Kalau kamu termasuk orang yang sering menggunakan media sosial, mungkin kamu bagian dari orang-orang yang dibikin penasaran sama sebuah emoticon yang unik akhir-akhir ini. Seekor burung berwarna ungu jadi ramai diperbincangkan oleh netizen. Tiba-tiba saja, banyak akun yang menggunakan stiker berbentuk gif ini di Facebook. Kamu yang nggak terlalu memperhatikan mungkin dibuat bingung, soalnya kalau dilihat, si burung ini kerjaannya cuma headbanging aja. Terus apa spesialnya?

Nah, buat kamu yang penasaran nih, ini nih cerita lengkapnya. Nggak cuma itu, hipwee hiburan juga udah merangkum dampak apa saja yang udah diberikan sama si burung satu ini. Cekidot!

Si burung yang hobi menghentakan kepala ini awalnya viral di Thailand karena sebuah video duet antara kucing dan burung bernama Trash Dove

Advertisement

Namanya adalah Trash Dove. Burung berwarna ungu ini mulai ramai dibicarakan netizen semenjak sebuah laman Facebook asal Thailand bernama Sudlokomteen mengunggah sebuah video dimana seekor kucing yang juga merupakan stiker yang ada di Facebook sedang berjoget dan duet dengan si Trash Dove. Diiringi musik EDM, kedua makhluk ini bergoyang hingga mereka menyatu. Nah, selain kocak, video ini jadi heboh lantaran posisi kucing dan burung itu memang kurang sedap dipandang. Hihihi. Tapi karena video yang sudah ditonton lebih dari 5 juta orang inilah makanya Trash Dove bisa jadi viral kayak sekarang.

Selain itu, di Thailand, burung yang disebut dengan nok ternyata memiliki pengertian yang sama dengan seseorang yang cintanya bertepuk sebelah tangan dan tuna asmara alias jomblo. Mungkin, Trash Dove ini bisa mewakili para jomblo-jomblo di sana kali ya. Atau malah sekalian sama videonya yang mencirikan kehidupan kaum jomblo hehe. Dan semenjak ramai di Thailand, Trash Dove pun menyebar hampir di seluruh penjuru dunia. Setiap unggahan yang ada di Facebook sering dikomentari dengan burung yang kerjaannya menghentak-hentak kepala kayak metalhead ini. Apapun unggahannya, Trash Dove ini dijadikan sebagai alat untuk nge-spam. Annoying banget deh, apalagi kalau banyak.

Hadirnya burung ini berkat hasil tangan sang kreator, Syd Weiler yang sering melihat burung merpati

Ini nih figur dibalik burung viral di facebook

Ini nih figur dibalik burung viral di facebook via updatebro.com

Advertisement

Kehadiran burung ungu ini tentu nggak terlepas dari sang kreator. Syd Weiler adalah orang yang harus bertanggung jawab atas semua keramaian ini. Mulanya, Syd menciptakan karakter Trash Dove ini untuk iOS 10 Apple. Namun setelah Facebook juga ikut merilis stiker ini, jadilah si Trash Doves merajalela. Kenapa sih burung ini dikasih nama Trash Doves?

Jadi waktu itu, sang ilustrator tengah duduk di tepi kolam. Lalu ia melihat sekumpulan burung merpati sedang mencari makan. Burung-burung kecil itu terlihat lucu saat mematuk dan menegakkan kepalanya berkali-kali. Nggak cuma makanan yang dikasih sama pengunjung, tapi para merpati itu juga mencari makan dari sampah-sampah yang ada. Makanya, Syd pun memberi nama mereka Trash Doves. Dan kini, kreativitasnya itupun sudah merajai media sosial. Bahkan, Trash Doves ini sudah bisa kamu unduh di Line.

Ternyata sekarang di dunia nyata Trash Dove beneran ada! Meskipun cuma bonekanya sih

Buki pertama bahwa Trash Doves mulai memasuki semua kehidupan manusia adalah dengan hadirnya boneka yang sangat mirip dengan stiker tersebut. Sebuah page Facebook mengunggah sebuah video yang memperlihatkan Trash Doves di kehidupan nyata. Meskipun bukan makhluk hidup beneran, tapi boneka Trash Doves ini beneran mirip lho. Apalagi bagian kepala yang selalu mengehentak-hentak dengan cepat dan nggak ada hentinya. Kalau dilihat lama-lama bisa pusing nih.

Entah siapa yang bikin, kehadiran Trash Dove dihubung-hubungkan juga dengan Illuminati

Kerjaan siapa nih?

Kerjaan siapa nih? via twitter.com

Nggak sampai di situ, kreativitas netizen juga bisa kamu lihat dari foto ini. Seorang pengguna Twitter mengunggah foto melalui akunnya, dimana dalam foto tersebut dijelaskan bahwa pada Trash Doves terlihat tanda-tanda Illuminati, Freemanson, dan segitiga bermuda. Dan dari tanda-tanda tersebut disimpulkan bahwa Trash Dove merupakan gambaran setan. Duh, kerjaan siapa nih yang mengada-ada kayak gini?!!

Setelah menjadi pusat perhatian, si Trash Dove ini pun berkembang menjadi meme dan gif yangย kocak

Wah sulit sih

Wah sulit sih via www.instagram.com

Niat banget ya

Niat banget ya via twitter.com

Sepertinya kreativitas netizen benar-benar diuji lewat burung ungu ini. Sejauh mana sih imajinasi yang bisa kamu gapai? Ada yang bikin meme dengan menjadikan Trash Doves sebagai objeknya, bahkan beauty blogger pun bikin hiasan berbentuk Trash Doves di matanya. Salut deh sama kreativitas yang kayak gini.

Sepertinya para pebisnis juga gercep (gerak cepat). Sekarang udah ada game-nya lho untuk gadget-mu

Pinter banget baca peluang

Pinter banget baca peluang via play.google.com

Nggak cuma buat seseruan aja lho ya. Ternyata ada juga yang memanfaatkan ketenaran si burung ungu ini untuk dijadikan bisnis. Gamemaker bernama Ux Studio sudah merilis sebuah permainan teka-teki atau mirip dengan puzzle yang diberi nama Trash Dove 2048. Dan permainan ini udah bisa kamu unduh di appstore kamu secara gratis. Pinter banget ya baca peluang bisnisnya?

Hingga saat ini sudah sebegitu banyak bukti kalau Trash Dove mulai memasuki semua lini kehidupan kita. Mulai dari Illuminati hingga eyeshadow berbentuk si burung ungu. Kira-kira ke depannya bakal seperti apa ya kreativitas netizen? Jangan-jangan bakal ada filmnya atau kuliner bertemakan Trash Doves. Yuk kita tunggu aja!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya