita pada media. Alasannya sederhana, karena ia ingin dikenal publik melalui karyanya, bukan dengan kehidupan pribadinya.

Suara merdu, paras ayu, membikin Isyana gampang bikin fans-nya jatuh cinta. Meski sempat terkena kasus yang nggak mengenakan terkait belanja online dan unggahan sarapan pagi, Isyana tetap dalam jiwa…. #mirip kaya lagunya 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya